Mohon tunggu...
Ariq Nabil W
Ariq Nabil W Mohon Tunggu... Lainnya - Pendidikan terakhir: SMA

Nama saya Ariq Nabil W. Saya sedang aktif meraih gelar pendidikan S1 saya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mengapa UMKM Harus Go-Digital: Membuka Peluang Lebih Luas di Era Digitalisasi

20 Mei 2023   22:59 Diperbarui: 20 Mei 2023   23:09 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era digital yang semakin maju, transformasi digital menjadi kebutuhan yangtak terelakkan bagi sektor usaha, termasuk usaha, mikro, kecil, menengah (UMKM). Transisi dari model bisnis tradisional menuju ke platform digital menawarkan peluang tak terbatas bagi UMKM untuk tumbuh bersaing di pasar global yang semakin terhubung. UMKM perlu memanfaatkan potensi ini. Karena hal ini bukan lagi menjadi pilihan, namun hal ini sudah menjadi kebutuhan untuk memperluas bisnis dan tetap bersaing. Jadi, UMKM perlu untuk go-digital dan manfaat yang bisa mereka peroleh adalah sebagai berikut.


Akses Ke Pasar Yang Lebih Besar

Dengan hadirnya teknologi digital dan internet, UMKM dapat memperluas jangkauan pasarnya secara signifikan.Di dunia digital, batas geografis bukanlah atau tidak lagi menjadi penghalang bagi UMKM untuk dapat memamerkan produk-produk dan layanan mereka kepada pelanggan potensial di negara bahkan di seluruh dunia, menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan bisnis.

Meningkatkan Visibilitas dan Pemasaran

Dengan keahdiran digital, UMKM dapat membangun citra merek yang kuat dan meningkatkan visibilitasya di platform online. Dengan menggunakan strategi pemasaran digital yang tepat seperti media sosial, mesin pencari, dan periklanan online, UMKMmenjadi dapat menjangkau  khalayak (calon konsumen) yang lebih luas dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.

Menyederhanakan Transaksi dan Penjualan

Dengan mengadopsi solusi digital seperti e-commerce, UMKM dapat lebih mudah mendjual produknya secara online. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk berbelanja kapan saja, di mana saja tanpa harus pergi ke toko fisik secara langsung. Dengan integrasi pembayaran elektronik, proses transaksi menjadi lebih cepat, aman, dan efisien bagi pelanggan.

Pengoptimalan Bisnis

Teknologi digital juga dapat membantu UMKMmengoptimalkan usahanya. Dengan menggunaakan perangkat lunak manajemen bisnis dan Sistem Informasi Manajemen, sistem inventaris, dan analitik data, UMKM dapat mengelola keuangan, meningkatkanefisiensi produksi, dan membuat keputusan berbasis data yang lebih akurat. Hal ini dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas.


UMKM harus mempertimbangkan untuk beralih ke dunia digital. Transformasi digital menawarkan peluang besar bagi para pejuang UMKM untuk menjangkau pasar global, menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan kehadiran online dan citra merek, serta menjangkau akses ke informasi dan pelatihan yang bermanfaat. Dengan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat mengembangkan bisnisnya, meningkatkan pendapatannya dan tetap kompetitif di era yang semakin terhubung secara digital.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun