Mohon tunggu...
ARIK JUNIARTY
ARIK JUNIARTY Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas

Saya Adalah Seorang Guru SD

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

10 Februari 2024   12:40 Diperbarui: 10 Februari 2024   12:59 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MENYUSUN CERITA PRAKTIK BAIK 

(BEST PRACTICE) 

MENGGUNAKAN METODE STAR 

(SITUASI, TANTANGAN, AKSI, REFLEKSI HASIL DAN DAMPAK) TERKAIT PENGALAMAN MENGATASI PERMASALAHAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN

Lokasi : Jalan Sungai Keran Kec Sungai Raya Kepukauan

Hal yang melatarbelakangi praktik pembelajaran ini adalah siswa belum mampu untuk berpikir kritis dalam menanggapi pertanyaan dan mengungkapkan jawabannya. Rendahnya cara berpikir kritis siswa berpengaruh kepada rendahnya hasil belajar siswa Hal tersebut tampak dari aktivitas belajar siswa dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Peserta didik nampak kurang aktif di kelas, kurang mampu memberikan tanggapan dengan baik, kurang mampu memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, kurang mampu menganalisis dan mengevaluasi penalaran, serta belum mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Sebagai seorang guru, saya menyadari bahwa kurangnya kepercayaan diri peserta didik juga dapat menjadi hambatan dalam pembelajaran. Guru hendaknya mampu mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan membangun kepercayaan diri bagi siswa. Seorang guru harus terampil dalam memilih metode, model dan media  dalam pembelajaran yang sesuai bagi peserta didiknya

Dari kondisi diatas masalah yang saya angkat adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas 1

Berdasarkan hasil wawancara kepada siswa dan rekan sejawat, diperoleh beberapa penyebab dari permasalah, yaitu:

Guru belum menerapkan soal yang mengarahkan siswa untuk berpikir kritis (HOTS).

Guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat

Guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik

Guru belum terampil melakukan pembelajaran yang inovatif

Cara megajar guru masih monoton

Dari kelima penyebab permasalahan di atas, dapat diambil kesimpulan       bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sangat berpengaruh kepada hasil belajar, dapat dilihat dari nilai harian dan nilai ulangan harian yang masih di bawah kriteria ketuntasan. Oleh kerena itu, guru perlu mencari solusi dan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat.

.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun