Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Produktif melalui Kesepakatan Bersama

25 Februari 2024   08:51 Diperbarui: 25 Februari 2024   08:51 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Produktif melalui Kesepakatan Bersama

Oleh: Arfiani Yulianti Fiyul

Dalam upaya menciptakan lingkungan pembelajaran yang produktif dan inklusif, kesepakatan bersama antara guru dan siswa memainkan peran kunci.

Dengan melibatkan semua pihak dalam proses pembuatan kesepakatan, kita dapat membentuk fondasi yang kokoh untuk interaksi positif dan pembelajaran yang efektif di dalam kelas.

Membangun lingkungan pembelajaran yang produktif melalui kesepakatan bersama melibatkan beberapa langkah yang penting:

Satu, Partisipasi Aktif

Libatkan siswa dalam proses pembuatan kesepakatan kelas. Diskusikan bersama mereka tentang norma-norma dan harapan-harapan yang ingin ditetapkan dalam kelas.

Kedua, Keterlibatan Guru yang Aktif

Guru harus menjadi fasilitator dalam pembuatan kesepakatan kelas, mendengarkan pendapat siswa, memberikan arahan, dan membantu memfasilitasi diskusi.

Tiga, Transparansi

Pastikan bahwa kesepakatan kelas ditetapkan dengan jelas dan dipahami oleh semua pihak, baik guru maupun siswa. Ini dapat melibatkan menuliskan kesepakatan tersebut dalam bentuk dokumen yang dapat diakses oleh semua.

Empat, Konsistensi dan Kepatuhan

Penting untuk konsisten dalam menerapkan kesepakatan kelas yang telah ditetapkan. Siswa harus menyadari bahwa aturan-aturan tersebut berlaku untuk semua dan bahwa pelanggaran terhadap kesepakatan akan memiliki konsekuensi.

Lima, Penguatan Positif

Selain menegakkan aturan, penting juga untuk memberikan pengakuan dan penguatan positif ketika siswa mematuhi kesepakatan kelas. Ini dapat berupa pujian, penghargaan, atau bentuk penguatan positif lainnya.

Enam, Evaluasi dan Refleksi

Secara teratur, evaluasi dan refleksi terhadap kesepakatan kelas dapat membantu memastikan bahwa mereka tetap relevan dan efektif. Diskusikan dengan siswa tentang bagaimana kesepakatan tersebut memengaruhi lingkungan pembelajaran dan apakah ada perubahan atau penyesuaian yang perlu dilakukan.

Dengan membangun lingkungan pembelajaran yang didasarkan pada kesepakatan bersama, hal ini  dapat menciptakan ruang belajar yang aman, terstruktur, dan mendukung pertumbuhan serta pembelajaran bersama bagi semua siswa.

Dengan memperkuat komitmen terhadap kesepakatan bersama dan menjadikannya sebagai pusat komunikasi di kelas,  tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang produktif, namun juga mendorong pertumbuhan pribadi dan akademik setiap siswa secara berkelanjutan.

Cimahi, 25 02 2024

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun