Mohon tunggu...
Arisatun Manfangati
Arisatun Manfangati Mohon Tunggu... Guru - Guru Bimbingan dan Konseling

Saya adalah seorang guru Bimbingan dan Konseling. Saya paling suka membaca novel dan menelusuri kolong langit. Saya senang ketika bisa dekat dengan anak dan bisa membantu anak dalam mencapai apa yang diimpikan oleh anak.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi antar Materi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

27 September 2022   08:20 Diperbarui: 27 September 2022   09:14 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam dan bahagia

Bapak ibu guru hebat pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk menuangkan hasil pemikiran saya tentang koneksi antar materi modul 1.2 dengan model refleksi 4P. kurang lebih 4 minggu program pendidikan guru penggerak sudah berjalan. Saya dan teman-teman cgp sudah mempelajari modul 1.1 tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan modul 1.2 tentang peran dan nilai guru penggerak. 

Tentu banyak hal yang saya pelajari, pengetahuan dan pengalaman baru bagi saya semoga bisa saya kembangkan di sekolah tempat saya berkarya.

Momen yang paling penting, menantang, dan mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran modul 1.1 hingga modul 1.2 adalah ketika saya harus belajar dengan alur belajar merdeka. 

Cara belajar tersebut membuat saya harus segera berubah dan mempunyai komitmen belajar yang kuat dengan tidak menunda-nunda waktu untuk belajar. Alur belajar merdeka dilaksanakan melalui kegiatan Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demostrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi nyata. 

Sistem belajar tersebut menjadikan saya tertantang dalam mempelajari materi karena dalam sistem tersebut kita akan mengeksplorasi pemahaman kita dan berdiskusi dengan teman, pengajar praktik, fasilitator, dan instruktur. Selain itu kegiatan demostrasi kontektual, koneksi antar materi, dan aksi nyata juga sangat menantang bagi kita untuk belajar dalam pengembangan media yang akan kita gunakan untuk menuangkan ide dan kegiatan kita. 

Selama mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 memberikan pencerahan bagi saya tentang filososi pendidikan ki hajar dewantara yang mengatakan bahwa pendidikan harus berpihak pada anak, menuntut kodrat anak untuk mencapai kebagaian dan keselamatan hidup baik sebagai individu maupun sebagai angota masyarakat. Dengan mempelajari nilai dan peran guru penggerak saya jadi memahami bagaimana menjadi seorang guru yang sesungguhnya. 

Guru yang tidak hanya memberikan materi pelajaran saja tapi guru yang mampu membangun karakter murid dan menanamkan nilai-nilai yang diyakini yang ada di dalam lingkungan masyarakat. Semoga kedepannya nanti kita semua dapat menjalankan nilai dan peran guru penggerak secara konsisten.

Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan katak dalam tempurung. Pengetahuan saya tentang pendidikan dan guru masih sangat rendah sekali. Saya hanya belajar dari tempat dimana saya bekerja. 

Setelah saya mempelajari materi filosofi pendidikan guru penggerak dan nilai guru penggerak saya seperti keluar dari tempurung dan melihat dunia lebih luas. Apalagi ketika diskusi dengan peserta CGP yang lainnya yang tentu sudah sangat berpengalaman dalam dunia pendidikan. 

Perbedaan jenjang pendidikan dalam kelompok menjadikan perasaan saya bahagia. Banyak ide dan pengalaman menarik yang diberikan oleh peserta CGP lainnya dan memberikan saya inspirasi untuk menjadi guru yang bernilai lebih. Sekarang saya sudah mencoba keluar dari tempurung dan belajar untuk menjadi katak yang lincah yang mampu bergerak untuk memberikan perubahan dan dampak positif bagi pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun