Arif Imam Budiman
Ilmu Komunikasi
Universitas Ahmad Dahlan
Semakin bertambah nya tahun, terus memacu perkembagan dalam segala aspek kehidupan. Baik di bidang ekonomi, budaya, seni, sosial, serta pekembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi merupakan suatu hal selalu hangat dalam pembahasan nya. Melihat hal tersebut tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk membahan serta mengetahui nya lebih dalam lagi.
Ketika dalam menjalani kehidupan sehari-hari tentu menjadi salah satu bukti ketertarikan dalam perembangan teknologi yaitu penggunaan alat komunikasi digital yang semakin pesat dan terus bertambah di kalangan masyarakat. Dengan ada nya teknologi yang semakin maju ini membawa banyak kemudahan yang dapat di manfaatkan guna mempermudah serta mempercapat suatu pekerjaan.
Fasilitas yang di tawarkan membuat banyak orang terdorong untuk mengunakan nya. Â Dengan di dukung adanya koneksi internet yang memadahi tentu pekerjaan yang ada setiap hari nya akan lebih mudah dan cepat. Pemanfaatan teknologi ini akan sangat berguna ketika penggunanya mengunakan nya dengan bijak dan bisa mengatur pengguaan akan teknologi yang di gunakan.
Ketika kita mempelajari tentang teknologi akan ada hal baru yang di dapatkan. Bermuculannya beragai web dan aplikasi menjadi bukti dari berekembangnya teknologi dan tentu media tersebut sangat menunjang dan bermanfaat bagi pekerjaan manusia sehari- hari. Dalam dua media tadi masih akan ada pembaharuan yang bertujuan memperbaiki layanan dengan menambah beberapa fitur yang menarik serta menambah kebermanfaatan media tersebut.
Dari hasil berkembang nya teknologi informasi dan komunikasi, menghasilkan lapangan kerja baru khusus nya di dunia kreatif seperti muncul nya content creator. Tentu bagi khalayak yang sering atau gemar dalam menonton vidio di YouTube hal atau profesi yang satu ini tidak asing lagi di telinga mereka. Karena sebuah content crator sangat lekat dengan para penonton setianya.
Di samping itu dalam kondisi wabah virus corona seperti saat ini perlu sekali ada nya lapangan pekerjaan yang baru. Tentu munculnya content creator dampak positif bagi masyarakat. Â Content creator adalah profesi yang membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten tersebut dibuat untuk media, khususnya media digital, seperti YouTube, Instagram, Blogger, dan berbagai platform media sosial lainnya (Sayugi, 2018).
        Dari keterangan di atas disebutkan bahwa content creator merupakan sebuah profesi yang mambuat suatu karya yang bisa berupa tuliasan, gambar, hingga sebuah karya yang di sajikan secara audio visual menjadi sebuah vidio lengkap dengan asesoris lainnya sesuai kretifitas pembuat nya. Sebuah conten creator juga bisa di artikan sebagai proses penyampaian informasi yang di sampikan melakui sebuah gambar, suara, tuisan hingga vidio. Setelah satu konten itu selesai kemudian akan di publikasikan sehingga khalayak ramai dapat menonton sekaligus menilai konten yang sudah di buat tersebut.
Tentu ketika ingin masuk dalam dunia kreatif seperti menjadi seorang content creator, perlu sekali untuk terus mengembangkan diri nya karena tentu sebuah konten akan manarik ketika terus berkemabang dan terus menyajikan sebuah hal atau cerita yang sedang hangat di bicarakan. Belajar dari content creator yang sudah besar tentu sanga perlu terlebih lebih bagus lagi ketika bisa membangun relasi dengan komunikasi yang baik antar content creator satu sama lain, Dengan hal tersebut tentu akan mandaprakan banyak sekali pengalaman serta ilmu kaitanya denga pembuatan sebuah konten, bagiaman bisa menarik hingga bagaimana ebuah konten bisa bersaing dengan konten-konten lain nya . Kerana bisa di lihat perekembangan sebuah konten sangat lah pesat di masa yang terus berkembang ini. Selain itu, kita juga bisa belajar dengan menonton konten-konten yang memiliki banyak penonton serta sesuai dengan  konten yang ingin di buat.
Sebelum sebuah konten bisa selesai dengan bagus dan menarik, tentu sebelum itu harus melewati bebrapa tahapan. Â Sebuah pembuatan konten bisa di mulai dengan pengumpulan ide. Dalam tahap awal penentuan serta pengmpulan ide ini sangatlah penting, karena ide yang akan menjadi patokan dalam proses tahapan pembuatan konten berikutnya. Setelah itu, pengumpulan data-data yang di perlukan untuk melengkapi pembutan konten, pada tahap ini dapat di lakukan dengancara riset. Konsep serta tujuan dalam sebuah konten juga harus di perhatikan. Kerena sebuah konten akan memilki banyak tujuan dalam publikasinya, seperti keperluan promosi, sebagai sarana edukasi, serta sebagai hiburan.
Terdapat beberapa konten yang bertujuan untuk mengembangkan atau mendirikan sebuah bisnis. Dalam dunia merintis sebuah usaha memang sebuah pengiklanan adalah yang sangat perlu untuk di lakukan. Selain untuk membangun sebuah bren juga untuk mengenalkan sebuah produk atau jasa ke masyarakat luas. Sehingga sebuah usaha atau bisnis tersebut memilki peluang dalam perekembangan nya.
Melihat yang sudah di bahas di atas tentu sebuah konten memilk kekurangan dan kelebihan. Kekurangan dan kelebihan yang ada dapat kita amatai dengan melihat konten- konten yang sudah ada. Kerena itu ada harapan besar kaitanya dengan perkembangan content creator di Indonesia. Semakin berkembangnya content creator mejadi garapan besar. Semoga dapat terus berkembang dengan konten-konten yang berbobot serta membanggakan bangsa dengan karya-karya nya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H