Mohon tunggu...
Herliana Ariyanti Ewar
Herliana Ariyanti Ewar Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 2023 Universitas Pendidikan Ganesha

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mulai dari Diri Topik 1 Filosofi Pendidikan Indonesia

4 Juni 2024   05:35 Diperbarui: 4 Juni 2024   05:58 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Mulai Dari Diri Filosofi Pendidikan Indonesia

Nama: Herliana Ariyanti Ewar
NIM: 2364823095

Tugas 1: Refleksi Pengalaman Bersekolah

  • Pengalaman apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)
  • Peristiwa apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar?
  • Siapa sosok guru yang menginspirasi Anda?
  • Apa pengalaman yang berkesan bersama guru tersebut?
  • Pernahkah Anda menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut
  • di kelas yang Anda ampu? Apa yang Anda lakukan?

Jawaban:

Salah satu pengalaman yang membuat saya rindu bersekolah adalah ketika berada di sekolah menengah atas khususnya saat mengikuti mata pelajaran fisika. Peristiwa yang membuat saya merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar ketika mengikuti mata pelajaran fisika saya bisa memahami materi yang diberikan oleh guru dan saya merasa gaya belajar saya terpenuhi. 

Awalnya saya tidak begitu menyukai mata pelajaran fisika karena menurut saya fisika sulit dan membosankan dimana terdapat rumus-rumus yang sulit dipahami. Namun pandangan saya tentang fisika berubah ketika diajarkan oleh guru tersebut. Langkah-langkah yang beliau lakukan di dalam kelas ialah menyampaikan materi secara ringkas dan mudah dipahami kemudian kami berdiskusi mengerjakan latihan soal dan melakukan praktikum. 

Saya memiliki gaya belajar kinestetik dimana saya suka melakukan praktik dan merasa bosan mendengarkan dan mencatat saja selama pembelajaran berlangsung. Guru fisika tersebut ialah sosok guru yang mengispirasi saya. Saya pernah menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut saat saya melakukan PPL S1. Saya meringkas materi fisika di buku cetak dan mencari cntoh yang mudah dipahami dan yang berada dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata cara tersebut mampu membuat siswa cepat dalam memahami materi yang diajarkan. Materi yang disajikan dalam buku cetak terlalu kompleks dan tidak bisa dipahami semua oleh siswa oleh karena itu guru harus meringkasnya menjadi lebih mudah dipahami.

Tugas 2: Panggilan Menjadi Guru
1. Siapa saya saat ini?
2. Mengapa saya memilih menjadi guru?
3. Bagaimana saya bisa menjadi guru yang berpihak pada peserta didik?

Jawaban:

Nama saya Herliana Ariyanti Ewar. Saya berasal dari Kabupaten Manggarai Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur dan alumni Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores. Alasan saya ingin menjadi guru ialah karena pengalaman hidup. Sejak kecil saya suka ke sekolah dan merasa sekolah sangat menyenangkan. Saya merasa di sekolah punya banyak teman dan suasana lingkungan yang sangat menyenangkan. Karena hal tersebut saya sangat bersemangat ke sekolah. Selain itu pengalaman saya ketika berada di SMA yang kesulitan untuk belajar fisika membuat saya ingin jadi guru fisika. Saya ingat waktu itu ketika kelas satu guru fisika pindah. 

Saat kelas 2 SMA kami mendapat guru fisika baru tapi dari sekolah lain dan hanya mengajar di hari jumat. Motivasi untuk menjadi guru fisika semakin tinggi ketika melihat guru fisika ini. Beliau sangat menarik dan menyenangkan menurut saya mulai dari cara mengajar, penampilan dan sangat ramah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun