Untuk memenuhi tugas Pengajaran Mikro yang di ampu oleh Dra Sumargiyani M.Pd Universitas Ahmad Dahlan - UAD Yogyakarta .
Henita 11006199
Supported By : Hidayat Lover Community - HLC Indonesia
RENCANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Ketapang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : X
Semester : 2
Materi Pokok : Logika Matematika
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit (1 pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan
dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan dalam matematika dan
ingkaran atau negasinya.
C. Indikator
1. Membedakan bentuk kalimat – kalimat yang merupakan pernyataan atau bukan.
2. Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan dalam matematika.
3. Menentukan ingkaran/negasi dari suatu pernyataan dalam matematika.
4. Mengidentifikasi pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, dan
implikasi.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membedakan bentuk kalimat – kalimat yang merupakan pernyataan
atau bukan.
2. Siswa dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan dalam matematika.
3. Siswa dapat menentukan ingkaran/negasi dari suatu pernyataan dalam
matematika.
4. Siswa dapat membedakan pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi,
dan implikasi.
E. Materi Pembelajaran
1. Membedakan pernyataan dan bukan pernyataan
2. Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan dalam matematika
3. Negasi dari suatu pernyataan.
4. Konjungsi, disjungsi, dan implikasi.
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi kelompok, tanya-jawab
untuk file lenkapnya bisa di download RPP matematika SMA kelas  X KTSP Logika Matematika dan himpunan - UAD
HLC Banyumas - Indonesia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H