Di Era Industri 5.0,  Bagaimana Kompetensi Sosial Dan Emosional Para Pendidik  Lembaga Pendidikan Dasar?
Oleh: Arfiani Yulianti Fiyul
Era Industri 5.0 ditandai dengan perkembangan teknologi digital, kecerdasan buatan, otomatisasi, dan konektivitas yang semakin mendalam.
Dalam konteks pendidikan, hal ini memiliki implikasi yang signifikan terhadap pendidik di lembaga pendidikan dasar.
Kompetensi sosial dan emosional menjadi semakin penting dalam menghadapi perubahan ini, karena kemampuan manusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia, mengelola emosi, dan membangun hubungan antarpribadi akan selalu relevan.
Sebaiknya, memperhatikan beberapa cara kompetensi sosial dan emosional pendidik menjadi penting di era Industri 5.0:
- Pembentukan Karakter dan Etika
Pendidik di era Industri 5.0 harus mampu membentuk karakter dan etika siswa yang kokoh. Mereka perlu mengajarkan nilai-nilai seperti etika digital, rasa hormat, integritas, dan tanggung jawab dalam menggunakan teknologi.
- Kemampuan Beradaptasi
Teknologi terus berkembang dengan cepat. Pendidik perlu memiliki kemampuan beradaptasi dengan perubahan teknologi dan mengintegrasikan alat-alat baru ke dalam proses pembelajaran.
Kemampuan ini juga memerlukan keterbukaan terhadap ide-ide baru dan perkembangan terbaru di dunia pendidikan.
- Kemampuan Kolaborasi
Di era Industri 5.0, kolaborasi menjadi lebih penting karena banyak pekerjaan dan masalah yang kompleks membutuhkan kerja tim.