Mohon tunggu...
Aridha Prassetya
Aridha Prassetya Mohon Tunggu... profesional -

Pemerhati Masalah Ketidakbahagiaan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Wahai Ditjen DIKTI! Ada Para Orang Tua yang Nyesek Gara-gara UKT

24 Juli 2015   12:30 Diperbarui: 24 Juli 2015   12:30 2026
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Semalam, seorang bapak datang kepada saya dan menceritakan keadaan hatinya yang nyesek gara-gara UKT (Uang Kuliah Tunggal).

“Loh, ada apa toh pak, wong anaknya diterima di Negeri kok masih nyesek?”, Tanya saya.

“Itulah…harusnya kan saya bahagia, ya?”

“Iyalaah…apalagi diterima di Universitas ‘Paling Negeri’. Bukannya itu Universitas yang baru saja di-negeri-kan oleh pemerintah? Kabarnya bagus! Mana mottonya hebat pula ‘Kampus Bela Negeri’, kan? Baru jadi Negeri, tukang bela negeri, masih anget, masih gress Negerinya. Lalu pasal nyeseknya dimana?”

Dengan sigap si bapak langsung bergerak mengambil beberapa lembar kwarto untuk menjelaskan kepada saya dimana faktor-faktor yang membuat dadanya sesek. Ia segera menulis range perbandingan UKT, antara Unair, ITS dan PT yang baru di-Negeri-kan oleh pemerintah. (Sambil perbincangan berlanjut)

“Lhah yo bu…, Unair, ITS dan perguruan tinggi yang lebih dahulu Negeri saja masih memberi kesempatan kepada orang tua untuk banding soal UKT. Itu Bu Dina, anaknya keterima di Unair. Ketika anaknya diwawancara oleh tim, UKT nya ditetapkan Rp 2 juta per semester. Bu Dina ngga terima, lalu diberi kesempatan banding. Bandinglah dia. Ehh... bisa turun hingga Rp sejuta per semester.”

“Lalu? Di pergururan yang baru Negeri itu gimana?

“Lhah yo iku…anak saya sudah membawa seabreg bukti. Pengakuan atas penghasilan saya yang pas-pasan (Rp 2 juta) ditambah penghasilan tidak tetap tapi juga tidak banyak. Hanya cukuplah untuk biayai keluarga dengan dua anak. Foto rumah yang saya tinggali sekarang (tampak samping, depan, belakang). Itupun bukan rumah saya. Rumah dipinjami kakak saya. Sampai sekarang saya belum punya rumah. Ini juga sudah saya beritahukan. Rekening listrik saya ngga sampe seratus ribu per bulan. Air juga bukan PDAM. Bayangan saya, saya ini tidak miskin-miskin sungguh. Ngga mau jadi beban pemerintah. Kalau untuk UKT kisaran Rp 2,5 juta per semester, saya akan berjuang dan saya pastikan ada untuk itu. Ehhh…lha kok bisa-bisanya range UKT Rp 2,5 juta itu ternyata ngga ada! Yang saya tidak paham, bagaimana Universitas ini bisa main lompat range. UKT terendah Rp 500 ribu, lalu Rp sejuta, lalu tiba-tiba lompat jadi Rp 4 juta, 5 juta dst! Gila nggak? Dan anak saya ditetapkan UKT nya Rp 4 juta, gila nggak?”

“Memang dari mana mereka putuskan sehingga bapak dikenakan Rp 4 juta?”

“Dari profesi saya yang dosen. Dosen dianggap mampu bayar UKT setinggi itu. Padahal kan ngga semua dosen mampu bayar segitu. Saya ngga habis pikir, trus apa gunanya dokumen seabreg yang diminta itu, kalau akhirnya akan jadi begini? Mengapa range itu harus lompat segala dari sejuta ke empat juta? Bahkan saya jumpai banyak orang tua yang mengeluh tidak berdaya. Banyak yang kecewa karena kemampuannya sebetulnya hanya pada range Rp 1 juta - kurang dari Rp 4 juta. Maksudnya apa gitu loh? Pakai lompat-lompat range?

"Mbok ya, seperti ITS itu loh, jelas, fair! Range UKT bergerak proporsional dari 500 ribu, lalu sejuta, lalu 2,5 juta, 4 juta, 5 juta dst…. Ini kan jelas, ya?! Lhak kalau seperti perguruan tinggi yang baru saja Negeri ini kan aneh? Kenapa kami ngga dimasukkan saja ke golongan/range sejuta? Kenapa (seolah) maksa kami masuk pada range Rp 4 juta? Siapa yang ngga nyesek, coba? Dan bukan hanya saya loh! Istri saya juga muter nanya para orang tua, mereka sangat menyesal dan tidak berdaya”

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun