Rambu - rambu UTS Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika  , Universitas Ahmad Dahlan - UAD
Supported By : Hidayat Lover Community - HLC Banyumas Indonesia
Kelompok 1
1. Tujuan Penelitian Kependidikan
- Meningkatkan mutu isi , masukan ,proses , hasil pendidikan dan pembelajaran disekolah .
- Membantu guru dan tenaga kependidikan lainya mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan di luar kelas .
- Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan .
- Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah dan LPTK , sehingga tercipt sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan (sustainable)
- Meningkatkan ketrampilan pendidik dan tenaga kependidikan khususnya di sekolah dalam melakukan PBT .
- Meningkatkan kerjasama profesional diantara pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah dan LPTK
2 . Jenis- jenis Penelitian :
- Kuantitatif adalah suatu metode penelitian yang menggunakan metode positivistik yang percaya akan kebenaran indrawi yang yakin bahwa semua yang bisa ditangkap dengan indera merupakan bukti kebenaran yang dapat di bentuk dengan angka .
- Kualitatif adalah rist yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif .
- PTK adalah suatu bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh partisipan dalam situasi sosial untuk memberikan praktik yang di lakukan sendiri .
- Eksperimen adalah metode inti dari model penelitian yang ada . Yang melakukan 3 syarat yaitu : Mengontrol , Memanipulai ,dan Observasi .
- Deskriptif adalah pada penelitian ini , peneliti mengganmbarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek tertentu secara jelas dan sistematis .
3. Langkah- langkah menyusun instrumen
- Mengidentifikasikan variable-variable yang akan di teliti
- Menjabarkan variabel menjadi indikator-indikator.
- Menjabarkan indikator menjadi item-item
- Mendistribusikan setiap butir item kedalam jenis instrumen .
- Merumuskan butir soal atau pertanyaan maupun pernyataan untuk setiap jenis intrumen .
4 . Skala pengukuran dalam penelitian
- Skala Nominal
- Skala Ordinal
- Skala Interval
- Skala Rasio
Tugas Kelompok 2 :
1.Arief Hidayat ( 11006152 )
2. Dhias Nurfadhilah (11006159 )
3.Tri Yuliani (11006169 )
4. Wisnu Cahya Nugraha ( 11006185 )
5 . Untuk pengukuran sikap , skala yang digunakan yaitu :
- Skala Likert
- Skala Guttman
- Semantic Defferential
- Rating Scale
6 . Contoh masing-masing pengukuran sikap skala
- Contoh Skala Likert , Â Sangat sutuju , setuju , netral, tidak setuju , sangat tidak setuju .
- Contoh Skala Guttman  , O = Sebagai perempuan dan 1 = sebagai laki-laki
- Contoh Semantic Differential , Bersahabat  5   4   3   2    1   tidak bersahabat
- Contoh Rating Scale , Kenyamanan area parkir UAD Â Â 5 Â Â 4 Â Â 3 Â Â 2 Â Â 1
7. Masalah dalam penelitian yaitu sebuah pertanyaan yang memerlukan jawaban berupa penjelasan yang dapat di rumuskan melalui proses penelitian , baik penjelasan deskriptif tentang satu variable .
8 . Rumusan masalah adalah kalimat tanya dalam suatu laporan penelitian fungsinya untuk menunjukan masalah yang diteliti oleh peneliti dan untuk memberikan batasan- batasan dalam penelitian sehingga penelitian itu tetap fokus pada hal yang benar-benar ingin di teliti tidak melebar ke hal-hal yang lain .Â
Kelompok 3 :
1. Aji Nurcahyo ( 09006185 )
2.Siti Tuti Alawiyah (11006178 )
3.Putri Eka Wulandari(11006178)
4.Riyatmi (11006193)
9. Macam-macam Rumusan masalah :
- Rumusan Deskriptif adalah Suatu rumusan masalah yang memandu peneliti untuk mengeksplorasi dan memotret situasi sosial .
- Rumusan Komparatif adalah suatu rumusan masalah yang memandu peneliti untuk membandingkan antara konteks sosial atau domain 1 di bandingkan dengan yang lain .
- Rumusan Assosiatif adalah masalah yang memandu peneliti untuk mengkonstruksi hubungan antara situasi sosial atau domain 1 dengan yang lain . Rumusan Assosiatif terbagi menjadi 3 hubungan yaitu :
1. Hubungan Simetris adalah bukan hubungan sebab akibat .
2. Hubungan Kausal adalah hubungan sebab akibat .
3. Hubungan Resiprocal adalah hubungan yang saling mempengaruhi .
10. Contoh Masing-masing rumusan masalah dalam matematika
- Contoh Rumusan Dekriptif , Bagaimana profil pendidikan matematika di Indonesia.
- Contoh Rumusan Komparatif , Adakah perbedaan hasil belajar metode saintifik dengan metode konvensional .
- Contoh Rumusan Assosiatif ,
a. hubungan Simetris , Contohnya : Adakah hubungan cara guru mengajar dengan prestasi hasil belajar matematika siswa .
b. Hubungan kausal , contohnya : Adakah pengaruh hasil belajar matematika siswa terhadap kinerja guru atau cara guru mengajar .
c. Hubungan Resiprocal , contohnya : Hubungan antara banyaknya metode pembelajaran matematika dengan hasil belajar matematika siswa .
11. Macam - macam Variabel dalam penelitian
- Variabel Independen
- Variable Dependen
- Variabel Moderator
- Variabel Intervening
- Variable Control
12 . Paradigma Penelitian adalah pola hubungan antara variable yang akan di teliti dan jumlah rumusan masalah , teori yang digunakan , dan teknik analisis statistik .
Kelompok 4 :
1 . Dwi Indarto (10006091 )
2. Neni Supiyanti ( 11006161 )
3. Subekti Handayani (11006163 )
13. Teori dalam penelitian adalah serangkaian asumsi , konsep , konstruk , dan proposisi untuk menerangkan suatu fenomena sosial secara sitematis dengan cara merumuskan hubungan antar konsep .
14. Ada berapa macam teori yang anda ketahui . ?
- Teori Deduktif hipotesis
- Teori Induktif - Emperi
- TeoriSpekulatif - Emperis
15 . Apakah yang di maksud dengan kerangka berfikir dalam penelitian
Kerangka berfikir dalam penelitian merupakan inti sari dari teori yang telah di kembangkan yang dapat mendasari perumusan hipotesis .
16. Apa nama lain dari Metode penelitian Kualitatif dan kuantitatif . ?
- Nama lain metode Penelitian Kualitatif adalah Penelitian Naturalistik .
- Nama lain metode Penelitian Kuantitatif adalah Metode Tradisional Positivistik , scientific , serta metode discovery .
Kelompok 1 :
- Arif Subhan ( 11006169)
- Oktasari Wardia Ningsih ( 11006198 )
- Nevy Anindya ( 11006204 )
17. Berikan sebuah judul penelitian " expost facto" yang memuat 3 variable !
Hubungan antara motivasi dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas x SMA NEGERI 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 .
18. Berdasarkan judul penelitian tersebut , tuliskan variable bebas dan variable terikat !
Variable bebas : Motivasi Belajar
Variable terikat : Hasil Belajar
19. Berikan paling sedikit 6 identifikasi masalahanya
- Kurangnya motivasi belajara
- Lingkungan belajar yang kurang memadai
- Terdapat kesenjangan hasil belajar siswa
- Kurangya kesadaran siswa dalam belajar
- Terbatasnya sumber belajar
- Kurangnya dukungan dari orang tua
20. Tuliskan kemungkinan perumusan masalah yang mungkin
- Apakah ada hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA . ?
- Apakah ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA . ?
- Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan lingkungan belajar siswa kelas X SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA . ?
Anda bisa mendownload serial pdf  Rambu - rambu UTS Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika  , Universitas Ahmad Dahlan - UAD
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H