Mohon tunggu...
Arifah Ulya
Arifah Ulya Mohon Tunggu... Guru - Guru Ekonomi

Suka film dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Permainan Ludo Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa pada Mapel Ekonomi

9 Desember 2022   07:00 Diperbarui: 9 Desember 2022   07:03 2223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING METODE TEAM GAME TOURNAMENT DENGAN MEDIA LUDO ACCOUNTING PADA MATERI ANALISIS TRANSAKSI DAN PENCATATAN KE JURNAL UMUM DI KELAS XII IPS 1 SMA WALISONGO KARANGMALANG SRAGEN

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sekolah menjadi salah satu tempat untuk dapat mencapai fungsi pendidikan yang diamanatkan Undang-Undang. Dalam hal ini guru berperan penting agar terlahir generasi masa depan bangsa yang berilmu, cerdas, dan berakhlak. Hal ini sejalan dengan fungsi pendidikan yang termuat dalam Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UU No 20 tahun 2003).

Pembelajaran ekonomi akuntansi menuntut siswa untuk memiliki kemampuan analisis dalam prosesnya. Padatnya teori yang harus dikuasai oleh peserta didik dengan baik guna mendasari konsep perhitungan yang harus dikuasai berikutnya, menuntut guru untuk memilih media pembelajaran terbaik yang akan digunakan dalam kelas. Media pembelajaran yang saat ini banyak digunakan oleh guru cenderung masih bersifat konvensional seperti papan tulis, powerpoint, dan buku paket sebagai media cetak utama penyampai materi pada siswa. Dengan tidak maksimalnya pemilihan media ini pada akhirnya akan menggiring guru secara tidak langsung dalam pemilihan metode pembelajaran yang cenderung konvensional dan hanya terpusat pada guru (Aghni, 2018).

Guru sebagai salah satu komponen dalam kegiatan pembelajaran memiliki posisi yang sangat  menentukan  keberhasilan  pembelajaran,  karena  fungsi  utama  guru  ialah merancang, mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Di samping itu kedudukan guru dalam kegiatan pambelajaran juga sangat strategis dan menentukan. Strategis karena guru yang akan menentukan kedalaman dan keluasan materi pelajaran, sedangkan bersifat menentukan karena guru yang memilah dan memilih bahan, metode, dan  media  pembelajaran  yang  akan  disajikan  kepada  peserta  didik.  Guru  memang mempunyai  peranan yang  paling  penting  dalam  proses  pembelajaran  sehingga  guru mendapat predikat figur sentral (Wahid, 2018).

Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal disebabkan siswa kurang teliti dalam menghitung, kurang memahami konsep, kurang memahami maksud dari suatu soal, dan tidak fokus dalam mengerjakan (Murwati, Hanianto, & Prasetyo, 2020). Penggunaan media yang tepat dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan ini. Untuk mengatasi permasalahan siswa yang memiliki kesulitan menyelesaikan soal analisis pada mata pelajaran ekonomi maka peneliti akan menerapkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning metode Team Game Tournament berbantuan media Ludo Accounting untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal analisis. 

Melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah maka proses pembelajaran akan mengikutsertakan siswa secara aktif baik individu maupun kelompok. Pembelajaran akan lebih bermakna karena dalam proses pembelajaran siswa mempunyai lebih banyak pengalaman. Dengan penggunaan media pembelajaran berupa permainan Ludo Accounting siswa akan lebih mudah memahami soal analisis karena pembelajaran dikemas dengan suasana yang menyenangkan dan pembelajaran yang santai karena menggunakan permainan. Pada permainan Ludo ini terdapat 3 kartu yang dapat diambil selama permainan. Jika pion berada di gambar tanda tanya artinya siswa akan mengambil kartu pertanyaan dan menjawabnya, begitu pula dengan kartu bergambar bom yang artinya hukuman dan hadiah. Pembelajaran akan terasa menyenangkan karena diselingi permainan dan siswa juga bisa berkompetisi melalui permainan ini.

Manfaat pembuatan best practices ini adalah:

  1. Bagi siswa, laporan best practices ini diharapkan dapat membantu siswa mempermudah menyelesaikan soal analisis dan mendorong siswa agar lebih termotivasi dalam belajar ekonomi akuntansi

  2. Bagi guru, Laporan best practices ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kreativitas  dan Menambah wawasan serta ilmu pengetahuan mengenal cara belajar yang dapat menjadikan siswa lebih aktif, dan interaktif.

  1. Bagi sekolah, Laporan best practices ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, Sebagai bahan pertimbangan terhadap peningkatan kinerja guru, Sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan pengajaran

Hasil yang dapat dilaporkan dari kegiatan best practice ini diuraikan sebagai berikut:

  1. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning Metode Team Game Tournament dengan Media Permainan Ludo Accounting. Kegiatan pembelajaran berlangsung aktif, dimana peserta didik aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Metode Team Game Tournament ini mengharuskan siswa aktif mengikuti pembelajaran karena diharuskan berkompetisi dengan kelompok lain agar menjadi pemenang. Di dalam permainan disediakan berbagai kartu soal, hadiah dan hukuman untuk para pemain. Dengan begitu siswa menjadi  semakin  percaya  diri  ketika menyampaikan  pendapatnya  karena pembelajaran yang santai.  

  2. Pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning Metode Team Game Tournament dengan Media Permainan Ludo Accounting dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa dalam mengerjakan soal pada mata pelajaran ekonomi. Siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran karena menggunakan media permainan Ludo yang sudah dimodifikasi menjadi media belajar akuntansi yang menyenangkan. Hal ini digunakan untuk memudahkan dalam penyampaian materi dan membantu siswa mempermudah menganalisis transaksi pada perusahaan jasa. 

  3. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Metode Team Game Tournament dengan Media Permainan Ludo Accounting meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi. Dalam pembelajaran sebelumnya yang dilakukan peneliti, guru menerapkan pembelajaran yang monoton dan membosankan. Selama ini pembelajaran hanya diawali dengan ceramah materi dan mengerjakan tugas saja. Tanpa menggunakan media pembelajaran siswa cepat merasa bosan. Selain itu, siswa juga menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Pengetahuan yang diperoleh peserta didik adalah apa yang diajarkan oleh guru. Melalui penerapan Problem Based Learning Metode Team Game Tournament dengan Media Permainan Ludo Accounting keadaan siswa mengalami perubahan dan suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. 

Simpulan

Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Penerapan  model  pembelajaran  Problem  Based  Learning  Metode Team Game Tournament dengan Media Permainan Ludo Accounting dalam proses pembelajaran ekonomi dengan materi analisis transaksi dan pencatatan ke Jurnal Umum dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa.

  2. Peserta didik aktif dalam proses pembelajaran penerapan pembelajaran dengan model  pembelajaran  Problem  Based  Learning yang  berbasis  TPACK, terutama dalam  penggunaan teknologi membuat  peserta didik  lebih  semangat dalam  mengikuti  pembelajaran.  Seolah  mereka  menemukan  hal  baru  dalam pembelajaran.

  3. Melalui permainan Ludo, peserta didik lebih percaya diri dalam menjawab pertanyaan serta mengemukakan pendapatnya.

  4. Dengan  memberikan  reward  sederhana yaitu pengakuan dan tepuk tangan,  peserta didik  lebih termotivasi dan memiliki semangat untuk berkompetisi dengan rekannya.

Rekomendasi

Berdasarkan  hasil best practice pembelajaran materi analisis transaksi dan pencatatan ke jurnal umum dengan model pembelajaran Problem  Based  Learning  Metode Team Game Tournament dengan Media Permainan Ludo Accounting, berikut adalah rekomendasi yang relevan :

  1. Guru mata pelajaran yang lain dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

  2. Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru tidak hanya mengacu pada buku siswa dan buku guru yang telah disediakan, tetapi berani melakukan inovasi dan kreativitas pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi. Sehingga pembelajaran yang berlangsung akan lebih bermakna.

  3. Guru dapat membuat sendiri media pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan kondisi siswa dan materi yang akan diberikan, sehingga pembelajaran akan lebih bervariatif dan berkesan bagi siswa.

  4. Siswa disarankan untuk mencari sumber belajar baru dan tidak hanya mengandalkan guru sebagai pusat belajar dengan cara meningkatkan literasi, belajar mandiri, dan praktik langsung.

  5. Sekolah,  terutama  kepala  sekolah  dapat   mendorong  guru-guru  untuk  ikut melaksanakan  pembelajaran  dengan  memanfaatkan  model-model  dan  media- media  pembelajaran  inovatif,   serta  melaksanakan  pembelajaran  berorientasi HOTS. Dukungan positif sekolah, seperti  penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Aghni, Rizqi Ilyasa. “FUNGSI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. XVI, no. 1, 2018, pp. 98 – 107.

Murwati, S. A., Hanianto, D. F., & Prasetyo, N. D. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita di topik geometri dan Engineering Education, 6(2), 258-265.  

Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 Wahid, Abdul. “PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR.” ISTIQRA', vol. V, no. 2, 2018, pp. 1-11.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun