Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.888 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 17-07-2024 dengan 2.280 highlight, 17 headline, dan 109.421 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Harapanku di Tahun 2021, Tetap Sehat dengan Menjaga Konsistensi Menulis

3 Januari 2021   18:51 Diperbarui: 3 Januari 2021   20:07 1201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilistrasi: shutterstock

Kondisi bangsa Indonesia sampai saat ini masih saja dilanda pandemi Covid-19. Ada begitu banyak laporan mengenai total jumlah pasien yabg positif Covid. Ini sungguh menyedihkan dan memprihatinkan. 

Harapan utama saya di tahun ini sunghuh sangat sederhana. Saya ingin tetap sehat. Itu saja. Ada banyak hal indah terlewatkan jika kita tidak dalam kondisi sehat. Begitu juga biaya hidup akan membeludak saat kita sakit-sakitan. 

Hal tersebut sungguh tidak menyenangkan. Karena itulah saya berdoa pada Tuhan agar tahun ini diberi kelimpahan kesehatan. Pun tahun-tahun selanjutnya. Saya pun berharap rekan-rekan pembaca selalu sehat.

Berkaitan dengan kesehatan, untuk saat ini, hal penting yang harus saya lakukan adalah mengelola stress. Pandemi membuat banyak kegiatan sehari-hari dibatasi. Sebisa mungkin mengurangi bepergian ke luar rumah. Semua pekerjaan di kerjakan dari rumah.

Jujur, ini meningkatkan kasar stress pada diri saya. Mengapa bisa demikian? Sangatlah tidak mudah jika harus berada di rumah terus menerus setiap hari untuk mengajar. Saya adalah seorang guru. Bagaimanapun pertemuan tatap muka dengan siswa di sekolah sangat saya rindukan.

Ketika saya harus mengajar dari rumah, ada banyak sekali perubahan yang harus saya alami. Saya hanya bisa bertatap muka dengan siswa melalui aplikasi zoom. Kadang juga video call melalui whatshaap aplication.

Pertemuan dengan rekan kerja, sahabat dan keluarga juga sama. Semua dilakukan online. Saya tinggal terpisah dari keluarga besar karena harus mengajar di kota lain. Saya jiga tidak bisa bertemu dengan rekan kerja karena kebijakan work from home atau bekerja dari rumah. 

Mau tidak mau, semua kondisi itu bisa meningkatkan kadar stress saya. Jika tidak bisa mengelola stress dengan baik, bisa menimbulkan kelelahan emosi. Pada akhirmya bisa menyebabkan penyakit. 

Ini harus saya hindari. Saya ingin tetap sehat. Meskipun beban pekerjaan dan relasi sosial berubah total sejak pandemi, semua harus dijalani dengan senang dan ikhlas. 

Hal-hal yang saya lakukan untuk mengurangi stress selama pandemi diantaranya adalah:

1. Refresing pikiran dengan menulis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun