Mohon tunggu...
Arina Manasikana
Arina Manasikana Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Pendidikan Islam Anak Usia Dini/UIN MALIKI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Memori Jangka Panjang Bisa Mengingat Masa Lalu?

18 Maret 2021   21:15 Diperbarui: 18 Maret 2021   21:22 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Assalamuailaikum temen-temen online ku semuanya, kali ini kita akan membahas tentang Memori yang ada di otak kita. Yuk mari kita baca Artikel dibawah ini.

Konsep Memori

Memori yang dimiliki oleh manusia memiliki jenis dan fungsi memori masing-masing. Menurut (Santrock, 32: 2009) penyimpanan memori melibatkan tiga jenis memori Kerangka waktu yang berbeda: memori sensorik (memori sensorik), memori jangka pendek (Memori jangka pendek atau memori kerja) dan memori jangka panjang (memori jangka panjang). Memori seseorang terkait dengan berapa lama informasi yang diperoleh disimpan, tidak lebih Ini akan ditekankan selama proses pembelajaran.

Selain itu (Santrock, 359: 2009) mengatakan Memori adalah informasi yang disimpan setiap saat, itu adalah psikologi pendidikan Pahami bagaimana informasi awalnya ditempatkan atau dikodekan ke dalam memori (Encoding), bagaimana informasi disimpan setelah encoding (penyimpanan) dan bagaimana caranya Informasi ditemukan pada suatu tanggal di masa depan atau ditarik kembali untuk tujuan tertentu (mengembalikan). Jadi memori adalah penyimpanan informasi yang selesai ketika anak sudah siap Dan secara berulang mengkodekannya sehingga bisa dipanggil nanti. di Tentu saja, beberapa langkah harus diambil dalam proses pengiriman informasi Informasi disampaikan dalam memori.

Kapasitas memori anak adalah kapasitas penyimpanan Informasi sebanyak mungkin dan kemudian dikirim ke (diambil) Kumpulkan, kenali, pelajari kembali, dan satukan kembali. Memori anak usia dini harus Dipertimbangkan pada tahapan yang sesuai dan diukur menurut kemampuan bisa terwujud. Singkatnya, teori kapasitas memori adalah Perkembangan kognitif anak-anak, termasuk penyimpanan informasi yang berkelanjutan, berkisar dari Menerima informasi (menyandikan) melalui perasaan, emosi dan tindakan, dan kemudian Penyimpanan informasi (penyimpanan), termasuk pemrosesan perhatian, persepsi, praktik dan mengembalikan.

Struktur ingatan dapat dibedakan menjadi tiga sistem, yaitu: (a) sistem ingatan sensorik (sensory memory), (b) sistem ingatan jangka pendek atau short term memory (STM), dan (c) sistem ingatan jangka panjang atau long term memory (LTM).

Memori Sensorik

Memori sensorik mencatat informasi atau Stimulus untuk lulus atau masuk Kombinasi dari panca indera, yaitu Melalui penglihatan mata, melalui pendengaran Telinga, hidung, bau Lidah dan sentuhan melalui kulit. Jika informasi Jika tidak, rangsangan ini tidak akan diperhatikan Segera dilupakan, tetapi jika Anda memperhatikan- Kemudian informasi tersebut ditransfer ke Sistem memori jangka pendek. Sistem memori Informasi penyimpanan jangka pendek atau Stimulasi selama sekitar 30 detik saja Sekitar tujuh bagian informasi (blok) Dapat disimpan dan dipelihara di dalam sistem Ingatan jangka pendek.

Menurut Kintsch (Solso, 1995) Setiap stimulus dapat diberi kode Auditori (auditori), visual atau dengan cara tertentu Semantik. Tapi berikan kodenya Informasi dalam ingatan jangka pendek akan menjadi Terutama auditori atau auditori Saling melengkapi secara visual. sehingga Beberapa jenis memori diketahui Memori pendengaran dan memori visual (Hulse, Deese & Egeth, 1975). Stimulasi memori Penampilannya jelas masuk secara visual Ingatan fotografis Atau gambar yang indah.

Tentang pendengaran dan ingatan Stimulasi visual Memproses asimetri di otak. Badley (1976) menunjukkan telinga kiri, mis. Diobati oleh belahan kanan, biasanya Mendominasi dalam stimulasi akord musik, nada Nada dan melodi di telinga Kanan, ditangani oleh belahan kiri, Lebih sensitif untuk menangkap rangsangan- Kata, angka, dan konsonan. Menurut Baddeley (1976), Ingatan jangka pendek Berhubungan erat dengan faktor penghematan Penyimpanan dan pengambilan informasi.

Memori Jangka Pendek

 Kemampuan memori jangka pendek Kecil tapi besar Perannya dalam pemrosesan memori, yaitu Di sinilah kami memproses Stimulus dari lingkungan kita. Kapasitas penyimpanan informasi Menurut kapasitas pemrosesan Tekanannya terbatas. Ingatan jangka pendek Digunakan sebagai penyimpanan sementara Dapat menyimpan informasi ini Sangat terbatas dan terus berubah Dan gunakan informasi di dalamnya Tanggapi rangsangan.

Lloyd Peterson dan Margaret Peterson Buktikan kemampuan kita Simpan informasi baru Entri di repositori sementara adalah Sangat terbatas, mudah dilupakan Jika kita tidak punya waktu untuk melakukan perubahan Latihan informasi Ini. Eksperimen Peterson dan Peterson Sangat penting karena sebelumnya Tunjukkan perbedaan antara memori jangka Lebih banyak memori jangka pendek dan jangka panjang Berdasarkan struktur saraf. konsep Penyimpanan jangka pendek di sana Belum mengambil posisi sentral di dalamnya Psikologi, karena belum didukung oleh data Perilaku yang pantas. Kelupaan, atau lebih khusus lagi Tak Terlupakan Kembalikan (panggil) informasi dari memori, lebih banyak Berdasarkan interferensi Tidak ada atenuasi atau Dalam kurangnya kesempatan Gabungkan acara (acara) Dia mengalaminya.

Jumlah informasi yang disimpan di dalamnya Memori jangka pendek yang relatif kecil Dibandingkan dengan nomor gagah Bisa disimpan dalam memori jangka panjang panjang. Bukti paling awal terbatas segera Memory) diusulkan oleh Sir William Hamilton pada tahun 1800 (di Miller, 1956), yang berbunyi: "Jika Anda melempar beberapa kelereng di atasnya Lantai, maka Anda akan menemui kesulitan Amati lebih dari enam (atau Sampai tujuh yuan) no Bingung ". Ada ucapan serupa Jacobs melamar pada tahun 1887 (Dalam Miller, 1956) Seseorang melafalkan serangkaian angka Berantakan, maka dia harus melakukannya Sekitar tujuh angka disajikan kembali.

Ruang lingkup percobaan serupa dengan menggunakan bahan lain (seperti bahan dengan huruf) adalah sebagai berikut: Suku kata yang tidak masuk akal, Dan bahasa, banyak pekerjaan telah dilakukan Di abad ke-20 ini Sampai pada kesimpulan serupa bahwa kemampuan Memori jangka pendek hanya sekitar 7 satuan.

Memori Jangka Panjang

Kemampuan mengingat masa lalu Dan gunakan informasi itu untuk Fungsi yang digunakan saat ini adalah Ingatan jangka panjang. Sistem memori Dalam jangka panjang, kami bisa Sepertinya hidup di dua dunia Dunia masa lalu dan sekarang, dan Oleh karena itu, memungkinkan kita untuk melakukannya Memahami yang tak ada habisnya Pengalaman langsung. yang paling penting Ciri-ciri ingatan jangka panjang adalah Kemampuannya yang tidak terbatas dan Itu berlangsung tidak seperti sebelumnya melebihi. Neurokognisi dan memori jangka panjang Saya tahu otak sejak lama Apakah organ yang terlibat langsung Dalam memori proses. masalah Apakah untuk menentukan bagian mana dari memori Kebohongan dan bagaimana otak menyimpan Informasi dalam Sistem Memori Jangka panjang. Lokasi memori Terutama di bagian otak

Penelitian PET (Peta topografi emisi positron) penunjukan- Area frontal otak berperan penting dalam mengolah informasi di. Bisa tahu dari penelitian Pasien cedera otak Lobus frontal hipokampus Cortex, thalamus adalah bagian darinya Dasar dari ingatan jangka panjang. Penyimpanan Sepertinya untuk jangka panjang Itu disimpan dan diproses di korteks serebral. Kirim pesan dari mata dan telinga Ke korteks visual dan auditori, dan Tampaknya menjadi ingatan jangka panjang Jenis visual dan pendengaran juga disimpan di Dekat lokasi itu.

Bagaimana otak menyimpan informasi Dalam ingatan jangka panjang, itu bisa Jelaskan melalui hasil penelitian neurokognitif Donald Hebb ada di bawah. Informasi orang dalam Memori jangka pendek akan diubah menjadi Informasi dalam ingatan jangka panjang Sudah tersimpan di memori Jangka pendeknya cukup panjang. Ini telah terjadi Karena dalam ingatan jangka pendek Sirkuit gema Aktivitas saraf akan terjadi di otak, Siklus kebangkitan neuron. Jika sirkuitnya Kemudian terjadi perubahan kimiawi Atau secara struktural, ingatan Simpan selamanya. Dapat mengingat beberapa pengalaman Lebih baik dari yang lain Bahkan sangat menggembirakan Jiwa yang sangat menyakitkan. Penelitian Hewan menunjukkan bahwa jika Suatu peristiwa menarik terjadi saat itu Medula adrenal meningkatkan sekresinya Di dalam darah adrenalin Tingkatkan integrasi memori.

Informasi dalam sistem memori Penyimpanan jangka panjang secara terorganisir Dengan berbagai cara. Informasi baru adalah Ke dalam ingatan jangka panjang tidak Perlu membuat jaringan baru, Tapi disimpan di Memiliki. Kapasitas dan durasi penyimpanan yang lama Panjangnya biasanya tidak terbatas, tetapi Beberapa hal bisa Menyerah pada kelupaan atau kegagalan Ingat kembali informasi yang disimpan dalam memori jangka panjang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun