Mohon tunggu...
Ario Sadewo
Ario Sadewo Mohon Tunggu... karyawan swasta -

keep it simple. mampir ya ke kepikiranbarusan.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Apakah Kamu Penggemar K-POP Sejati?

1 Maret 2013   12:43 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:29 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jelas, ada perbedaan besar antara penggemar boys band jaman dulu tahun 90 an atau 2000an, dengan jaman sekarang. apa lagi penggemar Korean - POP atau K-POP.

Perbedaan adalah :

Jaman dulu : gemar mengkoleksi kliping dari majalah, baik itu poster, artikel, atau berbagai pernak pernik idola. termasuk kaset pita. nonton konser? mungkin jarang ada artis idola international mau konser di indonesia. ada tapi jarang.

Jaman sekarang : setidaknya aktifitas diatas juga dilakukan di jaman sekarang. tapi mungkin tidak banyak. kliping artikel idola, poster mungkin terlalu ketinggalan jaman. sekarang itu yang signifikan membedakan antara penggemar dulu dan sekarang adalah

punya EXTERNAL HARDDISK

Kenapa?

Sesuatu yang bergerak dan hidup lebih menarik dibanding gambar yang tidak bergerak. Untuk itu external harddisk diperlukan penggemar jaman sekarang mengkoleksi video video idola. entah dari youtube atau video video yang tersedia di internet atau dikomunitasnya.

Saya pikir, video lebih interaktif dan membuat kesan tersendiri buat penggemar yang menontonnya. terasa lebih dekat mungkin, atau lebih memberikan kepuasan bagi penggemar. itu sebabnya bintang K-POP yang ada video videonya, tidak terasa menjemukan bagi penggemar di indonesia, meski lagu lagunya kita ga ngerti apa artinya. tapi video video itu yang memberikan kepuasan lainnya. apa lagi video video itu berseri terus terusan.

Kekuatan bintang K-POP itu ada di marketing video itu di dunia maya. menginfeksi pengemar dengan berbagai cara.

Salah satu contoh adalah : SHINWA BROADCAST. isinya kurang lebih adalah reality show dari sebuah boysband korea. tentunya orang orang nya ganteng ganteng. diceritakan atau banyak peristiwa lucu lucu dan menggemaskan. semuanya itu dimaksudkan memberikan fantasi kepada penggemar untuk bisa ..."ah seandainya aku disitu, dikelilingi cowo cowo ganteng"...

Masih ada video video lain, tentunya juga menarik.

Apa jadinya kalau penggemar menjadi begitu fanatik?

Jika ada konser, meskipun harganya mahal, pasti dibeli tiketnya.

Jadi kekuatan K-POP adalah bukan dari bintangnya, tapi dari kemasan nya yang begitu terencana, (entah direncanakan atau tidak) tapi itu efektif buat mereka juga buat KOREA nya sendiri yang ikut naik dan terkenal.

Dan sepertinya saya mulai terinfeksi demam K-POP. .....oh SNSD ...i'm coming....

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun