Mohon tunggu...
Arfiani Yulianti Fiyul
Arfiani Yulianti Fiyul Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Indonesia

Tingkatkan Keterampilan Menulis Belajar Sepanjang Hayat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tujuan Komunikasi

28 Desember 2022   18:50 Diperbarui: 28 Desember 2022   19:04 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tujuan Komunikasi

Oleh : Dr. Hj. Arfiani Yulianti Fiyul., MM

Sobat pembaca, Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia terutama dalam kehidupan sosial karena tanpa komunikasi kita tidak dapat mengerti atau tidak dapat memahami satu sama lain. Adapun definisi dari komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami Bersama.

Komunikasi merupakan suatu proses exchange informasi antar individu melalui sebuah sistem yang biasa, baik dengan menggunakan simbol atau kode, sinyal-sinyal maupun perilaku atau tindakan.

Hal ini juga berarti hubungan atau kontak seseorang itu bisa terjalin apabila komunikasi ini berjalan dengan baik,  tujuan komunikasi bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan verbal maupun menggunakan non verbal.  Komunikasi adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh manusia sebagai syarat terjalinnya hubungan sosial guna bertahan hidup dalam kehidupan.

Sobat pembaca, alur dari komunikasi itu agar bisa berjalan baik apabila yang ada komunikator,  kemudian komunikatornya itu ada ide atau pesannya,  kemudian lalu mengirim ide dan pesan kepada komunikan sehingga komunikan itu dapat menafsirkan isi dari pesan tersebut. Dan yang paling penting ketika terjadi komunikasi harus terjadi umpan balik.  Jadi komunikasi yang efektif itu adanya ide dan pesan yang tersampaikan dan dapat ditafsirkan oleh komunikan sehingga terjadi komunikasi umpan balik.

Harapan yang terjadi dari suatu komunikasi, tujuannya adalah:

Pertama, ada perubahan sikap  atau attitude change

Kedua, ada perubahan pendapat atau opinion change

Ketiga, ada perubahan perilaku  atau behavior change

Keempat ada  perubahan sosial atau social change.

 Sobat pembaca, jadi komunikasi tidak hanya sampai pada informatif saja yaitu dengan hanya mengerti dan tahu akan tetapi juga persuasif yaitu orang lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan dan melakukan suatu perubahan atau kegiatan-kegiatan, maka keberhasilan komunikasi dari jika dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi itu.  

Kesamaan dan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan cara penyampaian pesan,  perilaku komunikasi dan situasi pada saat berkomunikasi. Semoga bermanfaat.

Penulis : Dr. Hj. Arfiani Yulianti Fiyul., MM

Cimahi, 28 Desember 2022

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun