Mohon tunggu...
Aris Mardiana
Aris Mardiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Motivator

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Kunci Kesuksesan Bisnis, Digital Marketing?

7 November 2023   19:56 Diperbarui: 7 November 2023   22:12 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

       Dalam era digital yang berkembang pesat, bisnis moderen dihadapkan pada tantangan yang semakin beragam dalam upaya mereka untuk bertahan dan berkembang. Di tengah persaingan yang semakin ketat, digital marketing telah menjadi alat yang sangat penting untuk mempromosikan bisnis, dan mencapai audiens yang lebih luas. Menurut Heidrick dan struggles (2009) digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakuakan promosi atau periklanan yang tidak dilakuakan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh. Artikel ini akan membahas mengapa digital marketing sangat penting untuk bisnis saat ini dan bagaimana hal itu dapat membantu dalam mencapai kesuksesan.

Seberapa penting digital marketing untuk bisnis?

Berikut ini adalah manfaat utama digital marketing:

1. Mencapai Audiens Yang Lebih Luas

     Manfaat utama dari digital marketing adalah kemampuannya untuk mencapai audiens yang lebih luas. Melalui platform online, bisnis dapat menjangkau calon pelanggan di seluruh dunia. Ini memungkinkan mereka untuk memperluas basis pelanggan mereka dan     meningkatkan potensi penjualan.

2. Targeting Yang Tepat Sasaran

     Digital marketing memungkinkan bisnis untuk merinci target audiens mereka dengan sangat tepat. Ini berarti iklan dan pesan promosi dapat disesuaikan dengan preferensi, perilaku, dan demografi pelanggan potensial. Dimana hasilnya adalah dapat peningkatan efisiensi dalam kampanye pemasaran.

3. Meningkatkan Interaksi Dan Keterlibatan Pelanggan

   Melalui media sosial, bisnis dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka. Ini memungkinkan mereka untuk mendengarkan umpan balik, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan serta memperbanyak pelanggan diluaran.

4. Biaya Yang Lebih Efisien

   Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan suara,cetak atau iklan TV, digital marketing seringkali lebih hemat biaya. Karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melalukan promosi suatau barang/jasa. Ini memungkinkan bisnis kecil dan menengah untuk bersaing dengan perusahaan besar dalam mencapai pasar mereka.

Digital marketing telah menjadi tulang punggung strategi pemasaran bisnis saat ini. hal ini juga menjadi kesempatan untuk mencapai audiens yang lebih luas. mungkin saja bisnis yang mengabaikan perihal digital marketing mungkin akan tertinggal dalam kompetisi dunia bisnis.

Pentingnya digital marketing dalam era digital tidak dapat dianggap sebelah mata. ini adalah salah satu alat untuk mencapai penjualan yang lebih baik, dalam strategi digital marketing bisnis dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar di era moderen saat ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun