Mohon tunggu...
Arif Styantoro
Arif Styantoro Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang Guru Sejarah yang tertarik untuk berbagi pengalaman dan pemahaman

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Pembelajaran Berdiferensisasi dengan Berbagai Hal Lain

5 November 2023   21:50 Diperbarui: 5 November 2023   21:58 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

"Semua pengetahuan terhubung ke semua pengetahuan lainnya. Yang menyenangkan adalah membuat koneksinya."

(Arthur Aufderheide)

Pembelajaran berdiferensiasi adalah : serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Artinya adalah guru membuat pembelajaran yang bertujuan untuk mendukung semua murid di kelas.

Bagaimana cara guru agar dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi :

  • Memahami tujuan pembelajaran
  • Mengetahui dan merespon kebutuhan belajar murid
  • Menciptakan lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar
  • Melakukan manajemen kelas yang efektif
  • Melakukan penilaian berkelanjutan

Untuk mengetahui kebutuhan belajar murid guru harus memahami 3 aspek berikut :

  • Kesiapan belajar : guru menilai pengetahuan awal dan mengetahui apa yang telah dipahami oleh murid
  • Minat murid : minat murid dipengaruhi oleh ketertarikan individu atau hal-hal yang dapat menarik perhatian murid
  • Profil belajar murid : profil belajar murid dipengaruhi oleh lingkungan, budaya, gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) dan kecerdasan majemuk

beberapa contoh cara-cara yang dapat dilakukan guru untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid:

  • mengamati perilaku murid-murid saat di kehidupan sehari-hari atau saat menyelesaikan suatu tugas
  • melakukan survey kebutuhan belajar murid
  • mendiskusikan kebutuhan murid dengan orang tua atau wali murid dan atau dengan guru murid sebelumnya
  • menggunakan berbagai penilaian formatif atau diagnostik
  • mereview dan melakukan refleksi terhadap praktik pengajaran siswa

 STRATEGI UNTIK MENDIFERENSIASI PEMBELAJARAN :

Diferensiasi Konten : membedakan penyajian konten pembelajaran tanpa menurunkan standar kurikulum

Diferensiasi Proses : membedakan cara siswa memahami dan memaknai konten sesuai denganminat dan bakat siswa

Differensiasi Produk : membedakan produk hasil belajar siswa sesuai dengan minat, bakat dan kenyamanan siswa

 Keterkaitan modul 1.1 -- 2.1 : di modul 1.1 kita mempelajari bagaimana memaknai siswa dan menuntun mereka sesuai dengan kodrat zaman dan kodrat alam. Itu juga yang harus kita lakukan dalam pembelajaran berdiferensiasi, tidak bisa pukul rata semua siswa.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun