Mohon tunggu...
Ari Wijaya
Ari Wijaya Mohon Tunggu... -

Mahasiswa PBSI UNY 2010

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hakikat Membaca Kritis

4 April 2012   22:18 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:02 1737
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Membaca kritis adalah kegiatan membaca yang melibatkan proses analisis dan evaluasi serta menuntut pembelajar memberikan pertimbangan-pertimbangan terhadap kualitas isi dan style teks yang dibaca berdasarkan criteria yang dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk menentukan kualitas tulisan, seorang pembaca kritis dituntut untuk menggunakan seperangkat ketrampilan berpikir. Ada delapan ketrampilan berpikir yang dilatihkan untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis, yaitu :

(1)   ketrampilan memfokuskan ,

(2) ketrampilan mengumpulkan informasi

(3)  ketrampilan mengingat,

(4) ketrampilan mengorganisasi,

(5) ketrampilan menganalisis

(6) ketrampilan menggeneralisasi,

(7) ketrampilan mengintegrasi,

(8) ketrampilan mengevaluasi

1. Ketrampilan Memfokuskan

Ketamprilan memfokuskan adalah kemampuan untuk memilih informasi yang penting dan mengabaikan informasi yang tidak penting. Ketrampilan memfokuskan difungsikan sebagai langkah awal dalam proses berfikir dan sebagai jembatan awal untuk melangkah pada proses berpikir berikutnya. Melalui kegiatan ini, Anda diajak untuk membaca secara menyeluruh, kemudian menentukan masalah pokok dari teks dan menentukan tujuan penulisan.

2. Ketrampilan Mengumpulkan Informasi

Ketrampilan mengumpulkan informasi adalah ketrampilan yang digunakan untuk menumbuhkan kesadaran pada substansi atau isi teks yang anda baca untuk digunakan dalam proses kognitif berikutnya. Ada dua kegiatan yang anda lakukan untuk menguasai ketrampilan ,mengumpulkan informasi, yaitu

(1) mengamati

(2) merumuskan pertanyaan.

Melalui kegiatan 2 ini, anda diajak mengamati dan menemukan butir-butir isi essential teks dan menjawab pertanyaan kritis untuk mengintegrasikan butir-butir isi esensial teks yang telah anda temukan.

3. Ketrampilan Mengingat

Ketrampilan mengingat adalah kegiatan atau strategi yang dilakukan secara sadar untuk menyimpan informasi dalam ingatan jangka panjang dan upaya untuk mengamankan informasi tersebut. Ada dua kegiatan yang anda lakukan untuk menguasai ketrampilan mengingat, yaitu

(1) mengaitkan butir-butir informasi essential antara satu dengan yang lain agar bermakna dan mudah diingat dan disimpan dalam ingatan jangka panjang,

(2) merumuskan simpulan/penilaian terhadap butir-butir esensial yang telah anda temukan agar mudah dipanggil kembali.

4. Ketrampilan Mengorganisasi

Ketrampilan mengorganisasi adalah ketrampilan menyusun informasi agar mudah dipahami dan disajikan secara efektif. Ada empat kegiatan yang anda lakukan untuk menguasai ketrampilan mengorganisasi yaitu, (1) membandingkan

(2) mengklarifikasi ,

(3) mengurutkan ,

(4) mempresentasikan.

Melalui kegiatan ini, anda diajak membandingkan, mengelompokkan ,menyusun urutan , dan membuat visualisasi yang tapat terhadap butir-butir informasi yang telah anda temukan.

5. Ketrampilan Menganalisis

Ketrampilan menganalisis digunakan untuk mengklarifikasi informasi dengan mengkaji bagian-bagian dan hubungannya. Ada empat kegiatan yang anda lakukan untuk menguasai keterampilan menganalisis yaitu. (1) mengindentifikasi atribut dan komponen,

(2) mengidentifikasi pola-pola dan hubungannya,

(3) mengidentifikasi ide pokok,

(4) mengidentifikasi kesalahan.

Melalui kegiatan 5 ini Anda diajak untuk  mementukan pola pengembangan ide pokok, dan membutuhkan beragam kesalahan pada teks yang ada baca.

6. Ketrampilan Menggeneralisasi

Ketrampilan menggeneralisasi adalah simpulan tentang keseluruhan yang disusun dari pengetahuan yang telah dimiliki oleh seseorang. Ada tiga kegiatan yang anda lakukan untuk menguasai ketrampilan menggeneralisasi yaitu

(1) menyimpulkan,

(2) memprediksi ,

(3) mengelaborasi.

Melalui kegiatan enam ini, anda diajak menentukan simpulan , prediksi, dan elaborasi yang tepat terkait butir-butir informasi yang telah anda temukan.

7. Ketrampilan Mengintegrasi

Ketrampilan mengintegrasi adalah ketrampilan meletakkan secara bersama-sama bagian-bagian atau aspek-aspek yang relevan dari suatu solusi, pemahaman, prinsip, atau komposisi. Ada dua kegiatan yang anda lakukan untu menguasai ketrampilan mengintegrasi yaitu

(1) membuat ringkasan

(2) merekontruksi.

Melalui kegiatan ini anda diajak meletakkan secara bersama-sama butir-butir informasi yang telah anda temukan dengan membuat ringkasan dan merengkonstruksinya.

8. Ketrampilan Mengevaluasi

Ketrampilan mengevaluasi melibatkan penilaian kerasionalan dan kulaitas ide-ide dari teks yang anda baca. Ada dua kegiatan untuk menguasai ketrampilan mengevaluasi yaitu

(1) menetapkan criteria

(2) memverifikasi .

Menetapkan kriteria adalah menetapkan acuan yang digunakan untuk menilai teks. Memverifikasi adalah kegiatan memberikan penilaian terhadap kualitas tulisan dengan menggunakan kriteria yang telah anda pilih.

Kedelapan ketrampilan berpikir inti tersebut adalah ketrampilan yang bersifat continuum, yang anda perlukan sebagai seorang pembaca kritis agar anda dapat mengumpulkan informasi, kemudian mengolah informasi secara kritis, menganalisis, menggeneralisasi, dan mengintegrasikanya untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh atas isi bacaan , dan diikuti dengan penyikapan atas gagasan penulisnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun