Ramadan dan Lebaran, seringkali menjadi momen paling ramai untuk mengkonsumsi aneka barang. Mengapa bisa demikian? Di bulan Ramadan yang kemudian lanjut dengan Idul Fitri (Lebaran), sebagian besar orang sudah memikirkan berbagai kebutuhan tambahan. Misalnya bagi perusahaan-perusahaan yang biasa memberi THR dan juga bingkisan Lebaran untuk karyawan dan karyawatinya. Juga musim mudik panjang karena libur nasional juga cukup untuk orang-orang berkumpul bersama keluarga di desa.Â
Tentunya untuk persiapan mudik Lebaran, sebagian besar orang membeli berbagai hadiah bisa berupa bingkisan Lebaran untuk sanak saudara dan tetangga, atau persiapan uang untuk dibagikan ke anak-anak kecil, tetangga  atau saudara-saudara di kampung. Saya masih ingat, di masa kecil saya waktu Lebaran banyak orang dewasa yang memberi saya uang saku tambahan. Anak-anak kecil pasti senang sekali. Kalau datang berkunjung ke sanak saudara, bisa mendapat banyak tambahan uang.Â
Di pihak orang dewasa, kebutuhan yang mendadak bertambah banyak ini, membuat mereka ingin mendapatkan barang-barang dengan harga diskon. Baik itu berupa aneka makanan, maupun aneka barang untuk hadiah, seperti baju, sepatu, tas dan lain-lain.Â
Kebutuhan konsumsi yang besar ini disambut baik oleh pihak-pihak penjual yang akan memberikan aneka diskon selama bulan Ramadan ataupun Lebaran. Kalau kita jalan-jalan ke mall, bisa dilihat berbagai tawaran diskon di mana-mana.
Salah satu pilihan menarik adalah berbelanja secara online. Tidak perlu lelah jalan-jalan ke toko atau mall yang menyediakan barang-barang kebutuhan kita, tapi tetap bisa memperoleh barang-barang tersebut. Tidak sedikit saya membaca kasus penipuan pembelian via online.Â
Salah satunya, jenis barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan barang yang dipesan, atau jauh sekali berbeda dari foto yang dipajang dan dipesan. Ada pula kasus tidak dikirim barang. Misalnya sudah terlanjur transfer uang tapi barang yang dipesan tidak kunjing dikirimkan, malahan nomor telepon yang biasa dihubungi mendadak tidak aktif. Pasti pihak konsumen yang dirugikan.Â
Untuk mencegah hal buruk menimpa kita pada transaksi pembelian via on line sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.
...
1. Lakukan riset pada situs belanja online
2. Lihat kebijakan belanja online terhadap data pribadi
3. Periksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik.
4. Jangan mudah tergoda barang murah
5. Cari tanda kalau situs web tersebut aman
6. Amankan PC Anda
7. Pertimbangkanlah cara pembayaran.
8. Periksa harga total
9. Simpan bukti transaksi
10. Matikan PC setelah transaksi
(Sumber Liputan 6)
 ....
Bijaksanalah dalam berbelanja secara online, meski kebutuhan mendadak banyak dan juga ada banyak tawaran kemudahan. Lebih baik waspada daripada celaka.Â