Mohon tunggu...
Arif Yudistira
Arif Yudistira Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Suka Ngopi, dan jalan-jalan heppy.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

3 Cara Menumbuhkan "Body Image" Positif Pada Anak

18 Oktober 2023   08:14 Diperbarui: 18 Oktober 2023   08:44 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak belajar pemotretan, sumber pixabay.com 

Tumbuh kembang anak tidak bisa dilepaskan dari pertumbuhan fisik dan mentalnya. Pertumbuhan fisik yang baik akan mempengaruhi pada pertumbuhan mentalnya. Pertumbuhan mental anak tidak lepas dari orangtua dalam mendidik dan menanamkan kepercayaan diri pada anak.

Kepercayaan diri pada anak tidak hanya terletak pada keberanian anak tampil di muka publik. Kepercayaan diri anak pada tubuhnya akan tumbuh saat anak memiliki Body Image yang positif pada tubuhnya sendiri.

dr. Reni Utari (2022) menulis, Body Image adalah cara seseorang melihat tubuh mereka dan seberapa percaya diri mereka terhadap tubuhnya sendiri. Ada satu pengalaman menarik yang bisa saya bagikan kepada pembaca tentang Body Image.

Suatu hari, anak perempuan saya yang kedua tiba-tiba berkata "Pak, Aku gak cantik." Pelan-pelan saya peluk anak saya, saya tidak tahu mengapa anak saya tiba-tiba berkata seperti itu tanpa tahu sebabnya. "Mengapa Mbak bilang begitu?", Mbak cantik kok!, kata saya.

Betapa mengejutkan saat dia membalas dengan kalimat pendek, "Kulitku hitam. Mukaku hitam!"

Setelah anak saya bilang begitu, saya menjadi terdiam cukup lama. Body Image yang negative akan mempengaruhi kepercayaan diri pada anak. Anak akan merasa rendah diri dan tidak percaya diri terhadap tubuhnya sendiri.

Perasaan merasa dikucilkan, tidak percaya diri dan merasa dirinya tidak spesial membuat anak memiliki mental yang tidak sehat. Sebagai orangtua penting untuk menanamkan "Body Image" positif pada anak kita.

Anak menulis. Sumber pixabay.com 
Anak menulis. Sumber pixabay.com 

Ada 3 cara untuk menanamkan "Body Image" positif pada anak. 

Pertama, ajak anak bersyukur. Ajak anak menyadari bahwa semua yang dimiliki termasuk tubuhnya adalah karunia Tuhan. Anak perlu lebih banyak bersyukur atas apa yang Tuhan berikan yakni dengan merawatnya. Kulit hitam, putih semua itu adalah karunia Tuhan yang wajib disyukuri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun