Komunikasi massa adalah suatu proses komunikasi yang melibatkan satu orang atau lebih namun bisa secara langsung ataupun tidak langsung dan bisa melalui media cetak dan media digital. Proses komunikasi ini bersifat satu arah yang membuat terdapat berbagai hambatan dari berbagai aspek (Kustiawan et al., 2022). Komunikasi massa mememiliki perantara yaitu media massa. Media massa merupakan sarana penghubung dalam penyebaran informasi dan juga berperan sebagai perantara dalam penyampaian informasi (Nur, n.d.).
Media massa memiliki pengaruh yang penting terhadap pandangan dan opini publik terhadap suatu permasalahan yang terjadi di indonesia. Media massa juga memiliki pengaruh kuat akan pengetahuan masyarakat karena di sinilah terdapat berbagai informasi informasi di sajikan (Azkia et al., 2023). Media massa juga dianggap sebagai pola baru dalam berinteraksi dengan orang lain. Saat ini, media massa telah menggantikan silaturahim, meskipun masyarakat dahulu masih menganggapnya penting (Fitriansyah, 2018).
Media sosial, atau jejaring sosial, adalah bagian dari media massa digital, dan sudah jelas bahwa konten interaktifnya sangat tinggi (Watie, 2016). Sebagai medium di internet, media sosial memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi, bekerja sama, berbagi, berinteraksi, dan membangun hubungan sosial (Puspitarini & Nuraeni, 2019).
Menurut (Komalasari & Alfando W.S, 2023) media sosial sebagai media komunikasi massa baru memiliki ciri ciri memungkinkan interaksi langsung antara pengguna dan pengguna lainnya yaitu, pengguna akun dapat berkomunikasi satu sama lain melalui ruang obrolan, pesan langsung, atau fitur tanggapan. Pengguna lain juga dapat mengapresiasi konten atau unggahan yang menarik melalui kolom komentar dan likes. Media sosial sebagai media yang memiliki sifat tanpa batas, interaktif dan multimedia sehingga akses bagi masyarakat untuk menjangkaunya sangat mudah (Siregar, 2022).
Media Sosial sebagai media komunikasi massa baru di era sekarang memiliki peran di berbagai aspek kehidupan seperti politik, yaitu sebagai media kampanye, Media sosial dianggap sebagai alat yang berguna bagi partai politik dan kandidatnya untuk berinteraksi dengan baik, termasuk mempromosikan barang atau kampanye mereka (Munzir, 2019). Selain itu media sosial sebagai media komunikasi massa juga berperan dalam peningkatan ekonomi yaitu dengan cara mempromosikan produk, membangun branding dan menjalin hubungan dengan konsumen (Herdiyani et al., 2022). media sosial juga berperan aktif dalam dunia pendidikan yang dimana media sosial menjadi sarana penyebaran ilmu pengetahuan, banyak institusi pendidikan, guru, yang menggunakan media sosial untuk berbagi materi pembelajaran secara gratis (Sinaga, 2023). Dan media sosial berperan dalam sosial dan budaya, konten konten di media sosial menyebarluaskan berbagai budaya dari seluruh dunia, sehingga mendorong pertukaran budaya dan juga akan mengakibatkan homogenitas budaya (Laksono, 2023).
Media sosial sebagai media komunikasi massa di era sekarang tentunya memiliki peran peran dan manfaat positif yang dapat mengembangkan pegetahuan dan pemahaman semua orang (Paulina, 2023). Media sosial juga dapat dijadikan sarana berbagi pendapat, dan ajang dalam berprestasi yang dimana sering kita temui konten informasi perlombaan di media sosial (Ainiyah, 2018). Namun, harus diakui bahwa media sosial telah menimbulkan masalah baru dengan kebenaran dan akurasi informasi. Beberapa istilah, seperti "hoax", "berita palsu", dan "berita palsu", menunjukkan bahwa informasi yang didistribusikan melalui media sosial perlu diverifikasi. Selain itu, karakteristik media sosial online membuat pengguna rentan terhadap penyebaran informasi palsu. Tetapi media sosial memungkinkan penggunanya untuk menjadi lebih aktif. Pengguna dapat dengan mudah membuat konten, berbagi informasi, dan memberikan masukan tanpa terbatas. Oleh karena itu, media sosial telah membuka kesempatan baru bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses komunikasi massa (Randyca et al., 2024)
Â
DAFTAR PUSTAKA
Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221--236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76
Azkia, M., Adiba, M., Imansari, N. G., Id, M. A., Agama, S. T., Mulia, I., & Wonogiri,
A. (2023). Analisis Reportase Media Massa di Era Digital: Tantangan, Peluang, dan Dampaknya Pada Pandangan Khalayak Analysis of Mass Media Reportage in The Digital Era: Challenges, Opportunities, and Impact on Audience Views (Vol. 2, Issue 1).
Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171--178.
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawalahttps://doi.org/10.31294/jc.v18 i2
Herdiyani, S., Safa'atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103--121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121
Komalasari, P., & Alfando W.S, J. (2023). Interaktivitas Pengunaan Media Sosial Instagram Kahe.Id Dalam Meningkatkan Customer Engagement. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), 1365--1379. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.332
Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Hayati, N. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1), 134. https://doi.org/10.30829/jai.v11i1.11923
Laksono, P. (2023). Risalah Teori-Teori Komunikasi Massa. Jurnal Al-Tsiqoh (Dakwah Dan Ekonomi), 8(1), 1--12.
Munzir, A. A. (2019). Beragam Peran Media Sosial dalam Dunia Politik di Indonesia.
JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(2), 173. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2691
Nur, E. (n.d.). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENGHADAPI SERBUAN MEDIA ONLINE THE ROLE OF MASS MEDIA IN FACING ONLINE MEDIA ATTACKS.
Paulina, S. (2023). Pengaruh Positif Dan Negatif Media Sosial Terhadap Perkembangan Sosial, Psikologis, Dan Perilaku Remaja Yang Tidak Terbiasa Dengan Teknologi Sosial Media Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1--23.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71--80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Randyca, P., Xaverius, F., & Janson, C. (2024). Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Massa dan Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(5), 96--105.
Sinaga, J. H. (2023). Media Massa: Proses Sosialisasi, Kultur, Dan Pendidikan Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 29(1), 57. https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.42274
Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 02(1), 71--82.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H