Apa kamu suka menulis cerita? Kamu sudah membuat konsep yang menarik tentang duniamu sendiri yang dipenuhi karakter serta konflik yang unik, namun bingung harus mulai darimana? Hero's Journey dapat membantumu membuat alur yang koheren serta mudah untuk diikuti oleh pembaca.
Hero's Journey adalah framework yang digunakan dalam membuat mitologi sebuah cerita. Teknik yang telah ada sejak jaman Yunani kuno ini merincikan perjalanan seorang pahlawan menjawab panggilan untuk berpetualang, menerjang bahaya dan menjawab permasalahannya. Konsep yang fleksibel ini mungkin dapat melahirkan karya-karya apik nan fantastis dari kepalamu.
Terdapat tiga bagian utama didalamnya, yaitu Perpisahan, Inisiasi dan Perjalanan Kembali. Untuk memudahkan penjelasan, saya akan menggunakan contoh dari beberapa serial populer seperti Star Wars, Lord of the Rings, Avatar: The Legend of Ang dan lainnya. Tanpa menunggu lama, langsung saja kita bahas bersama-sama.
- Keberangkatan/Perpisahan
Fase yang pertama berfokus pada perubahan situasi yang mendorong si pahlawan melakukan perjalanan. Fase ini memiliki beberapa tahap, yaitu:
- Dunia semula
Tahap ini berguna untuk mengenalkan dunia dalam cerita sebelum mengalami perubahan. Di tahap ini, si pahlawan merasakan "kekurangan simbolis" dalam dirinya, bisa saja hal yang ingin ia capai ataupun sesuatu yang telah diambil darinya.
Misalnya pada film Star Wars: A New Hope, penonton diperkenalkan pada kehidupan sederhana tokoh utama sebelum kemunculan konflik. Luke Skywalker tinggal di planet Tatooine bersama paman dan bibinya sebagai petani uap. Luke yang merasa bosan dengan kehidupannya sangat ingin meninggalkan rumah dan belajar di sekolah pilot.
Menjadi pilot adalah hal yang kurang dari diri Luke. Dengan menetapkan hal itu pada awal cerita, penonton merasakan dampak yang lebih besar ketika Luke menghancurkan Death Star di akhir cerita menggunakan skill pilotnya (plus mejik luar angkasa).
- Panggilan untuk berpetualang
Pada tahap ini, pahlawan kita akan diberikan sebuah tantangan atau masalah, biasanya berawal dari kesalahan yang ia buat atau perubahan dalam kehidupannya. Tahap ini akan menentukan tujuan utama dari sang pahlawan.
Sebagai contoh, pada serial Avatar: The legend of Ang, tokoh utama baru saja terlepas dari bongkahan es yang mengurungnya selama 100 tahun. Ang menyaksikan bagaimana serangan negara api mengubah dunia selama ia tidak ada. Tugas sebagai seorang Avatar mengharuskan dirinya melakukan perjalanan. Ia memiliki tujuan  yaitu mengalahkan negara api dan mengembalikan keseimbangan dunia.
- Menolak Panggilan
Si pahlawan mungkin sudah mengetahui tujuannya, namun belum tentu ia ingin melakukan perjalanan. Tahap ini berfokus mengarahkan pahlawan ke arah yang benar. Â Kamu harus menunjukan konsekuensi yang terjadi jika pahlawanmu tidak menjalankan tugas. Dengan begitu, sang pahlawan punya motivasi yang lebih kuat untuk melangkah maju.
Masih pada serial televisi yang sama, Ang yang masih sangat muda dituntut untuk menerima tanggung jawabnya sebagai sang Avatar. Hal itu membuatnya melarikan diri dari kuil udara dan terjebak di kutub selatan selama 100 tahun.
Setelah terbebas, ia tetap memiliki keraguan untuk menjalankan tugas dan hanya ingin bersenang-senang dengan penduduk kutub selatan. Hal itu berubah saat Zuko datang mencarinya. Negara api rela melukai para penduduk demi menemukan sang Avatar. Dengan demikian, Ang punya motivasi yang lebih kuat untuk melakukan perjalanan dan mengalahkan Raja Api. Jika ia tidak melakukannya orang-orang akan terluka.
   2. Inisiasi
Fase kedua menceritakan segala hal yang terjadi selama si pahlawan berpetualang. Fase ini terdiri dari:
- Pertemuan dengan mentor/guru
Pahlawan dipertemukan dengan seorang karakter bijaksana demi menyiapkan dirinya untuk melakukan perjalanan. Karakter ini akan memberikan nasihat, petunjuk atau alat untuk digunakan, namun ia tidak dapat pergi dengan si pahlawan.
Dumbledore dalam cerita Harry Potter adalah contoh terbaik. Ia selalu memberikan nasihat serta alat ajaib pada Harry, Ron atau Hermione lalu menghilang setiap kali mereka akan melakukan hal yang berbahaya (Guru ga ada tanggung jawab sama sekali, bocah disuruh ngelawan teroris).
- Melewati ambang pintu
Pahlawan sudah meneguhkan hati untuk menjalankan tugas. Sekarang ia harus menapaki pintu menuju dunia baru. Biasanya ia akan berhadapan dengan karakter penjaga ambang pintu tersebut.
Pada film Lord of The Ring: Fellowship of the Ring, semua ras berkumpul di Rivendell dan berdebat tentang siapa yang harus membawa cincin ke Mount Doom. Frodo yang telah melakukan perjalanan sampai ke Rivendell dihadapkan pada tugas yang lebih berat. Setelah melewati perdebatan panjang dengan Perserikatan ras (penjaga ambang pintu), Ia diutus untuk mengantarkan cincin ke Mouth Doom untuk dihancurkan.
- Tugas, sekutu dan musuh
Di dunia baru, si pahlawan akan belajar tentang aturan-aturan baru. Ia bertemu dengan orang baru dan memperoleh informasi baru. Pada tahap ini, karakter akan menemukan jati dirinya.
Setelah bersedia mengantarkan cincin menuju Mount Doom, Frodo dipertemukan dengan para sekutu yang akan membantunya dalam perjalanan. Legolas, Gimli, Aragorn, serta Boromir menjadi karakter yang memperkenalkan Frodo, Sam dan kelompok Hobbitnya pada dunia baru.
Dalam perjalanan, Boromir dirasuki oleh kekuatan cincin sehingga dia ingin mengambilnya dari Frodo. Namun dia dapat menahan godaan cincin dan terbunuh ketika melindungi Frodo dari serangan kelompok Orc.
Melihat pengaruh cincin yang begitu kuat, Frodo memutuskan untuk membawa cincin menuju Mount Doom sendirian. Sam yang tidak ingin meninggalkan sahabatnya menanggung beban itu sendiri, membulatkan tekat untuk terus bersama-sama. Sam dan Frodo berpisah dengan karakter lain dan kini memiliki perjalanan yang berbeda.
Kita dapat melihat bagaimana dunia baru mengubah para karakter hingga mereka menemukan jati diri. Hal itu menjadi karakteristik khusus yang dimiliki oleh masing-masing tokoh dalam cerita.
- Masuk kedalam bagian gua terdalam
Pahlawan serta sekutunya telah memasuki tempat berbahaya konflik utama cerita berada. Tahap ini biasanya dibumbuhi dengan peringatan akan kematian beberapa karakter. Dalam cerita Lord of The Rings, Mount Doom adalah gua tersebut.
- Ujian
Pada tahap ini pahlawan kita akan menghadapi bahaya, baik secara fisik maupun mental. Di sinilah pertarungan antara pahlawan dan penjahat berlangsung. Kedua ideologi yang bertolak belakang akan saling mendominasi satu sama lain.
Dalam Film Star Wars: Return of the Jedi, Luke ditangkap oleh Darth Vader dan dibawa menghadap Emperor Palpatine. Luke dicobai oleh Palpatine agar ia bergabung dengan the Empire dan menjadi murid barunya. Setelah melihat rekan-rekannya yang terpojok, Luke terbawa emosi dan menyerang Palpatine namun dihadang oleh Darth Vader.
Pertarungan ayah dan anak tersebut kini menjadi ujian bagi Luke. Apakah ia akan menerima Darkside dan menjadi murid baru Palpatine atau justru menolaknya.
- Imbalan
Setelah berhasil melewati bahaya, pahlawan kita akan memperoleh imbalan berupa harta, senjata, pengetahuan atau rekonsiliasi. Dalam kasus Luke, imbalan yang ia terima adalah kembalinya sang ayah kepada jalan kebenaran sebelum kematian menjemputnya.
   3. Perjalanan Kembali
Pada fase berfokus pada perjalanan pahlawan setelah menyelesaikan petualangan, yang terdiri dari:
- Jalan pulang
Pahlawan sekarang harus menghadapi konsekuensi dari perbuatannya setelah menempuh ujian. Ia mungkin dikejar oleh pasukan musuh yang masih tersisa dan sekarang harus kembali pada dunia semula, tempat ia memulai petualangan.
Sebagai contoh, setelah mengalahkan Raja Api Ozai, avatar Ang dihadapkan pada kekosongan kekuasaan dunia. Oleh karena itu, mengembalikan kekuasaan pada penguasa awal serta menjadi penyeimbang kekuatan dunia adalah tugas barunya sebagai seorang avatar.
- Kebangkitan
Setelah melewati banyak hal, pahlawan memerlukan satu lagi langkah penyucian serta kebangkitan. Hal tersebut bisa bermacam-macam bentuknya, baik secara fisik, mental maupun spiritual.
Dalam cerita Star Wars, kebangkitan dapat kita lihat setelah Darth Vader menyelamatkan Luke dengan menghabisi Emperor Palpatine. Hal tersebut membuatnya kembali kepada Lightside dan dibangkitkan kembali menjadi roh the Force bersama dengan Obi wan dan Yoda.
- Pulang dengan hadiah
Pahlawan yang berjaya akhirnya pulang kembali ke dunia semula membawa hadiah dari perjuangannya. Hal tersebut berupa harta, cinta, kebebasan, kebijaksanaan atau pengetahuan. Namun jika pahlawan kita gagal, pelajaran yang sama akan kembali terulang dikemudian hari.
Itulah penjabaran singkat tentang Hero's Journey. Bagaimana, gampang kan?
 Tidak seperti panduan menulis ilmiah, Hero's Journey tidak mengharuskan kamu untuk mengikutinya secara menyeluruh. Kamu boleh memodifikasinya sehingga sesuai dengan cerita yang kamu inginkan.Â
Kamu bisa saja memulai cerita dari penolakan pahlawan menjawab panggilan, lalu ia bertemu dengan mentor yang meyakinkannya untuk berpetualang, kemudian loncat ke tahap ujian sebelum pahlawan sampai pada gua terdalam. Semuanya tergantung imajinasimu.
Seperti pepatah mengatakan, "peraturan dibuat untuk dilanggar." Akan tetapi, pastikan kamu memahami aturan tersebut secara penuh sebelum kamu berkreasi.Â
Ok, sampai disini dulu ya teman-teman, selamat menulis.
Sumber:
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H