Mohon tunggu...
Mr. aBc
Mr. aBc Mohon Tunggu... Guru - Salam Gloria

🔛🖋️📝🖋️Goresan artikel sederhana. Mencoba berjiwa dan bersemangat sebagai guru muda. Di Era New Normal. Proses mencari dan menjadi inspirasi✍️ Sahabat Literasi: SMPK Santo Mikael - Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Langkah Extraordinary Guru STANDU

22 Juli 2020   02:38 Diperbarui: 19 Januari 2023   21:52 502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru, adalah "dalang" untuk menyampaikan materi bagi para siswa. Guru memiliki peran sentral, dibantu dengan berbagi faktor pendukung yang lain, agar KBM online dapat berjalan dengan baik. Selain melayani, guru juga harus mendapat pelayanan yang baik dan maksimal.

Horeee, libur tlah usai......!

Proses belajar mengajar tahun pelajaran baru 2020/2021 sudah dimulai dan sudah berjalan beberapa hari. Dalam hal ini saya akan sedikit berkisah, bagaimana situasi dan kondisi pelaksanaan KBM online, atau PJJ, dan bisa disebut juga BDR.

LOS (Layanan Orientasi Siswa)

Tahun pelajaran baru di tingkat sekolah menengah, pasti akan diawali dengan kegiatan LOS (Layanan Orientasi Siswa). Kegiatan yang sangat menyenangkan bagi para siswa baru, dalam rangka pengenalan lingkungan sekolah, sebelum dimulainya kegiatan KBM. Namun kondisi saat ini, masih memaksa sekolah untuk melaksanakan kegiatan ini secara online. Sekolah harus bergerak cepat, dengan segala keterbatasannya agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, meskipun dalam kondisi new normal, dan secara online.

Terima Kasih, Sudah Melayani Kami Meskipun Secara Online

Ungkapan dari hati oleh beberapa siswa kelas VII SMP, kalimat ini cukup menggetarkan hati penulis, yang sekaligus sebagai wali kelas VII. Ungkapan penuh kesadaran bahwa saat ini sekolah dalam kondisi khusus, namun para siswa masih tetap mengucapkan terima kasih, karena sudah melaksanakan kegiatan LOS (melalui google meet, youtube, dll).

Terima kasih kembali, karena para siswa sungguh memahami hal ini. Terima kasih kepada para orang tua/wali yang sudah mempercayaan putra dan putrinya untuk belajar Bersama kami.

Pembukaan LOS siswa baru (Sumber: Dokpri)
Pembukaan LOS siswa baru (Sumber: Dokpri)

Kegiatan LOS online STANDU (Sumber: Dokpri)
Kegiatan LOS online STANDU (Sumber: Dokpri)

Kegiatan LOS online STANDU (Sumber: Dokpri)
Kegiatan LOS online STANDU (Sumber: Dokpri)

Bekal Bagi Guru

Apa itu extraordinary?
Dalam bahasa Inggris, extraordinary artinya adalah luar biasa, ekstra, dan luar batas. Jadi, dapat dikatakan bahwa extraordinary person ialah orang yang luar biasa atau orang yang berbeda dan lebih unik dari orang lain, dalam segala aspek.        

Jujur saja, jika pandemi Covid-19 ini tidak mewabah, maka mindset guru mungkin agak sulit berubah, (mungkin lho)...... Maka saat ini, para guru dituntut/dipaksa untuk keluar dari zona nyaman, meninggalkan gaya mengajar yang lama, menjadi sosok yang kreatif, dan inovatif dalam menghadapi situasi baru (KMB online atau PJJ). Membuat RPP 1 halaman yang kontekstual (tidak hanya copy paste), RPP yang sesuai dengan kondisi saat ini, dimana para siswa harus Belajar Dari Rumah (BDR). Jangan hanya sebagai syarat administrasi: pokoknya ada dan lengkap. Maka benar adanya, jika seseorang berada dalam suatu masalah, maka ia akan menjadi lebih kreatif untuk beraksi. Demikian juga para guru saat ini, harus lebih kreatif dalam mencari solusi dalam KBM online, baik secara pribadi dan secara tim kerja.

Demikian juga bagi orang tua di rumah, pasti saat ini memiliki pengalaman-pengalaman baru mencari solusi dalam pendampingan belajar siswa di rumah. Berkolaborasi dengan para guru di sekolah untuk mendampingi siswa dalam belajar.

Memasuki tahun pelajaran baru ini, sebagai guru saya katakan bahwa pemberian bekal bagi guru untuk melaksakan KBM online masih belum maksimal. Ibarat seorang anak yang diberi bekal makanan ketika akan sekolah, pasti akan merasa senang dan nyaman. Ibarat tentara yang akan menuju medan perang, jika dibekali dengan pelatihan dan senjata yang cukup pasti bersemangat dan penuh semangat. Demikian juga bagi para guru, untuk melaksanakan KBM online ini, jika bekal mereka cukup pasti siap. Namun kenyataannya, para guru kurang mendapat perhatian, harus berusaha mencari bekal sendiri untuk melaksanakan KBM online.

Bekal Pelatihan KBM Online

Setelah diputuskan bahwa daerah-daerah yang masih berada pada zona bahaya penyebaran virus Covid-19 harus melaksanakan KBM secara online/daring pada tahun pelajaran baru 2020-2021. Maka seharusnya langkah-langkah cepat harus dilaksanakan untuk memberikan bekal pelatihan bagi guru. Diimbangi dengan inisiatif dari para guru sendiri untuk mau belajar bagaimana cara, metode, media terbaik untuk bisa memberikan materi pelajaran secara online yang lebih menarik, berdasarkan pengalaman sebelumnya.

Mungkin saja, materi yang sudah dianggap baik disampaikan secara online oleh para guru, belum tentu sesuai dengan kondisi para siswa yang sedang belajar dari rumah. Karena tantangan belajar siswa di rumah juga banyak (mengantuk, bosan, malas, internet lemot, dsb).

Kenyataan, bekal bagi guru untuk melaksanakan KMB online pada tahun pelajaran baru ini masih dianggap kurang maksimal. Guru sendiri juga masih bingung dengan banyak hal: RPP 1 lembar, laptop dan HP yang kurang maksimal, internet yang terbatas, sampai-sampai mengajar di warung kopi demi internet gratis menjadi trend baru.

Menghadapi kondisi saat ini, para guru dituntut lebih aktif untuk saling belajar dan berbagi ilmu, media. Memaksimalkan fungsi KKG, dan MGMP untuk saling belajar satu dengan yang lain adalah salah satu cara untuk mencari solusi. Sayangnya, respon dari guru sangat kurang. Aktivitas diskusi di group whatsapp kurang maksimal, sebagai sarana komunikasi dan saling berbagi ide. Pertanyaan yang muncul di benak saya "rekan-rekan guru ini, sudah siap dengan materi dan media KBM online sehingga tenang-tenang saja, atau malah sebaliknya masih tetap bingung dengan media KBM online.

Baru-baru ini penulis mencoba membagikan media pelajaran online yang sudah diunggah di youtube ke group whatsapp MGMP, sekedar untuk memancing dan mengajak rekan-rekan guru agar mau berbagi dan sharing kreatifitas media KBM online. Tujuannya satu, mengajak para guru untuk saling berbagi ilmu, bukan cuma copy paste file, saling berdiskusi siapa tahu ada rekan guru yang masih kesulitan dalam hal media. Hasilnya, respon untuk saling berdiskusi dan berbagi ide-ide kreatif masih kurang.

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para guru dalam mencari bekal adalah dengan mengikuti webinar, belajar dari sumber-sumber lain (youtube, dll). Intinya guru harus mau dan jangan malu untuk belajar. Sehingga semakin memperkaya dan menambah wawasan para guru, dalam melaksanakan KBM online saat ini.

Bekal Semangat dan Sikap Percaya Diri

Mengajar di depan kelas Bersama para siswa (luring), tentunya tidak lagi menjadi masalah bagi para guru. Namun saat ini, dalam situasi khusus ini para guru harus mengajar di dalam ruang kelas kosong, atau di dalam satu ruangan kosong. Guru harus mengajar secara online, berbicara sendiri melalui berbagai aplikasi (google meet, zoom, video whatsapp group, dll), sementara para siswa berada di rumah, dan hanya muncul di layer HP/laptop/komputer. Kadangkala siswa juga masih malu-malu untuk diajak belajar online, sehingga yang terjadi malah videonya dinonaktifkan, sehingga yang muncul dan diajak bicara guru hanya emoticon lucu.

Dibutuhkan bekal semangat, keterampilan, dan sikap percaya diri bagi guru dalam melaksanakan KBM online. Guru harus mempersiapkan materi dan media, menjadi operator, dan harus bicara sendiri di depan layar HP/laptop/komputer. Jika tidak punya bekal public speaking, maka situasi KBM online pasti akan boring. Bisa-bisa sebagian besar siswa akan mematikan videonya dan sambil tiduran mendengarkan suara guru yang sedang menjelaskan materi. Perlu guru sadari bahwa murid jaman now (generasi millennial) memiliki ciri, antara lain (no gadget no life, suka dengan yang serba cepat dan instan, multitasking). Tantangan bagi guru dalam KBM online adalah gadget, jangan sampai siswa lebih memilih bermain games online sambil mendengarkan materi guru. Guru menjelaskan materi dengan bertele-tele, sehingga siswa merasa bosan dan menghabiskan kuota. 

Guru juga harus belajar untuk menjadi pribadi yang multitasking pada satu kesempatan bisa: mengajar, berbicara, menjadi operator KBM online secara bersamaan.

Semuanya itu harus ditunjang dengan adanya keterampilan, semangat belajar, dan sikap percaya diri dari guru. Jangan sampai guru malah bingung sendiri, ketika harus melaksanakan KBM online, karena bingung lalu keluar keringat dingin, akhirnya proses KBM atau interaksi dengan siswa menjadi tidak hidup dan menarik.

Guru dan perangkat KBM online (Sumber: Dokpri)
Guru dan perangkat KBM online (Sumber: Dokpri)

Guru = Dalang (Jangan Kehabisan Akal)

Guru adalah sosok "dalang" dalam pelaksanaan KBM online. Dalam pertunjukan wayang kulit, sosok dalang sangat menentukan sukses tidaknya sebuah pertunjukan wayang. Selain juga ditentukan oleh banyak faktor lain (pemain karawitan, sound sistem, sinden, dll). Sosok dalang harus memahami cerita (lakon) yang dibawakan, punya ciri khas sebagai dalang. Jangan lupa juga bahwa sosok dalang harus juga dilayani agar bisa menampilkan pertunjukan wayang dengan baik dan lancar (ada yang membantu menyiapkan tokoh-tokoh wayang, ada yang menyiapkan minum dan makanan, dll). Bahkan sosok dalang harus kuat menahan diri untuk tidak ke toilet saat dan selama pertunjukan wayang.

Demikian juga dengan guru, adalah "dalang" untuk menyampaikan materi bagi para siswa. Guru memiliki peran sentral, dibantu dengan berbagi faktor pendukung yang lain, agar KBM online dapat berjalan dengan baik. Selain melayani, guru juga harus mendapat pelayanan yang baik dan maksimal (sarana prasarana, pelatihan-pelatihan, jaminan K3K, dll), dan mendapat dukungan penuh dari banyak pihak (Diknas, Yayasan, orang tua, dll). Guru harus punya ciri khas, sehingga menarik minat siswa untuk belajar. Jangan sampai saat KBM secara luring situasi kelas dan guru tidak menarik, sekarang saat KBM daring/online situasi kelas online, metode, dan gurunya tambah tidak menarik, sehingga kuota siswa habis kurang maksimal. Haluuu....ini kelas online, jangan disamakan dengan KBM di kelas. Guru harus lebih kreatif, lebih berlari, keluar dari zona nyaman, bahkan harus rela bergadang kurang tidur untuk menyiapkan materi dan media KBM online agar menarik. Guru jangan loyo dan ngantuk, harus berani berkorban waktu, bergadang dan lembur Bersama sang dalang. Bagaimana jadinya jika dalam satu pertunjukan wayang kulit, sang "dalang" loyo, lemes, dan ngantuk. Pasti tidak menarik, dan akan ditinggal pulang para penonton. Demikian juga dengan guru, jika dalam menyampaikan materi: loyo, lemes, membosankan, kurang kreatif, maka coba tengok cctv di rumah siswa, atau tanya kepada orang tua, bagaimana sikap dan respon siswa saat belajar online?

Guru adalah "dalang" saat ini, maka jangan kehabisan akal, jangan kehabisan ide, dan cerita. Jangan monoton dalam KBM online, harus berani beda. Jangan hanya memberi tugas di google classroom, dengan batasan waktu kepada siswa dalam mengumpulkan tugas (siswa akan mendapat label: TERLAMBAT dalam mengumpulkan tugas karena setting batas waktu), tanpa mau tahu alasan siswa mengapa sampai terlambat mengumpulkan tugas.  Tanpa memberi penjelasan materi/tatap muka secara online, tanpa adanya variasi-variasi mengajar online lain yang menarik siswa (rela kuota habis untuk ikut pelajaran online).

Bekal Perlengkapan KBM Online:

HP dan Laptop/komputer

Dalam melaksanakan KBM online tahun pelajaran baru 2020-2021, maka para guru harus lebih intens dalam bercengkrama dengan dua alat canggih tersebut. Bahkan harus upgrade dengan versi terbaru, sehingga lebih mendukung pelaksanaan KBM online. Berdasarkan pengalaman beberapa teman, jika masih memakai HP android masih jadul, maka akan sedikit kesulitan. Demikian juga dengan laptop, jika masih memakai laptop yang versi lama dan jadul, apalagi memorinya penuh, maka akan sedikit menghambat pelaksanaan KBM online. Sebab berdasarkan pengalaman, HP dan laptop yang jadul akan sulit untuk mendukung/support jika dijodohkan dengan berbagai aplikasi untuk KBM online (alias lemot).

Mau tidak mau, para guru harus mau untuk mengusahakan sendiri dan menyiasati agar memiliki sarana pendukung yang lebih oke. Misalnya dengan berani untuk mengajukan pinjaman uang, mau bagaimana lagi, soalnya gaji guru lumayan hampir pas-pasan. Namun, bagi guru yang sudah tersertifikasi tentunya tunjangan yang diperoleh bisa digunakan untuk mendukung penyediaan/pembelian sarana tersebut.

Tripood

Alat ini cukup dibutuhkan dalam KBM online, khususnya untuk membantu guru dalam menempatkan posisi HP androidnya. Sehingga guru tidak perlu Lelah memegang HP. Juga saat membuat video atau melakukan komunikasi secara online memakai aplikasi zoom, atau google meet, dll. Harga juga terjangkau, bahkan dengan uang Rp.50.000, kita bisa mendapatkan barang yang lumayan bagus.


Koleksi Pribadi (sumber: Dokpri)
Koleksi Pribadi (sumber: Dokpri)

USB Pen Tablet

Alat ini cukup bagus untuk menunjang guru dalam melaksanakan KBM online, namun harganya cukup mahal. Alat ini bisa digunakan sebagai pengganti penggunaan kapur tulis atau spidol white board. Cara kerjanya cukup diinstal di komputer atau laptop, dan guru bisa menulis secara virtual yang akan muncul di layer komputer/laptop. Khususnya bagi guru-guru mata pelajaran matematika dan IPA yang perlu untuk menjelaskan materi dengan hitung-hitungan dan rumus-rumus.


USB Pen Tablet (Sumber: Dokpri)
USB Pen Tablet (Sumber: Dokpri)

Headset

Alat ini diperlukan dan cukup membantu guru untuk berkomunikasi secara virtual dengan para siswa, agar suara kita bisa lebih jelas didengar siswa dan sebaliknya. Guru juga bisa sedikit terlihat keren, saat mengajar memakai headset, jadi tidak perlu harus teriak untuk mengajar. Harga alat ini juga relatif murah, bisa juga memakai headset dari HP.

Aplikasi KBM Online

Banyak alternatif aplikasi yang bisa digunakan oleh guru dalam melaksanakan atau membuat media KBM online. Paket yang bisa penulis bagikan berdasarkan pengalaman saat ini adalah dengan menggunakan:

Google Classroom

Aplikasi ini tentunya tidak asing lagi digunakan oleh para guru, karena mudah untuk digunakan. Guru cukup memiliki akun gmail, dan belajar untuk mengoperasikannya. Namun aplikasi ini hanya untuk KBM online satu arah, guru mengirimkan file materi/tugas, dan siswa meresponnya dengan mengirimkan jawaban dari tugas yang diberikan.

Google Meet

Aplikasi ini cukup diminati oleh para guru untuk menunjang pelaksanaaan KBm online. Hampir sama seperti zoom, namun google meet tidak dibatasi waktu untuk penggunaannya (kecuali zoom yang berbayar). Guru cukup memiliki akun gmail, maka sudah bisa memakainya untuk KBM online secara virtual dengan para siswa.

Prosesnya operasionalnya jika guru sebagai host: tinggal masuk ke akun Google Meet -- rapat baru -- mulai rapat instan -- gabung sekarang -- salin info akses (kode Google Meet) -- bagikan kode ke group whatsapp siswa -- tunggu respon siswa untuk bergabung -- klik tanda terima bagi para siswa yang akan bergabung.

Aplikasi Google Meet juga bisa digunakan untuk mempresentasikan materi/media pelajaran (power point, video, dll), dengan cara klik tanda "presentasikan sekarang", maka para siswa bisa melihat materi yang kita berikan, sambil guru bisa menerangkan. Jangan lupa, jika siswa memakai HP android, maka harus terlebih dulu mengunduh aplikasi Google Meet dari play store dan menginstalnya. Namun jika memakai laptop/komputer + webcam, siswa cukup memiliki akun gmail, maka sudah bisa mengaksesnya.

Power Point

Power point pasti sudah sangat akrab dengan para guru, yang perlu menjadi catatan bagimana guru membuat tampilannya menjadi menarik, dengan poin-poin yang akan disampaikan.

Epic Pen

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, dan mudah untuk digunakan. Fungsinya hampir sama seperti bolpoint virtual, bisa untuk menulis, memberi tanda pada tampilan layer komputer atau laptop kita, sehingga kita bisa menjelaskan atau menyampaikan materi dengan lebih menarik kepada siswa.

YouTube

Guru bisa membuat akun YouTube melalui akun gmail. Fungsinya adalah untuk mengupload atau mempublikasikan materi atau video-video pembelajaran secara online. Sehingga bisa diakses oleh para siswa dengan mudah, bisa dimana dan kapan saja. Bahkan bisa dilihat sambil berlama-lama di toilet.

Guru cukup membagikan link video ke sosial media (FB, ig, WA group, dll), tentunya dengan memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak YouTube saat mengunggah sebuah video. Siapa tahu, nanti muncul guru yang sekaligus menjadi YouTuber terkenal dan mendapat penghasilan tambahan dari pihak YouTube, seperti Atta Halilintar, dan YouTuber terkenal lainnya, kan lumayan hehehe... (royaltinya nanti bisa dipakai untuk membantu bayar cicilan laptop dan HP). 


Video KBM Online dibuat dengan aplikasi OBS, diunggah ke YouTube (Sumber: Dokpri)
Video KBM Online dibuat dengan aplikasi OBS, diunggah ke YouTube (Sumber: Dokpri)


OBS

Aplikasi ini cukup mudah untuk dioperasionalkan, dan cukup keren (menurut saya) untuk membuat materi/video pembelajaran agar lebih menarik, interaktif, dan hidup. Nantinya video yang dihasilkan bisa diunggah di akun YouTube yang kita miliki.

Langkah-langkahnya adalah:

  • Instal program OBS
  • Link tutorial program OBS di YouTube
  • Jika sudah terinstal di laptop/komputer + webcam, buka program ini
  • Buka file materi pelajaran di power point dan mulai merekam video pembelajaran
  • Setelah selesai, buka akun YouTube, unggah file video (biasanya file tersimpan di bagian file video)

Quiz Online

Metode quiz online bisa digunakan sebagai alternatif agar kegiatan KMB online lebih menarik minat siswa. Quiz bisa ditempatkan di awal atau akhir kegiatan pelajaran. Macam-macam quiz online yang bisa diakses oleh guru secara gratis, antara lain: kahoot, mentimeter.com, who wants to be a millionare.

Berdasarkan pengalaman penulis, quiz tersebut bisa dimodifikasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan materi yang sudah kita ajarkan. Respon siswa pun sangat baik dan antusias dalam mengikuti quiz online ini.

Sebagai contoh beberapa modifikasi quiz online yang pernah penulis buat:

Screeshoot tampilan quiz mentimeter (Sumber: Dokpri)
Screeshoot tampilan quiz mentimeter (Sumber: Dokpri)

Screeshoot tampilan quiz who wants to be a millionare (Sumber: Dokpri)
Screeshoot tampilan quiz who wants to be a millionare (Sumber: Dokpri)
Ekstrakurikuler Online

Dalam situasi normal, tentunya tidak menjadi masalah bagi sekolah dan siswa dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Masalah/tantangannya sekarang adalah bagaimana dalam kondisi KBM online saat ini, siswa dan sekolah tetap bisa melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler secara online.

Mengapa kegiatan ini harus tetap dilaksanakan?, karena kegiatan inilah yang menarik bagi siswa untuk mengasah bakat/talenta. Tantangannya sekarang adalah bagaimana pihak sekolah bisa tetap melaksanakannya/memfasilitasinya secara online/daring. Basket, futsal, dan beberapa kegiatan ekstra lain, mungkin tidak bisa dilaksanakan secara online. Maka pihak sekolah harus mengkondisikan/membuat kebijakan tentang beberapa kegiatan ekstra yang bisa dilaksanakan secara online, antara lain: jurnalistik, komputer, Pramuka (wajib), dll. Kebijakan pemilihan esktrakurikuler tergantung pada situasi dan kondisi sekolah. Pihak orang tua dan siswa juga harus ikut memahami, bahwa akibat pandemic Covid-19 ini, mereka tidak bisa melaksanakan kegiatan ekstra seperti dalam situasi normal.

Pemadaman Listrik + Wifi Error

Akhirnya, berbagai langkah-langkah exstraordinary sekolah dan para guru dalam melaksanakan KBM online, dengan berbagai persiapannya, akan sangat tergantung dengan dua faktor tersebut. Semua persiapan akan terhambat jika terjadi pemadaman listrik di sekolah atau di rumah-rumah siswa. Demikian juga jika wifi sedang trouble baik di sekolah dan di rumah. Jika dua hal itu terjadi, hal apa yang harus dilakukan guru dan siswa? Silahkan dijawab menurut keyakinan masing-masing.

Selamat bertugas, guru adalah DALANG yang tidak akan kehabisan akal dan cerita.

Ibarat dalam permainan catur, guru perlu mengambil posisi sebagai seorang menteri. Agar mampu melangkah luar biasa ke berbagai arah, untuk mampu melaksanakan tugas dengan baik dalam aktivitas KBM online yang penuh tantangan.

Berkah Dalem

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun