Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Produktif melalui Kesepakatan Bersama
Oleh: Arfiani Yulianti Fiyul
Dalam upaya menciptakan lingkungan pembelajaran yang produktif dan inklusif, kesepakatan bersama antara guru dan siswa memainkan peran kunci.
Dengan melibatkan semua pihak dalam proses pembuatan kesepakatan, kita dapat membentuk fondasi yang kokoh untuk interaksi positif dan pembelajaran yang efektif di dalam kelas.
Membangun lingkungan pembelajaran yang produktif melalui kesepakatan bersama melibatkan beberapa langkah yang penting:
Satu, Partisipasi Aktif
Libatkan siswa dalam proses pembuatan kesepakatan kelas. Diskusikan bersama mereka tentang norma-norma dan harapan-harapan yang ingin ditetapkan dalam kelas.
Kedua, Keterlibatan Guru yang Aktif
Guru harus menjadi fasilitator dalam pembuatan kesepakatan kelas, mendengarkan pendapat siswa, memberikan arahan, dan membantu memfasilitasi diskusi.
Tiga, Transparansi
Pastikan bahwa kesepakatan kelas ditetapkan dengan jelas dan dipahami oleh semua pihak, baik guru maupun siswa. Ini dapat melibatkan menuliskan kesepakatan tersebut dalam bentuk dokumen yang dapat diakses oleh semua.
Empat, Konsistensi dan Kepatuhan
Penting untuk konsisten dalam menerapkan kesepakatan kelas yang telah ditetapkan. Siswa harus menyadari bahwa aturan-aturan tersebut berlaku untuk semua dan bahwa pelanggaran terhadap kesepakatan akan memiliki konsekuensi.
Lima, Penguatan Positif
Selain menegakkan aturan, penting juga untuk memberikan pengakuan dan penguatan positif ketika siswa mematuhi kesepakatan kelas. Ini dapat berupa pujian, penghargaan, atau bentuk penguatan positif lainnya.
Enam, Evaluasi dan Refleksi
Secara teratur, evaluasi dan refleksi terhadap kesepakatan kelas dapat membantu memastikan bahwa mereka tetap relevan dan efektif. Diskusikan dengan siswa tentang bagaimana kesepakatan tersebut memengaruhi lingkungan pembelajaran dan apakah ada perubahan atau penyesuaian yang perlu dilakukan.
Dengan membangun lingkungan pembelajaran yang didasarkan pada kesepakatan bersama, hal ini  dapat menciptakan ruang belajar yang aman, terstruktur, dan mendukung pertumbuhan serta pembelajaran bersama bagi semua siswa.
Dengan memperkuat komitmen terhadap kesepakatan bersama dan menjadikannya sebagai pusat komunikasi di kelas, Â tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang produktif, namun juga mendorong pertumbuhan pribadi dan akademik setiap siswa secara berkelanjutan.
Cimahi, 25 02 2024
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H