Saat ini pemerintah telah menghimbau agar masyarakat melakukan aktifitas dari rumah, dari mulai ibadah, sekolah hingga bekerja. Beberapa perusahaan telah memutuskan untuk menerapkan bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Work From Home sebagai bentuk pencegahan dan kepedulian dalam usaha pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.
Namun, bekerja dari rumah tentu memiliki tantangan tersendiri. Apakah itu jadi kurang produktif atau terganggu dengan anggota keluarga yang berisik. Karena itu, 5 tips sederhana ini dapat kamu lakukan demi menciptakan work from home yang super nyaman.
- Menyiapkan Ruang Kerja
Agar bekerja dari rumah jadi nyaman dan efektif, kamu harus lebih dulu menyiapkan ruangan untuk bekerja. Karena ruangan menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi mood dan kinerja mu loh! Apabila kamu melangsungkan pekerjaan ditempat yang tidak memadai seperti kotor, berantakan dan berisik pasti akan menciptakan rasa tidak nyaman dan mengganggu konsentrasimu.
Siapkan Kuota Internet yang Cukup.
Nah, kuota internet juga jadi salah satu hal terpenting saat kamu melakukan pekerjaan dari rumah loh, sebab kamu harus terus melangsungkan komunikasi yang baik dengan rekan atau tim kerja mu melalui berbagai aplikasi online.
Menjaga komunikasi dengan rekan kerja dari jarak jauh itu perlu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan intens berkomunikasi lewat grup WhatsApp ataupun rapat virtual melalui Skype atau Zoom. Yang tentunya semua membutuhkan kuota internet kan?
Sediakan Cemilan Sehat.
Banyak yang merasa khawatir saat ingin melakukan work from home dalam waktu yang lama, salah satunya adalah bertambahnya berat badan. Kekhawatiran semacam ini biasanya timbul dikalangan perempuan. Sebagian besar kaum hawa tentu mendambakan tubuh indah dengan berat badan ideal. Tapi permasalahan semcam ini masih bisa diatasi loh.
Cemilan sehat merupakan pilihan terbaik untuk jadi teman bekerja mu loh, selain karena dapat menciptakan suasana kerja yang asik, juga dapat meningkatkan mood kerja yang baik tanpa harus khawatir akan berat badan. Jangan salah, cemilan sehat seperti buah dan sayur dapat membantu menciptakan imun tubuh kuat loh, jadi pas banget kan untuk jadi teman work from home kamu.
- Sempatkan Istirahat.
Istirahat juga menjadi salah satu point penting dalam menciptakan suasana kerja yang nyaman ketika melakukan work from home, kebanyakan orang justru lupa istirahat ketika melakukan pekerjaan dari rumah, padahal istirahat yang cukup sangat berpengaruh besar pada kinerja kamu loh.
Ketika bekerja dari rumah kamu juga perlu meluangkan sedikit waktu untuk istirahat selama 30-60 menit, agar konsentrasimu tetap terjaga. Istirahat dirumah bisa dimanfaatkan untuk tidur siang sejenak atau sekedar menikmati tayangan menarik. Eitss tapi jangan sampai kelewatan ya, karena kelebihan istirahat juga akan merusak mood kerja kamu dan dapat menimbulkan rasa malas. Dan jangan sampai telat makan yaa.
- Saling Menjaga Kesehatan Mental
Saat bekerja dari rumah, bisa jadi kamu merasa jauh dari rekan-rekan kerja. Dampaknya, kamu jadi kurang semangat. Karena itu, selama bekerja dari rumah, usahakan agar melakukan hal-hal yang biasa dilakukan bersama rekan kerja, walau melalui video conference.
Makan siang bersama-sama lewat video conference bisa jadi salah satu cara yang asik loh. Memang sih terdengar aneh, tapi ini bisa jadi menyenangkan dan jadi moodbooster untuk tetap semangat kerja setelah makan siang. Dan jangan lupa untuk selalu saling support ya!
Selama krisis, hal yang paling penting adalah mental. Karena itu, kamu juga harus tetap memperhatikan kesehatan mental saat bekerja dari rumah. Semoga 5 tips sederhana ini dapat membantu kamu dalam menghadapi situasi kerja saat ini, dan semoga dunia segera pulih kembali.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H