Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dalam memenuhi Tridharma perguruan tinggi. Universitas Jember sebagai salah satu perguruan tinggi menyelenggarakan KKN Back to Village 3 yang dilakukan secara individu oleh mahasiswa dan dilaksanakan di wilayah mahasiswa masing-masing. Mahasiswa diterjunkan langsung ke dalam permasalahan yang ada di wilayahnya.
Tumpakrejo merupakan salah satu desa di kecamatan Gedangan, kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur. Desa Tumpakrejo merupakan salah satu desa yang terletak di Malang bagian selatan yang berbatasan langsung dengan jalur lintas selatan dan memiliki luas wilayah sekitar 2.597.715 Ha. Mayoritas pekerjaan masyarakat desa ini adalah petani dan nelayan, namun ada pula yang menjadi pedagang dan beberapa pekerjaan lainnya.
Salah satu dampak dari adanya pandemi COVID-19 adalah banyaknya warga yang dipulangkan atau terkena PHK oleh perusahaan tempat mereka bekerja, yang kemudian menjadikan insiatif warga tersebut dalam membangun usaha mencari nafkah. Hal itu dibuktikan dengan melonjaknya jumlah UMKM di desa Tumpakrejo. Salah satu UMKM yang jumlahnya melonjak selama pandemi COVID-19 yaitu usaha/bisnis makanan dan minuman. Berkaitan dengan usaha mekanan tersebut menjadi salah satu alasan pilihan sasaran KKN kali ini. Sasaran KKN BTV 3 yaitu sebuah usaha makanan "UMKM Rujak Bukma" yang dikelola oleh mbak Nur Yaning yang berdiri sejak 2019 lalu. Rujak Bukma merupakan usaha makanan yang menjual rujak dan camilan yang terletak di dusun Bantur Timur, RT. 33/RW. 37 (gambar 1).
Kegiatan KKN BTV 3 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus 2021 hingga 10 September 2021. Rancangan kegiatan KKN terbagi menjadi beberapa tahapan kegiatan yang dimulai dengan melakukan observasi dan dokumentasi desa, kemudian dilanjutkan dengan melakukan wawancara serta menjelaskan program kerja yang akan dilaksanakan kepada sasaran, dalam hal ini UMKM Rujak Bukma. Program kerja atau kegiatan yang dilaksanakan meliputi inovasi produk (gambar 2 dan 3), membuat sticker brand/label makanan dan petunjuk lokasi (gambar 4 dan 5), membuat dan membantu mengelola akun bisnis (gambar 6).
Kegiatan KKN ini diharapkan mampu meningkatkan kreatifitas dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam mengembangkan UMKM. Selanjutnya masyarakat sekitar juga akan menjadi lebih mengenal UMKM Rujak Bukma sebagai suatu usaha makanan dengan keunggulan-keunggulannya dibandingkan dengan usaha makanan lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H