Mohon tunggu...
Arla Dian Kalyana
Arla Dian Kalyana Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Bio

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Resensi Kumcer Suap

13 April 2021   20:23 Diperbarui: 13 April 2021   20:26 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SUAP

Identitas

Judul               : Suap

Penulis             : Putu Wijaya

Tahun Terbit    : 2008/2009

Penerbit           : Jawa Pos/PT Gramedia Pustaka Utama

Sinopsis

Cerpen ini megisahkan tentang penyuapan. Dalam cerpen ini ada seorang pejabat yang menyuap juri agar salah satu kontestan dapat mendapatkan juara. Cerpen ini mengandung pesan tersirat bahwa penyuapan dapat dilakukan oleh siapapun dan diperuntukkan kepada siapapun. Dalam cerpen ini, tokoh yang memeran sebagai juri adalah "saya" dimana dia sangat bingung untuk menerima uang suap tersebut atau tidak. Namun, pada akhirnya uang tersebut hilang dan ternyata uang itu justru dipakai oleh tetangganya.

Biografi 

Putu Wijaya yang kita kenal sebagai sastrawan mempunyai nama yang cukup panjang, yaitu I Gusti Ngurah Putu Wijaya. Dari namanya itu dapat diketahui bahwa ia berasal dari Bali. Putu memang dilahirkan di Puri Anom, Tabanan, Bali pada tanggal 11 April 1944. Pada masa remaja ia sudah menunjukkan kegemarannya pada dunia sastra. Saat masih duduk di sekolah menengah pertama di Bali, ia mulai menulis cerita pendek dan beberapa di antaranya dimuat di harian Suluh Indonesia, Bali. Ketika duduk di sekolah menengah atas, ia memperluas wawasannya dengan melibatkan diri dalam kegiatan sandiwara. Setelah selesai sekolah menengah atas, ia melanjutkan kuliahnya di Yogyakarta, kota seni dan budaya. Di Yogyakarta, selain kuliah di Fakultas Hukum, UGM, ia juga mempelajari seni lukis di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI), drama di Akademi Seni Drama dan Film (Asdrafi), dan meningkatkan kegiatannya bersastra. Dari Fakultas Hukum, UGM, ia meraih gelar sarjana hukum (1969), dari Asdrafi ia gagal dalam penulisan skripsi, dan dari kegiatan berkesenian ia mendapatkan identitasnya sebagai seniman. Setelah kira-kira tujuh tahun tinggal di Yogyakarta, Putu pindah ke Jakarta. Di Jakarta ia bergabung dengan Teater Kecil dan Teater Populer. Di samping itu, ia juga bekerja sebagai redaktur majalah Ekspres. Setelah majalah itu mati, ia menjadi redaktur majalah Tempo (1971--1979). Bersama rekan-rekannya di majalah Tempo, Putu mendirikan Teater Mandiri (1974). Pada saat masih bekerja di majalah Tempo, ia mendapat beasiswa belajar drama di Jepang (1973) selama satu tahun. Namun, karena tidak kerasan dengan lingkungannya, ia belajar hanya sepuluh bulan. Setelah itu, ia kembali aktif di majalah Tempo. Pada tahun 1975 ia mengikuti International Writing Program di Iowa, Amerika Serikat. Setelah itu, ia juga pernah menjadi redaktur majalah Zaman (19791985). Ia juga mempunyai pengalaman bermain drama di luar negeri, antara lain dalam Festival Teater Sedunia di Nancy, Prancis (1974) dan dalam Festival Horizonte III di Berlin Barat, Jerman (1985). Ia juga membawa Teater Mandiri berkeliling Amerika dalam pementasan drama Yel dan berpentas di Jepang (2001). Di samping itu, ia juga pernah mengajar di Amerika Serikat (1985--1988). Selain itu, Putu juga menjadi sutradara film dan sinetron serta menulis skenario sinetron. Film yang disutradarainya ialah film Cas Cis Cus, Zig Zag, dan Plong. Sinetron yang disutradarainya ialah Dukun Palsu, PAS, None, Warteg, dan Jari-Jari. Skenario yang ditulisnya ialah Perawan Desa, Kembang Kertas, serta Ramadhan dan Ramona. Ketiga skenario itu memenangkan Piala Citra. Selama bermukim di Yogyakarta, kegiatan sastranya lebih terfokus pada teater. Ia pernah tampil bersama Bengkel Teater pimpinan W.S. Rendra dalam beberapa pementasan, antara lain dalam pementasan Bip-Bop (1968) dan Menunggu Godot (1969). Ia juga pernah tampil bersama kelompok Sanggar Bambu. Selain itu, ia juga (telah berani) tampil dalam karyanya sendiri yang berjudul Lautan Bernyanyi (1969). Ia adalah penulis naskah sekaligus sutradara pementasan itu. Naskah dramanya itu menjadi pemenang ketiga Sayembara Penulisan Lakon yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Teater Nasional Indonesia. Karena kegiatan sastranya lebih menonjol pada bidang teater, Putu Wijaya pun lebih dikenal sebagai dramawan. Sebenarnya, selain berteater ia juga menulis cerpen dan novel dalam jumlah yang cukup banyak, di samping menulis esai tentang sastra. Sejumlah karyanya, baik drama, cerpen, maupun novel, telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, antara lain bahasa Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, Jepang, Arab,dan Thailand. Gaya Putu menulis novel tidak berbeda jauh dengan gayanya menulis drama. Seperti dalam karya dramanya, dalam novelnya pun ia cenderung mempergunakan gaya objektif dalam pusat pengisahan dan gaya stream of consciousness dalam pengungkapannya. Terhadap karya-karya Putu itu, Rachmat Djoko Pradopo (dalam Memahami Drama Putu Wijaya: Aduh, 1985) memberi komentar bahwa Putu berani mengungkapkan kenyataan hidup karena dorongan naluri yang terpendam dalam bawah sadar, lebih-lebih libido seksual yang ada dalam daerah kegelapan.

Kelebihan

Unsur intrinsik

Tema : Penyuapan

Tokoh : Saya, Penyuap, Anak, Istri, Anak Tetangga, Tetangga

Penokohan :

Saya : Digambarkan dengan sifat jujur

"Maaf, tidak bisa. Tidak  mungkin sama sekali. Juri tidak akan menjatuhkan pilihan berdasarkan kemanusiaan, tetapi berdasarkan apakah sebuah karya seni itu bagus atau tidak."

Penyuap : Digambarkan dengan karakter licik

"Lalu dia mengulurkan sebuah cek kosong yang sudah ditanda-tangani. Tetapi entah kenapa saya diam saja. Kilatan cek itu membuat darah saya beku."

Anak : Digambarkan dengan sifat jahil

"....Tapi sebelum tertangkap, anak itu mengubah tujuannya. Dia mengelak dan kemudian mengambil kedua amplop yang menggeletak di atas meja...."

Istri : Digambarkan dengan sifat jujur

"Aku tidak capek karena kita miskin, tapi karena aku sakit. Aku juga sudah mulai tua sekarang, Bang. Aku diam karena tidak mau memberati perasaan Abang. Bukan apa-apa. Aku tidak mau Abang memaksa diri menerima suap hanya untuk menyenangkan hatiku..."

Anak tetangga : Digambarkan dengan sifat jujur dan penurut

" Seorang anak tetangga, teman main anak saya mengacungkan kedua amplop itu..."

Tetangga : Digambarkan dengan karakter licik

"...Dia temukan amplop itu, lalu gantikan isinya, baru dia suruh anaknya supaya menyerahkan kepada saya...."

Alur : Alur mundur

Latar :

Tempat : Rumah, Kolam, Tempat Lomba

"Seorang tamu datang ke rumah saya. Tanpa mengenalkan dirinya, dia menyatakan keinginannya untuk menyuap...."

"Terlambat. Anak saya melemparkan kedua amplop itu ke dalam kolam. Kedua-duanya. Ketika saya tangkap, dia diam saja...."

"Lomba pun memasuki saat penentuan. Melalui perdebatan yang sangat sengit, akhirnya dicapai kata sepakat...."

Suasana : Menegangkan

".....Matanya molotot menentang mata saya. Seakan-akan dia marah, karena bapaknya sudah mengkhianati hati nurani..."

Sudut pandang : Orang pertama pelaku utama

Amanat : Tumbuhkan rasa jujur dalam diri sendiri, karena jika dalam diri seseorang ditumbuhkan rasa jujur maka keinginan untuk menyuap orang lain tidak akan pernah terpikir.

Kebahasaan

Unsur kebahasaan mudah dipahami

Ceritanya cukup menghibur

Kelemahan

Kelemahan dari cerpen ini adalah ejaan kurang baku, banyak menggunakan kalimat yang tidak efektif, pembaca bingung karena menggunakan alur cerita mundur.

Simpulan

Cerpen ini layak untuk dibaca, meskipun memiliki kekurangan namun cerpen ini memiliki garis besar cerita yang asik dan menghibur sang pembaca. Dari cerpen ini juga dapat ditarik kesimpulan bahwa suap itu tidak baik, dan dapat juga dijadikan tamparan untuk para pejabat dan orang-orang yang memiliki pangkat tinggi agar tidak melakukan penyuapan terhadap rakyat kecil.

Sumber : https://sites.google.com/site/sastrawanindonesia/home/biografi-sastrwan-putu-wijaya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun