Cara Membuat CV yang Efektif dan membuat HRD tertarik. Sudah semestinya kita mengakui, sesuatu yang menjadi pintu terbukanya sesuatu yang penting dalam hidup juga kita anggap sebagai sesuatu yang penting. Dalam hal ini adalah dunia kerja, pekerjaan yang di idam-idamkan merupakan sesuatu yang kita anggap penting dalam hidup, maka CV dan surat lamaran yang menjadi jalan terbukanya juga kita anggap penting.
Namun sayangnya melamar kerja yang di idamkan tak segampang melamar bunga desa. Selain skill dan pengetahuan yang di miliki, perlu adanya media untuk memberitahukan keahlian dan kelebihan kita kepada HRD. Oleh karena itu, disinilah kita menganggap pentingnya peran CV dan surat lamaran sebagai media penyampaian informasi mengenai diri kita yang sebenarnya.
Informasi yang disertakan dalam aplikasi kerja bervariasi tergantung pada jenis posisi yang Anda lamar. Misalnya, surat lamaran yang ditulis untuk melamar pekerjaan yang Anda temukan online akan berbeda dari pada sebuah surat yang ditulis untuk mengajukan promosi vertikal atau transfer ke posisi yang berbeda dalam perusahaan Anda saat ini.
Pikirkan surat lamaran kerja sebagai dokumen pemasaran strategis - tempat untuk membangun kasus yang kuat dan persuasif mengapa Anda harus diwawancarai untuk posisi yang Anda cari. Sorot keterampilan, pengalaman, dan prestasi yang relevan dalam surat ini, namun pastikan untuk tidak menduplikat semua informasi yang tersedia dalam resume Anda. Peran surat lamaran yang baik adalah dengan menarik manajer perekrutan untuk membaca resume lengkap Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang kualifikasi dan latar belakang Anda.
Secara umum, surat Anda harus mencakup:
Informasi kontak Anda (nama, alamat email, kota dan negara bagian, nomor telepon, dan alamat LinkedIn). Meskipun biasanya biasa memberikan alamat fisik lengkap seseorang pada surat lamaran kerja, banyak kandidat sekarang menghilangkan ini karena ketakutan untuk mengidentifikasi pencurian. Jika Anda melamar pekerjaan di tempat lain, bagaimanapun, bagus untuk menyebutkan kota dan negara Anda sehingga majikan tahu mereka tidak perlu membayar biaya relokasi Anda.
Salam / salam sopan
Paragraf pendahuluan yang menyatakan ketertarikan Anda pada pekerjaan itu, dan termasuk judul pekerjaan dari posisi yang Anda lamar
Dua atau tiga paragraf yang menyoroti kualifikasi Anda untuk posisi tersebut. Jika Anda memiliki prestasi terukur (seperti angka penjualan, persentase pertumbuhan, atau statistik peningkatan tahun ke tahun), sangat efektif untuk menampilkannya di bagian bullet
Penawaran paragraf terakhir untuk memberikan lebih banyak informasi, mengulangi ketertarikan Anda pada pekerjaan dan perusahaan, dan berterima kasih kepada atasan atas pertimbangan mereka.
Penting untuk mengikuti petunjuk dalam pekerjaan yang diposkan ke T. Jika tidak, materi aplikasi Anda mungkin tidak dipertimbangkan. Sebelum mengirim aplikasi Anda, pastikan bahwa Anda telah memasukkan semua informasi dan materi yang diminta.
Bahkan sebelum Anda mulai menulis surat Anda, tinjau saran tentang pedoman penulisan surat lamaran kerja yang memenangkan wawancara, serta tip dan saran untuk mengoreksi dan mengedit korespondensi pekerjaan Anda.
Cara Mengirim Surat
Bagaimana Anda mengirim surat Anda akan tergantung pada petunjuk majikan. Anda mungkin diminta untuk mengunggah lamaran kerja ke via email, pemberi kerja dapat meminta pelamar untuk mengirimkan surat lamaran dan resume mereka, atau - kemungkinan kecil - organisasi mungkin menginginkan salinan materi permohonan Anda yang dikirim melalui surat atau dikirim dengan tangan.
Contoh Surat Lamaran Kerja:
Gunakan contoh berikut format surat lamaran kerja, contoh, dan template untuk mendapatkan gagasan tentang bagaimana membuat surat lamaran kerja Anda sendiri. Pastikan untuk menyesuaikan surat Anda sehingga mencerminkan kualifikasi dan kredensial Anda, pengalaman profesional Anda, dan nada suara unik Anda.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif dan Membuat HRD Tertarik
Tidak banyak yang tau soal ini, dalam pembuatan daftar riwayat hidup ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Saya menamakan sesuatu ini dengan faktor-X. Dengan faktor-X ini pekerjaan yang di tuju akan menjadi sangat mudah untuk di dapat jika memang itu baik untuk kehidupan kita. Dan sebaliknya secara otomatis akan mencegah kamu masuk kedalam pekerjaan itu jika ternyata pekerjaan itu memberi efek tidak baik untuk kehidupan kamu.
Silahkan kunjungi Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar untuk informasi lebih lanjut mengenai apa yang disebut faktor X. Dalam bahasan itu saya mengawali dengan penjelasan yang disebut dengan faktor-X. Yaitu sesuatu yang menurut saya tidak boleh dilewatkan sebelum mengirim surat lamaran pekerjaan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI