Mohon tunggu...
Ari Widya Nugraheni
Ari Widya Nugraheni Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Seorang mahasiswi yang yang tengah mengasah ilmu di fak Psikologi utk berdedikasi mengimplementasikan ilmu yg dimiliki\r\n

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guide BEI (Behavior Event Interview)

6 Juli 2014   20:04 Diperbarui: 18 Juni 2015   07:15 570
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

SELF ESTEEM PADA MAHASISWA

A. Pengertian Self Esteem

Reasoner (2005) mengemukakan bahwasannya pada dasarnya, istilah self esteem meliputi kognitif, afektif, dan elemen perilaku. Kognitif sebagai salah satu pikiran sadar tentang diri sendiri di mana seseorang mempertimbangkan perbedaan antara penilaian ideal menurut pribadi dengan penilaian yang realistis tentang bagaimana pandangan orang lain terhadap diri kita. Adapun unsur afektif mengacu pada perasaan atau emosi yang dimiliki seseorang ketika mempertimbangkan perbedaan tersebut. Aspek perilaku harga diri yang diwujudkan dalam perilaku, yakni seperti ketegasan, ketahanan, dan menghormati orang lain. Selain itu, harga diri umumnya stabil , dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu.

Reasoner juga mendefinisikan self esteem sebagai pengalaman yang menjadikan seseorang mampu memenuhi tantangan hidup hingga kemudian layak mendapatkan kebahagiaan. (dalam Joshi & Srivastava, 2009)

B. Aspek-Aspek Self Esteem

Reasoner (1982) mengemukakan aspek-aspek self esteem sebagai berikut:

1.       Sense of Identity

Yaitu kesadaran anak tentang sejauh mana potensi, kemampuan dan keberartian tentang dirinya sendiri.

2.       Sense of Purpose

Yaitu keyakinan individu bahwa dirinya akan berhasil mencapai tujuan yang diinginkannya, merasa memiliki motivasi.

3.       Sense of Security

Yaitu sejauh mana individu merasa aman dalam bertingkah laku karena mengetahui apa yang diharapkan oleh orang lain dan tidak takut disalahkan. Anak merasa yakin atas apa yang dilakukannya sehingga merasa tidak cemas terhadap apa yang akan terjadi pada dirinya.

4.       Sense of Personal Competency

Yaitu kesadaran individu bahwa dia dapat mengatasi segala tantangan dan masalah yang dihadapi dengan kemampuan, usaha, serta caranya sendiri.

5.       Sense of Belonging

Yaitu perasaan yang muncul karena anak merasa sebagai bagian dari kelompoknya, merasa dirinya penting dan dibutuhkan oleh orang lain, dan merasa dirinya diterima oleh kelompoknya.

C. Guide Behavior Event Interview

Aspek Self Esteem

Pertanyaan

Pengamatan

Sense of Identity, mahasiswa sadar tentang sejauh mana potensi, kemampuan, dan keberartian dirinya sendiri.
1.       Apa saja yang anda persiapkan ketika hendak presentasi dan mengapa?

2.       Bagaimana pendapat anda terkait kemampuan anda sendiri dalam presentasi?

3.       Apakah yang anda rasakan ketika kemampuan anda berkontribusi secara maksimal dalam presentasi?

Scale Rating

Baik

Cukup

Kurang

Sense of Identity baik jika mahasiswa menyadari kemampuannya dalam presentasi dan tidak bergantung pada teman lain.
Sense of Identity cukup jika mahasiswa kurang menyadari kemampuannya dalam presentasi dan terkadang bergantung pada teman lain.
Sense of Identity kurang jika mahasiswa tidak menyadari kemampuannya dalam presentasi dan bergantung pada teman lain.

Aspek Self Esteem

Pertanyaan

Pengamatan

Sense of Purpose, mahasiswa memiliki keyakinan bahwa dirinya akan mencapai tujuan yang diinginkannya.
1.       Apa target anda ketika presentasi?

2.       Bagaimana keyakinan anda terkait pencapaian target tersebut?

3.       Apakah upaya yang anda lakukan untuk mencapai target tersebut?

4.       Bagaimana perasaan anda ketika berhasil ataupun gagal dalam mencapai target tersebut?

Scale Rating

Baik

Cukup

Kurang

Sense of Purpose baik jika mahasiswa yakin akan mencapai targetnya dalam presentasi dengan segala usahanya.
Sense of Purpose cukup jika mahasiswa kurang yakin akan mencapai targetnya dalam presentasi dengan segala usahanya.
Sense of Purpose kurang jika mahasiswa tidak yakin akan mencapai targetnya dalam presentasi dengan segala usahanya.

Aspek Self Esteem

Pertanyaan

Pengamatan

Sense of Security, mahasiswa merasa aman dalam bertingkah laku dan tidak cemas terhadap apa yang akan terjadi padanya.
1.       Sekarang ini anda seorang mahasiswa yang seringkali mendapat tugas presentasi. Bagaimana sikap anda ketika presentasi di depan kelas?

2.       Bagaimana respon anda ketika ada pertanyaan saat presentasi?

3.       Apakah yang anda rasakan ketika dapat menyelesaikan presentasi beserta sesi tanya jawab dengan lancar ataupun sebaliknya? Mengapa?

Scale Rating

Baik

Cukup

Kurang

Sense of Security baik jika mahasiswa mampu menikmati presentasi dan tidak cemas dalam presentasi tersebut.
Sense of Security cukup jika mahasiswa lancar presentasi namun tidak menikmatinya, serta terkadang muncul kecemasan saat presentasi.
Sense of Security kurang jika mahasiswa gugup dan cemas saat presentasi.

Aspek Self Esteem

Pertanyaan

Pengamatan

Sense of Personal Competency, mahasiswa sadar bahwa dirinya mampu menyelesaikan segala tantangan dan masalah yang dihadapinya.
1.       Ketika presentasi seringkali muncul masalah-masalah, seperti: pertanyaan-pertanyaan tidak terduga dari teman kelas, salah satu anggota kelompok tidak hadir, kondisi kelas yang kurang kondusif, dsb. Bagaimana pendapat anda mengenai permasalahan tersebut?

2.       Bagaimana upaya anda ketika mengalami permasalah tersebut?

3.       Apakah yang anda rasakan ketika menyelesaikan permasalahan tersebut dengan baik?

Scale Rating

Baik

Cukup

Kurang

Sense of Personal Competency baik jika mahasiswa menyadari bahwa dirinya mampu menyelesaikan berbagai masalah ketika presentasi.
Sense of Personal Competency cukup jika mahasiswa tidak menyadari bahwa dirinya mampu menyelesaikan berbagai masalah ketika presentasi, atau menyadari bahwa dirinya kurang mampu menyelesaikannya.
Sense of Personal Competency kurang jika mahasiswa menyadari bahwa dirinya tidak mampu menyelesaikan berbagai masalah ketika presentasi.

Aspek Self Esteem

Pertanyaan

Pengamatan

Sense of Belonging, mahasiswa merasa menjadi bagian dan dapat diterima kelompoknya, serta merasa penting dan dibutuhkan orang lain.
1.       Apa saja partisipasi anda dalam kerja kelompok?

2.       Menurut anda, bagaimana pendapat teman kelompok anda tentang kontribusi anda dalam menyelesaikan tugas kelompok?

3.       Bagaimana kontribusi anda saat proses belajar di kelas, terutama saat diskusi?

4.       Bagaimana perasaan anda setelah berkontribusi dalam diskusi kelas?

Scale Rating

Baik

Cukup

Kurang

Sense of Belonging baik jika mahasiswa merasa dirinya menjadi bagian dan dapat diterima oleh kelompoknya, serta merasa sangat dibutuhkan  di dalam kelas.
Sense of Belonging cukup jika mahasiswa merasa dirinya menjadi bagian dalam kelompoknya dan diterima oleh kelompoknya.

Sense of Belonging kurang jika mahasiswa merasa dirinya tidak menjadi bagian dalam kelompoknya dan merasa tidak dibutuhka di dalam kelas.

DAFTAR PUSTAKA

Joshi, S and Srivastava, R. (2009). Self-esteem and Academic Achievement of Adolescents, Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, Volume 35: 33-39

Oktavianti, dkk. (2008). Self Esteem. Makalah. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Reasoner, R. (2005). The true meaning of self-esteem. Paper presented at the Retrieved November 4th from International Council for self-esteem. website: http://www.self-esteem-nase.org/whatiself-esteem,shtml.

Surya, Muhamad. (2003). Teori-Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Semoga bermanfaat ^^

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun