MAKALAH PERUSAHAAN MEDIA ONLINE
Dosen Pengampu :
Hasan Basri ,M.ag.
Disusun Oleh :
Sidiq Maulana              (210401028)
Alif Alqausar                (210401010)
Dian Agus Setiawan         (200401086)
Arini Ulfa Satira             (200401065)
Dede Rizqullah Almas Fatin (210401064)Â
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
     UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRYÂ
            BANDA ACEH TAHUN 2024
A.Pendahuluan
     Reiga Aditya Primayudi dalam media massa cetak online dalam mileniaslisme (buku Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat ) (2020) menuliskan bahwa media online merupakan sarana komunikasi yang tersaji secara online di situs web internet.
    Secara umum ,media daring juga bisa diartikan sebagai segala jenis arau bentuk format media yang hanya bisa diakses lewat internet. Format media tersebut dapat berupa teks,foto,vidio, maupun suara. Sementara dalam konteks komunikasi massa, media online adalah media yang menyajikan karya Jurnalistik ,seperti berita, artrikel, dan feature seacra daring.
   Detikcom menjadi media daring dengan konsumsi terbesar .Sebanyak 65% responded mengaku membaca Detik.com setidaknya sekali dalam seminggu . Persentase ini jauh mengungguli kompas online yang sebesar 48%. Posisi ketiga di tempati CNN indonesia dengan presemtase 35%. Sebagai informasi, Detikcom dan CNN sama-sama dimiliki oleh CT corp. Selanjutnya ,ada Tribunnews dengan 32% dan TVOne news online dengan 30%. Metro TV News online berada di peringkat 6 dengan 28%.
B.Pengertian Perusahaan Media Online
      Perusahaan adalah suatu badan usaha yang sumber modalnya berasal dari satu atau beberapa orang pemilik modal .investasi mereka berupa saham , oleh karena itu ,sering kali kita mendengar istilah pemegang saham dalam sebuah perusahaan , yang artinya adalah pemilik atau orang yang ikut menanamkan modal dari sebuah perusahaan.
     Perusahaan media online adalah perusahaan yang menyediakan informasi atau berita mengenai suatu hal kepada khalayak umum, atau perusahaan yang bergerak di dunia jurnalistik (pers). Dilihat dari jenisnya , Media indonesia termasuk ke dalam perusahaan Media Massa. Media Massa adalah lembaga kemasyarakatan yang merupakan sub sistem dari sistem kemasyarakatan yang merupakan sub sistem dari sistem kemasyarakatan yang kompleks. Pers di pengaruhi dan mempengaruhi sub sistem lainya dan sistem politik negara tempat ia hidup.
C.Contoh Perusahaan Media Online
*Liputan6.com merupakan portal berita daring lokal yang didirikan PT elang Mahkota (Emtek Group). Pada Agustus tahun 2000, Liputan6.com akhirnya memperbarui tayangan mereka menjadi sebuah portal berita daring yang menyediakan berbagai informasi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pembacanya yang menyajikan berita politik , ekonomi, hiburan , gaya hidup, liputan olahraga , berita internasional.
*Kompas.com dari media cetak online (harian kompas) yang kini di kenal dengan kompas TV beralih ke portal web berita dengan selalu membagikan informasi dunia terkait dunia ekonomi, olahraga ,teknologi dan lainya . Pada tahun 2017 harian kompas bertransformasi menjadi Kompas.id. dan ini adalah surat kabar yang menerapkan model digital Subscribtion pertama di Indonesia.
*Tribunnews.com merupakan situs media online nomor satu di Indonesia yang dikelola oleh PT Tribun Digital Online. Tribunnews.com yang berkantor pusat di Jakarta merupakan media akselerasi transformasi digital Indonesia. Tribunnews hadir untuk menyajikan informasi dari Sabang hingga Merauke melalui jaringan Tribun Network. Selain media cetak, media ini juga menyediakan halaman digital untuk surat kabar online Tribun. Majalah digital ini adalah majalah yang diterbitkan secara online hanya dalam format digital. Ini berbeda dengan new paper yang merupakan salinan edisi cetak.
*Detik.com adalah sebagai penyedia konten untuk media online. Detik.com juga sebagai media digital terpopuler dan terbesar di Indonesia dengan konsep breaking news yang menyajikan peristiwa terkini/terbaru. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Namun, seiring berjalannya waktu, detik.com juga menyediakan informasi lainnya seperti bisnis dan keuangan hiburan, olahraga, dan kesempatan.
Daftar Pustaka :Â
Rizal Pahlevi .(2022, 16 juni) media Online paling banyak dikomsumsi warga imdonesia
Vanya kurnia . (2021,16 Desember). Media omline :perngertian dan fungsinya
Alfiyya dhiya Haq dan Efi Fadilla . (2018). Tranformasi harian kompas menjadi portal berita.
Syartika Wulandari. (2021). Konstruksi Realitas Pemberitaan Media Online Tentang Kebijakan New Normal Dimasa Pandemi ( Analisis Framing Berita Tribunnews.com. Periode Mei-juni 2020). Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Dyas Mulyani Benazir. (2015). Kebijakan Redaksional Situs Berita Detik.com Pada Jejaring Sosial Twitter. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H