Dunia modifikasi sepeda motor saat ini berkembang sangat pesat. Dari kalangan remaja hingga Presiden kita pun juga memodifikasi sepeda motornya. Yaa, Custom culture, begitulah orang orang menyebutnya tentang dunia modifikasi, fashion dan gaya hidup yang berhubungan dengan kendaraan bermotor.
Tujuan kustom sendiri juga bermacam macam, tergantung pada niat sang pemilik kendaraan. Ada yang mengkustom sepeda motor untuk diikutkan kontes, digunakan pribadi karena ingin tampil beda, maupun untuk dijual atau sebagai lahan bisnis.
Kali ini Saya akan membagikan hal hal apa sajal yang harus diperhatikan saat membangun sepeda motor kustom, menurut pengalaman pribadi Saya.
1. Bahan
Bahan disini adalah sepeda motor apa yang akan dibongkar untuk selanjutya dikustom menjadi motor yang berbeda dari buatan pabrik. Yamaha scorpio, Honda Tiger, Honda MegaPro adalah motor yang paling umum digunakan sebagai basic kustom.
2. Budget
Buget atau biaya adalah hal yang harus Anda siapkan untuk memodifikasi sepeda motor Anda. Biaya biasanya mengikuti seberapa kompleks atau detail pengerjaannya. Bugeting sangat penting agar biaya tidak membengkak.
3. Model
Model kustom seperti apa yang anda inginkan nantinya. Banyak aliran kustom sepeda motor untuk diterapkan di sepeda motor Anda. Chopper, bratstyle, caf racer, tracker, scrambler adalah beberapa contoh model kustom yang bisa Anda adaptasi di sepeda motor Anda.
4. Size
Berat badan, postur tubuh, tinggi badan perlu diperhitungkan untuk menentukan size sepeda motor kustom Anda. Hal itu untuk penyesuaian posisi berkendara Anda. Harus pas dan dibuat senyaman mungkin.
5. Desain
Bisa desain sendiri atau mencari refrensi dari google. Hal ini harus dibicarakan dengan builder. Biasanya meliputi pemilihan warna, part aksesoris, dan komponen komponen lain. Harus mencapai kesepakatan antara kustomer dan builder.
6. Proses Pengerjaan
Hal yang tak kalah penting dari membangun sepeda motor adalah proses pengerjaannya. Kita harus sering sering mengontrol pengerjaannya agar tidak molor dan tetap sesuai desain serta kesepakatan.
Itulah beberapa hal yang bisa Saya bagi mengenai modifikasi sepeda motor. Kapanpun, dimanapun dan apapun kendaraan kita, kita harus tetap safety riding dan tetap mematuhi rambu rambu lalu lintas. (Arman-STIAMAK Barunawati, www.stiamak.ac.id, 20.10.2020)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H