Pembelian produk secara online sekarang sudah banyak diminati pembeli.Para pembeli sekarang mulai beralih dari pembelian secara offline menjadi online.Para pembeli merasa
membeli produk  secara online lebih praktis.
Mereka tidak perlu  keluar menuju tempat penjual,memilih barang yang kurang beragam pilihannya,mengantri pembayaran,susah pulang sambil membawa barang belanjaan.Itupun kalau jaraknya dekat,kalau kebalikannya harus membawa motor atau mobil,mengantri parkirnya atau terjebak mancet di tengah jalan.Jelas ini akan akan membuat banyak waktu terbuang.
Berbeda kalau belanja lewat online,semua lebih simple tinggal buka smartphone,pilih produk yang disukai dan beli terakhir tunggu produk tiba dirumah.
Walaupun begitu menjual produk  melalui marketplace online pun juga tidak mudah.Banyak kompetitor yang setiap saat terus bertambah dan menawarkan berbagai keunggulan produk maupun pelayanan yang berbeda-beda.Hal ini membuat pendapatan penjualan menjadi pasang surut.
Lalu bagaimana supaya penjualan tidak naik-turun.
Bagaimana penjualan tetap lancar dan meningkatkatkan penjualan.
1. Membuat Konsumen Nyaman Bertransaksi,
Walaupun pembeli sudah banyak beralih dari membeli produk secara offline menjadi online.Tetapi merekapun juga berhati-hati.Jika merasa toko online tidak aman,mereka akan pergi dan tidak jadi membeli suatu produk.Mereka takut jika data diri yang mereka berikan untuk register maupun transaksi pembayaran diretas oleh hacker.
Jadi keamanan toko online itu penting.Lalu bagaimana supaya calon konsumen percaya bahwa toko online tersebut aman.Cara supaya toko online aman di mata calon konsumen yaitu membeli dan mendaftar SSL.
Â
Secure Sockets Layer(SSL) adalah tekhnologi keamanan untuk mengenkripsi data antara peramban dan server web supaya tidak teretas hacker.Dengan membeli SSL resiko data diretas dapat diatasi.Rekomendasi SSL terbaik seperti Comodo,GeoTrust, GlobalSign.
2. Menambahkan Testimonial Pelanggan,
Selain kehati-hatian masalah data pribadi,pengunjung itu juga hati-hati dalam memilih toko online.Mereka butuh toko online yang terpercaya.Mereka masih was-was produk yang diiklankan melalui foto tidak sesuai aslinya.Mereka takut produk yang mereka beli nanti itu cacat(warna,bentuk).
Calon konsumen itu butuh bukti yang lebih terpercaya bukan hanya foto dan deskripsi produk.Itu semua dibuat oleh owner toko online,semua itu bisa dimanipulasi.
Mereka itu membutuhkan suatu pendapat yang orisinil yang langsung dari konsumen yang sudah pernah membeli.Pendapat orisinil dari konsumen sebelumnya itu adalah testimonial.
Jadi memasang testimonial adalah langkah bagus untuk menggaet konsumen baru.Saat menampilkan testimonial pelanggan supaya konsumen lebih percaya harus mencantumkan nama,foto dan pekerjaan(terkait produk) pelanggan).
3. Menampilkan Produk Terlaris,Terpopuler dan Unggulan,
Pengunjung datang ke toko online pasti punya tujuan untuk membeli satu atau beberapa produk.Ketika sampai di beranda toko online dan mencari navigasi pencarian,pengunjung pasti sudah melihat hampir keseluruhan produk yang tampil di beranda.Jika produk yang tampil cuma produk biasa, pengunjung akan tetap ke tujuan semula.
Tetapi  jika produk yang ditampilkan adalah produk terlaris,terpopuler,unggulan.Itu mungkin akan mengganggu psikologis pengunjung dan akan mengklik salah satu produk tersebut dan membelinya.
Konsumen itu suka bahwa mereka sudah membeli barang pertama kali,banyak dibeli orang-orang atau sesuatu yang terbaik dari yang lain.Jadi selain membeli produk awal,pengunjung juga membeli salah satu produk terpopuler,terlaris dan unggulan.
4. Â Membuat Tagar Khusus di Instagram,
Jika ingin mendapatkan konsumen setia,toko online harus selalu diingat konsumen.
Bagaimana supaya toko online itu diingat konsumen ketika akan membeli produk yang ada di toko onlinenya
Membranding toko online dengan menggunakan tagar Instagram adalah salah satu kuncinya.Tagar mampu menemukan akun Instagram toko online dan mengarahkan ke website toko online.Sudah banyak toko online yang memakai tagar Instagram untuk kemajuan bisnisnya seperti Nasa Herbal dengan #NasaHerbal.Tagar ini memiliki sekitar 215 ribu posting menggunakan tagar ini.Tagar ini membantu pengikut setia terlibat dengan toko online.
Jika tagar banyak dipakai pengguna Instagram dengan foto bersama produk,itu menandakan bahwa toko online sangat populer dan produknya berkualitas.Ini akan membuat calon konsumen percaya produk,karena sudah dipakai banyak orang.
5. Menggunakan Metode Pembayaran Berbeda,
Setelah konsumen tidak was-was tentang keamanan toko online,percaya produk yang ditawarkan, meningkatkan penjualan dengan produk terpopuler,terlaris dan unggulan atau mempromosikan dengan tagar Instagram.Hal terakhir yang dilakukan adalah menyediakan metode pembayaran yang berbeda.
Jika sudah mendapatkan banyak konsumen dan semuanya membeli produk pilihan mereka masing-masing.Tetapi ketika akan melakukan pembayaran,ternyata toko online tidak menyediakan metode pembayaran yang mereka punya.Akhirnya konsumen tidak jadi membeli produk.Jadi menyediakan banyak metode pembayaran seperti bank transfer,kartu kredit,e-money atau COD sangat disarankan untuk memaksimalkan penjualan produk.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI