Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Produktif melalui Kesepakatan Bersama
Oleh: Arfiani Yulianti Fiyul
Dalam upaya menciptakan lingkungan pembelajaran yang produktif dan inklusif, kesepakatan bersama antara guru dan siswa memainkan peran kunci.
Dengan melibatkan semua pihak dalam proses pembuatan kesepakatan, kita dapat membentuk fondasi yang kokoh untuk interaksi positif dan pembelajaran yang efektif di dalam kelas.
Membangun lingkungan pembelajaran yang produktif melalui kesepakatan bersama melibatkan beberapa langkah yang penting:
Satu, Partisipasi Aktif
Libatkan siswa dalam proses pembuatan kesepakatan kelas. Diskusikan bersama mereka tentang norma-norma dan harapan-harapan yang ingin ditetapkan dalam kelas.
Kedua, Keterlibatan Guru yang Aktif
Guru harus menjadi fasilitator dalam pembuatan kesepakatan kelas, mendengarkan pendapat siswa, memberikan arahan, dan membantu memfasilitasi diskusi.
Tiga, Transparansi