Pendidikan merupakan bagian penting dalam pembentukan karakter dan kemampuan intelektual anak-anak. Namun, semakin banyak pembicaraan terkait dampak evaluasi nilai terhadap psikologis anak-anak. Salah satu perdebatan yang muncul adalah seputar kebijakan memberikan nilai C, D, atau E pada anak-anak Sekolah Dasar (SD). Sebagian pihak berpendapat bahwa pemberian nilai tersebut dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan.
Dampak Teori Nilai pada Psikologis Anak
Dalam dunia pendidikan, nilai seringkali dianggap sebagai tolak ukur keberhasilan seorang siswa. Nilai C, D, atau E sering dianggap sebagai tanda ketidakberhasilan atau kegagalan, bahkan pada tingkat SD. Anak-anak yang menerima nilai rendah ini dapat merasa rendah diri dan stres dalam belajar.
Menurut teori psikologi perkembangan, anak-anak SD masih dalam fase pembentukan identitas dan perkembangan kemampuan belajar. Pemberian nilai rendah dapat memengaruhi persepsi diri mereka, memicu stres, dan bahkan menurunkan motivasi belajar.
Pemikiran di Balik Penghapusan Nilai Rendah
Beberapa pendidik dan psikolog pendidikan berpendapat bahwa menghapuskan nilai C, D, atau E pada tingkat SD dapat memberikan ruang yang lebih besar bagi anak-anak untuk berkembang tanpa beban stres yang tidak perlu. Memberikan umpan balik konstruktif dan fokus pada upaya dan progres positif mereka, tanpa harus mengevaluasi mereka melalui angka atau huruf, dianggap sebagai pendekatan yang lebih mendukung.
Alternatif Penilaian Progresif
Beberapa sistem pendidikan di seluruh dunia telah memperkenalkan alternatif penilaian progresif untuk siswa tingkat SD. Pendekatan ini mencakup penggunaan feedback verbal, penilaian formatif, dan fokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan tanpa terlalu menekankan pada nilai angka atau huruf.
Implikasi Jangka Panjang
Hapusnya nilai C, D, atau E pada anak SD dapat memiliki dampak positif jangka panjang. Anak-anak dapat tumbuh dalam suasana belajar yang lebih positif dan mendukung, yang membantu membentuk sikap positif terhadap pendidikan. Selain itu, mereka lebih mungkin mempertahankan rasa ingin tahu dan semangat belajar.
Kesimpulan
Dalam melihat masalah ini, perlu dilakukan evaluasi mendalam terkait efektivitas dan dampak jangka panjang dari penghapusan nilai C, D, atau E pada anak-anak SD. Fokus pada pendekatan penilaian yang lebih holistik, pengembangan keterampilan, dan pembentukan karakter dapat menjadi langkah positif menuju menciptakan lingkungan belajar yang lebih seimbang dan berkelanjutan bagi anak-anak di tingkat Sekolah Dasar.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI