Mohon tunggu...
Ariansyah S.Si
Ariansyah S.Si Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Magister Pendidikan IPA di Universitas Pendidikan Mandalika

Suka isengin dan becandain chat GPT.. 😅

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Revolusi Digital Dalam Pendidikan: Dampak, Strategi, dan Tantangan - UNDIKMA News

30 Oktober 2023   14:20 Diperbarui: 1 November 2023   18:14 463
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ini dibuat menggunakan DALL.E.3

Penulis: Ariansyah, S.Si., Mahasiswa Magister Pendidikan IPA UNDIKMA (Universitas Pendidikan Mandalika).

Pendahuluan

Teknologi digital telah mengubah hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. Perkembangan teknologi digital, seperti komputer, internet, perangkat mobile, dan aplikasi, telah membawa perubahan signifikan dalam cara belajar dan mengajar. Perubahan ini disebut sebagai revolusi digital dalam pendidikan.

Revolusi digital dalam pendidikan memiliki dampak positif dan negatif bagi siswa, guru, maupun lembaga pendidikan. Dampak positifnya antara lain adalah akses tak terbatas ke informasi dan sumber daya pembelajaran, fleksibilitas dalam waktu dan tempat belajar, serta kolaborasi global antara pelajar dan pendidik. Namun, dampak negatifnya juga tidak bisa diabaikan, seperti kesenjangan akses teknologi, dampak sosial dan psikologis dari penggunaan teknologi yang berlebihan, serta tantangan etika dan keamanan informasi.

Untuk menghadapi revolusi digital dalam pendidikan, diperlukan strategi yang tepat dari berbagai pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan. Strategi ini meliputi penyesuaian kurikulum dan kebijakan pendidikan, peningkatan keterampilan digital bagi siswa dan guru, pengembangan nilai dan karakter siswa, serta peningkatan infrastruktur dan investasi teknologi.

Dalam makalah ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang revolusi digital dalam pendidikan, dampaknya bagi dunia pendidikan, strategi yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan manfaat teknologi digital dalam pembelajaran, serta tantangan yang harus diatasi untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas dan inklusif di era digital.

Revolusi Digital dalam Pendidikan: Pengertian dan Dampak

Revolusi digital dalam pendidikan adalah perubahan besar-besaran dalam cara belajar dan mengajar yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi digital. Teknologi digital memberikan berbagai alat dan aplikasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, seperti platform pembelajaran online, media sosial, game edukatif, simulasi virtual, augmented reality, artificial intelligence, big data, dan lain-lain.

Dampak positif dari revolusi digital dalam pendidikan antara lain:

  • Akses tak terbatas: 

Teknologi digital memungkinkan siswa untuk mengakses informasi dan sumber daya pembelajaran dari seluruh dunia dengan mudah dan cepat melalui internet. Siswa dapat belajar sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan mereka sendiri. Siswa juga dapat mengikuti kursus online dari berbagai lembaga pendidikan terkemuka di dunia tanpa harus terbatas oleh jarak atau biaya.

  • Fleksibilitas: 

Teknologi digital memberikan kemudahan bagi siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan perangkat mobile dan aplikasi pembelajaran online. Siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar mereka sendiri. Siswa juga dapat memilih metode pembelajaran yang paling sesuai bagi mereka, seperti pembelajaran mandiri (self-paced learning), pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), atau pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning).

  • Kolaborasi global: 

Teknologi digital memfasilitasi interaksi dan kerjasama antara siswa dari berbagai wilayah geografis, budaya, dan latar belakang melalui platform media sosial dan komunitas pembelajaran online. Siswa dapat memperkaya pengalaman belajar mereka dengan berbagi pengetahuan, ide, dan perspektif.

Dampak negatif dari revolusi digital dalam pendidikan antara lain:

  • Kesenjangan akses: 

Tidak semua siswa memiliki akses yang sama ke teknologi digital. Beberapa siswa mungkin menghadapi kendala seperti keterbatasan perangkat, koneksi internet yang tidak stabil, atau biaya yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan ketimpangan dalam kualitas dan kesempatan pembelajaran.

  • Dampak sosial dan psikologis: 

Penggunaan teknologi digital yang berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan mental dan fisik siswa. Beberapa dampak yang mungkin terjadi adalah kecanduan, isolasi sosial, gangguan tidur, stres, atau cyberbullying. Selain itu, teknologi digital juga dapat menimbulkan tantangan etika, seperti plagiarisme, privasi data, atau keamanan informasi.

Strategi Menghadapi Revolusi Digital dalam Pendidikan

Untuk menghadapi revolusi digital dalam pendidikan, diperlukan strategi yang tepat dari berbagai pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan. Strategi ini meliputi:

  • Penyesuaian kurikulum dan kebijakan pendidikan: 

Kurikulum dan kebijakan pendidikan harus disesuaikan dengan tuntutan era digital. Kurikulum harus mencakup keterampilan digital yang dibutuhkan oleh siswa untuk bersaing di pasar kerja masa depan. Kebijakan pendidikan harus mendukung pengembangan infrastruktur teknologi dan aksesibilitas bagi semua siswa.

  • Peningkatan keterampilan digital bagi siswa dan guru: 

Siswa dan guru harus meningkatkan keterampilan digital mereka agar dapat memanfaatkan teknologi digital dengan optimal dalam proses pembelajaran. Keterampilan digital meliputi kemampuan untuk mencari, mengevaluasi, menggunakan, berkomunikasi, dan menciptakan informasi dengan menggunakan teknologi digital. Siswa dan guru harus mendapatkan pelatihan dan bimbingan yang memadai untuk mengembangkan keterampilan digital ini.

  • Pengembangan nilai dan karakter siswa: 

Selain keterampilan digital, siswa juga harus mengembangkan nilai dan karakter yang sesuai dengan era digital. Nilai-nilai seperti tanggung jawab, integritas, kerjasama, toleransi, kreativitas, inovasi, kritisisme, dan adaptabilitas harus ditanamkan pada siswa agar mereka dapat berkontribusi secara positif bagi masyarakat dan lingkungan. Siswa juga harus dibekali dengan sikap yang positif dan etis terhadap penggunaan teknologi digital.

  • Peningkatan infrastruktur dan investasi teknologi: 

Infrastruktur dan investasi teknologi harus ditingkatkan untuk mendukung revolusi digital dalam pendidikan. Hal ini meliputi penyediaan perangkat, koneksi internet, platform, aplikasi, dan sumber daya pembelajaran digital yang berkualitas dan terjangkau bagi semua siswa dan guru. Selain itu, juga diperlukan pengawasan dan perlindungan terhadap keamanan data dan informasi yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Tantangan Menghadapi Revolusi Digital dalam Pendidikan

Meskipun revolusi digital dalam pendidikan membawa banyak manfaat, tetapi juga menimbulkan beberapa tantangan yang harus diatasi. Beberapa tantangan ini antara lain:

  • Kesiapan dan kesadaran siswa dan guru: 

Tidak semua siswa dan guru siap dan sadar akan pentingnya revolusi digital dalam pendidikan. Beberapa di antaranya mungkin masih enggan atau tidak mampu untuk menggunakan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti kurangnya motivasi, minat, kepercayaan diri, atau keterampilan. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi, edukasi, dan motivasi bagi siswa dan guru untuk mengadopsi teknologi digital dalam pendidikan.

  • Kualitas dan relevansi sumber daya pembelajaran digital: 

Tidak semua sumber daya pembelajaran digital yang tersedia di internet memiliki kualitas dan relevansi yang baik. Beberapa di antaranya mungkin mengandung informasi yang salah, tidak akurat, tidak lengkap, tidak objektif, atau tidak sesuai dengan kurikulum. Oleh karena itu, perlu adanya penilaian, seleksi, validasi, dan verifikasi terhadap sumber daya pembelajaran digital yang digunakan dalam proses pembelajaran.

  • Keseimbangan antara teknologi dan manusia: 

Teknologi digital tidak dapat menggantikan peran manusia dalam pendidikan. Teknologi digital hanya dapat menjadi alat bantu yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Namun, aspek-aspek seperti emosi, afeksi, interaksi sosial, nilai-nilai moral, dan etika tidak dapat disampaikan oleh teknologi digital. Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan antara penggunaan teknologi digital dan intervensi manusia dalam pendidikan.

Kesimpulan

Revolusi digital dalam pendidikan telah membawa perubahan yang besar dalam cara kita belajar dan mengajar. Teknologi digital telah memberikan banyak manfaat bagi dunia pendidikan, seperti akses tak terbatas, fleksibilitas, dan kolaborasi global. Namun, teknologi digital juga memiliki dampak negatif yang perlu diwaspadai, seperti kesenjangan akses, dampak sosial dan psikologis. Oleh karena itu, kita perlu memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan bertanggung jawab untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas dan inklusif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun