Pembelajaran diluar prodi atau MBKM masih dilakukan oleh 20 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta yang juga diikuti oleh 10 UMKM Yogyakarta di Rumah BUMN Yogyakarta (RuBY). Pertemuan ke-6 pada 25 Oktober 2022 ini membahas materi sudah semakin dalam yaitu mengenai Copywriting Basic.
Adanya teknologi digital yang mempermudah para pelaku usaha untuk dapat memasarkan produknya secara efektif. Sebab itu, untuk dapat bersaing, pelaku usaha harus mampu menarik pelanggan untuk membeli produk usahanya di platform digital dengan strategi yang tepat. Salah satunya adalah Copywriting. Tapi apakah Kamu tahu apa itu Copywriting?
Secara sederhana, copywriting adalah teknik pemasaran melalui kegiatan merangkai kata-kata yang bertujuan untuk membujuk dan mempersuasi calon konsumen untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai (untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan).
Untuk menghasilkan copywriting yang menarik, ada 3 pondasi yang mendasari :
- Pahami Produkmu
- Pahami Pembelimu
- Pahami Pasarmu
3 pertanyaan fundamental dalam copywriting :
1. Gimana cari idenya?
- Review mining seperti baca komen di MP, medsos, iklan
- 100 fakta produk (So what in)
- Customer journey mapping (detailkan who, what, why, what if)
2Â Gimana mengoleh ide?
- Dilebaykan "jurus saking"
- Ditabrakkan (lanturan tapi relevan)
- Big people in little situation
- Little people in big situation
3 Â Gimana cara menyusun ide?
- AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)
- Seberapa Sering Kamu Merasa Insecure dengan Berat Badan Kamu? ? (Attention)
- Berdasarkan Riset dari X, 8 dari 10 milenial merasa insecure karena Berat badan yang kurang ideal. (Interest)
- Coba Kamu bayangkan dan rasakan, gimana kalau Kamu bisa lepas dari rasa insecure dan bisa tampil lebih percaya diri? (Desire)
- Klik link di bawah ini untuk cari tau lebih lanjut! (Action)
- PPPP (Pain, Promise, Proof, Push)
- Susah ya bikin iklan? (Pain)
- Mau ga saya ajarin cara copywriting tanpa pusing? (Promise)
- 17000 digital marketer sepertimu udah ngebuktiin. (Proof )
- Daripada makin penasaran, yuk DM saya aja. (Push)
- BAB (Before, After, Bridge)
- Before: Kondisi target pasar Kamu sebelumnya.
- After: Kondisi sesudah/kondisi yang target pasar Kamu inginkan.
- Bridge: Bagaimana mereka mencapai kondisi yang mereka inginkan.
- PAS (Problem, Agitate, Solution)
- Problem: Kamu menunjukkan masalah yang mereka punya.
- Agitate: Kamu membesarkan masalah yang mereka punya.
- Solution: Kamu memberikan solusi atas masalah yang mereka punya.
- Why, What, How, What if
Tambahan:
Serta adanya Covert Selling, yaitu gimana cara berjualan yang tidak terlihat jualan. Tentunya dengan menerapkan sayarat seperti memberi efek penasaran, tidak memberi penawaran langsung, tidak ada kalimat perintah, nomer hp/harga, dan kata-kata ambigu.
Prinsipnya, membuat copywriting bertujuan agar produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada konsumen terlihat lebih menjual. Seperti yang dikatakan oleh pemateri Bondan Satria bahwa dalam menulis copywriting gunakaan Hypno-Writing Basics atau Makin laris denga tulisan unik yang menghipnotis ketertarikan audiens.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H