KETERAMPILAN ABAD 21 DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN GLOBAL: PERSPEKTIF PBL TERPADU
Oleh : Arifial Fahla N., Nanis Regina C., Neci Siti Aliyah
I. Pendahuluan
A. Latar Belakang Keterampilan Abad 21
Revolusi teknologi dan globalisasi dalam dua dekade terakhir telah membawa perubahan besar di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Menurut Binkley et al. (2012), keterampilan abad 21 merujuk pada kemampuan yang dibutuhkan individu untuk bersaing dalam dunia kerja yang dinamis dan kompleks. Keterampilan ini mencakup kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas, yang sering dikenal sebagai "4C."
Teknologi informasi telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berkomunikasi. Sekolah tidak lagi hanya menjadi tempat transfer ilmu, tetapi juga sebagai wahana untuk membangun kemampuan adaptasi dan inovasi di era globalisasi. Peserta didik harus dilatih untuk menghadapi tantangan yang bersifat lintas budaya dan multidisiplin.
B. Pentingnya Pendidikan Global
Pendidikan global bukan sekadar memperkenalkan siswa pada isu internasional, tetapi juga membekali mereka dengan wawasan yang memungkinkan kolaborasi lintas budaya. Pendidikan ini membantu siswa memahami bagaimana isu global seperti keberlanjutan, keadilan sosial, dan ekonomi memengaruhi kehidupan mereka. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 dalam pendidikan global memungkinkan siswa untuk berpikir secara global tetapi bertindak secara lokal (Reimers & Chung, 2016).
C. Tujuan Artikel
Artikel ini bertujuan:
- Menjelaskan pentingnya keterampilan abad 21 dalam pendidikan global.
- Menguraikan penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) sebagai pendekatan strategis.
- Menyajikan strategi untuk mengintegrasikan PBL dalam kurikulum global secara efektif.
Â