Mohon tunggu...
Arilma Rombe Matandung
Arilma Rombe Matandung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Halu Oleo

saya merupakan mahasiswa prodi Teknik Informatika Universitas Halu Oleo Kendari, hobi saya yaitu bermain game dan mendengarkan musik. Tidak hobi memainkan hati wanita karena saya mengilhami kedalam diri saya bahwa didunia ini awalnya cuman ada 1 pasangan yaitu Adam dan Hawa, jadi tidak ada pasangan lain seperti Adam dan Siti atau Adam dan Alexa, atau Adam dengan wanita lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penerapan Pengetahuan Aljabar Linear terhadap Grafik Komputer

10 Juni 2024   07:03 Diperbarui: 10 Juni 2024   07:14 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokpri/Gambar Transformasi Koordinat

Grafik komputer merupakan bagian dari ilmu komputer yang mencakup teknik dalam memproses gambar, memanipulasi gambar, dan mevisualisasikan data menggunakan komputer. Grafik komputer dibagi menjadi dua kategori yang paling utama yaitu grafik 2D yang sering digunakan dalam desain grafis dan tipografi, serta grafik 3D yang sering digunakan dalam video game dan realitas visual. 

Di dalam grafik komputer diterapkan aljabar linear untuk memanipulasikan objek seperti titik, bentuk, garis, bidang, dan vektor. Penerapan aljabar linear terhadap grafik komputer dapat terlihat pada poligonal aplikasi 3D yang dilakukan dengan membagi objek menjadi poligon yang lebih kecil lalu bagian yang terkecil yang dirender adalah segitiga. Beberapa cara penggunaan aljabar linear untuk grafik komputer, yaitu :

1. Transformasi Koordinat, dimana aljabar linear digunakan untuk mengubah objek dalam ruang 3D didalamnya termasuk mensklakan, menerjemahkan, dan memutar objek.

2. Pemodelan Kamera, dimana aljabar linear digunakan untuk memberikan memodelkan kamera dalam ruang 3D yang didalamnya termasuk menetapkan posisi kamera, bidang pandang, dan orientasi.

dokpri/Gambar Pemodelan Kamera
dokpri/Gambar Pemodelan Kamera

3. Proyeksi, dimana aljabar linear digunakan untuk memproyeksikan suatu objek 3D ke layar 2D yang didalamnya dilibatkan konversi koordinat 3D menjadi koordinat 2D menggunakan matriks proyeksi.  

dokpri/Gambar Proyeksi
dokpri/Gambar Proyeksi

4. Bayangan dan Pencahayaan, dimana aljabar linear digunakan dalam penghitungan pencahayaan dan bayangan objek 3D yang didalamnya terlibat penghitungan vektor normal permukaan, yang penggunaanya untuk menentukan sudut antara permukaan dan sumber cahaya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun