Masa Pandemi, mengakibatkan metode belajar berubah dari metode klasik melalui pertemuan langsung, saat ini menjadi metode Pembelajaran jarak jauh melalui teknologi.
Beberapa kendala terjadi dimasa transisi ini, sehingga berbagai pihak ada yang kelimpungan karena belum menemukan caranya, ada juga yang merasa nyaman karena menemukan caranya.
Lalu, Bagaimana metode motivasi belajar yang dapat dikembangankan, sehingga prestasi anak dapat berkembang secara optimal?
Berbagai metode penyemangat agar anak dapat belajar dengan baik dan tidak jenuh, digunakan oleh para pendidik, orangtua, maupun pelajar itu sendiri.Â
Diantaranya seperti belajar melalui teknologi yang mempunyai animasi menarik, pengaturan jadwal belajar, dan membuat diskusi lebih menarik.
Pada kali ini, Arlinda mengenalkan dan mempertajam penyemangat untuk belajar anak melalui musik.
Kasus ini diuji cobakan kepada anak kls 1 SD, yang mengalami masa bosan dan jenuh saat belajar PJJ. Materi yang sedang dipelajari subjek adalah menulis dengan menyontoh tulisan yang telah diberikan oleh gurunya.
kepada anak tersebut di treatment dengan diputarkan lagu anak-anak, yang memiliki ritme bersemangat dan lagu tersebut akrab baginya.
Setelah lagu tersebut diperdengarkan kepada subjek, hal yang pertama terlihat adanya energi yang keluar dari anak tersebut, rasa bosan dan jenuh terlihat mulai hilang, dan sang anak mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih bersemangat, serta bekerja terlihat lebih cepat daripada sebelumnya.
Subjek kedua mengalami hal yang sama, dimana pelajar tersebut mengalami penurunan semangat belajar, seperti yang disampaikan oleh orangtuanya.
Kemudian dilakukan treatment yang sama, anak tersebut didampingi dengan musik bersemangat yang disukainya.
Orangtua dari subjek kedua melaporkan, terjadi perubahan signifikan bagi anak saat belajar.
![Dok. pribadi](https://assets.kompasiana.com/items/album/2020/09/06/inshot-20200905-230258438-5f53cda5d541df4b15694994.jpg?t=o&v=770)
sehingga sang anak dapat menyelesaikan beberapa tugas PJJ yg diberikan oleh gurunya, bahkan termasuk materi yang sebelumnya tertinggal.
Dari studi kasus diatas, dapat disimpulkan melalui mendengarkan musik yang disukai oleh anak, dapat menjadi salah satu penyemangatnya dalam belajar.
metode ini dapat digunakan bagi orangtua, selama mendampingi anak belajar dirumah, khususnya murid SD Kls 1 terutama pada masa pendampingan PJJ dimasa Pandemi ini.
Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.
Oya, ditunggu juga masukannya di kolom komentar dibawah untuk memperkaya informasi tentang artikel ini, baik berdasarkan referensi ataupun pengalaman dari kawan-kawan pembaca lainnya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI