Mohon tunggu...
arifialfahlanugraha
arifialfahlanugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hmm

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Keterampilan Abad 21 Di Lingkungan Global Dan PBL Terpadu

1 Januari 2025   20:06 Diperbarui: 1 Januari 2025   20:06 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KETERAMPILAN ABAD 21 DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN GLOBAL: PERSPEKTIF PBL TERPADU

Oleh : Arifial Fahla N., Nanis Regina C., Neci Siti Aliyah

I. Pendahuluan

A. Latar Belakang Keterampilan Abad 21

Revolusi teknologi dan globalisasi dalam dua dekade terakhir telah membawa perubahan besar di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Menurut Binkley et al. (2012), keterampilan abad 21 merujuk pada kemampuan yang dibutuhkan individu untuk bersaing dalam dunia kerja yang dinamis dan kompleks. Keterampilan ini mencakup kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas, yang sering dikenal sebagai "4C."

Teknologi informasi telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berkomunikasi. Sekolah tidak lagi hanya menjadi tempat transfer ilmu, tetapi juga sebagai wahana untuk membangun kemampuan adaptasi dan inovasi di era globalisasi. Peserta didik harus dilatih untuk menghadapi tantangan yang bersifat lintas budaya dan multidisiplin.

B. Pentingnya Pendidikan Global

Pendidikan global bukan sekadar memperkenalkan siswa pada isu internasional, tetapi juga membekali mereka dengan wawasan yang memungkinkan kolaborasi lintas budaya. Pendidikan ini membantu siswa memahami bagaimana isu global seperti keberlanjutan, keadilan sosial, dan ekonomi memengaruhi kehidupan mereka. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 dalam pendidikan global memungkinkan siswa untuk berpikir secara global tetapi bertindak secara lokal (Reimers & Chung, 2016).

C. Tujuan Artikel

Artikel ini bertujuan:

  1. Menjelaskan pentingnya keterampilan abad 21 dalam pendidikan global.
  2. Menguraikan penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) sebagai pendekatan strategis.
  3. Menyajikan strategi untuk mengintegrasikan PBL dalam kurikulum global secara efektif.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun