Assalamu’alaikum wr.wb.
Oke, saya kembali lagi disini untuk melakukan resume mata kuliah olimpisme pertemuan ke 10 tentang membangun lingkungan pendidikan yang kondusif lewat olimpisme.
PENANAMAN OLIMPISME UNTUK MEMBANGUN LINGKUNGAN PENDIDIKAN YANG KONDUSIF
MEMAHAMI
LINGKUNGAN EKSTERNAL VS DUNIA PENDIDIKAN SAAT INI
1. EKONOMI
KENDALI EKONOMI ADA DITANGAN NEGARA-2 MAJU
PERSAINGAN BISNI MENINGKAT TAJAM (KOMPETITIF)
EKONOMI BERBASIS INTELEKTUAL MENGALAHKAN EKONOMI
BERBASIS EKPLOITASI SUMBERDAYA ALAM
GAP EKONOMI NEGARA MAJU DENGAN NEGARA BERKEMBANG
MAKIN DALAM
2. SOSIAL
TERBENTUK MASYRAKAT GLOBAL (MULTI SOSIAL)
KEHIDUPAN INDIVIDUALIS MAKIN MENINGKAT
MAKIN BANYAKNYA PENYAKIT PENYAKIT SOSIAL DI MASYARAKAT
3. POLITIK
TERJADI DEMOKRATISASI KARENA KETERBUKAAN
KETERIKATAN TERHADAP “REGULASI INTERNASIONAL”
SEMUA LEVEL MASYARAKAT BERPERAN DALAM KEHIDUPAN POLITIK
4. BUDAYA/KULTUR
KETERBUKAAN/TRANSPARANSI
GLOBALISASI BUDAYA, “ CROSS CULTUR “
TERCIPTANYA ” KEHIDUPAN DUNIA MAYA”
DINAMIKA KEHIDUPAN MENINGKAT
MENINGKATNYA PENYAKIT “PSIKOLOGIS”
TEKNOLOGI INFORMASI SANGAT BERPERAN DALAM MEMPERCEPAT PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN & WAWASAN MASYARAKAT
SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)
MENJADI FAKTOR STRATEGIS
• SDM Sebagai faktor sentral “perubahan”
• Kompetensi SDM sebagai “nilai kompetitif”
• SDM sebagai “aset utama” Negara/Perusahaan
• Perlu penyiapan dan pengelolaan SDM yang tepat,dengan orientas “kompetensi global”
KOMPETENSI SDM YANG DITUNTUT OLEH LINGKUNGANKOMPETITIF SAAT INI