Mohon tunggu...
arfanda siregar
arfanda siregar Mohon Tunggu... pegawai negeri -

medan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ngetweet demi Kenyamanan Ruang Publik

26 September 2015   16:42 Diperbarui: 27 September 2015   04:56 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Twitter Untuk Kenyamanan Ruang Publik

Oleh Arfanda Siregar

City Changer Indonesia

 

  Twitter Yang Digunakan  Ridwan Kamil Berkomunikasi Dengan Warga

 

   “ itulah knp saya percaya, bahwa ruang publik yg baik akan melahirkan generasi yg cerdas dan santun. lahir batin (tweet Ridwan Kamil).

 

            Ridwan kamil, Walikota Bandung memang paling tahu mengambil hati orang Bandung yang tekenal cerdas dan melek teknologi. Belum lagi, beliau membuat berbagai peraturan yang berfungsi membuat ruang publik di seantero kota bersahabat untuk semua kalangan.

            Dengan memanfaatkan twiteer, beliau mengajak langsung warga Bandung peduli atas kenyamanan dan kemanan ruang publik di seantero Paris Van Java.

            Project for Public Spaces in New York mendefinisikan ruang publik adalah bentuk ruang yang digunakan manusia secara bersama-sama berupa jalan, pedestrian, taman-taman, plaza, fasilitas transportasi umum (halte) dan museum.

            Biasanya, ruang publik digunakan untuk tempat-tempat pertemuan dan aktivitas bersama di udara terbuka. Ruang ini memungkinkan terjadinya saling interaksi antarwarga, seperti membuat kegiatan bersama, sehingga diistilahkan dengan ruang umum yang netral.

            Karena ruang publik merupakan milik bersama dan berkaitan dengan kenyamanan seluruh warga, maka eksitensi ruang publik berada di pundak seluruh elemen masyarakat. Atau dengan kata lain, pemerintah kota dan seluruh warga bersama-sama memelihara dan menjaga ruang publik dari tangan-tangan jahil, seperti pemilik modal, pemilik kekuasaan, dan oknum yang kerap “menjahili” ruang publik.

            

Oknum Politikus Yang Menjahili Ruang Publik

              Seperti di tengah euporia pilkada sekarang ini. Para politikus yang berambisi menjadi kepala daerah tak segan-segan memprivatisasi ruang publik  menjadi milik merek dagang, parpol dan peserta Pilkada 2015. Iklan luar ruang berwujud billboard, baliho, rontek, umbul-umbul, spanduk, dan poster mulai memadati ruang publik untuk menyuarakan kehendak hati sang calon kepala daerah.

         Warga sebenarnya muak dengan kondisi tersebut. Tapi, mau bagaimana? Akses warga untuk berkomunikasi kepada pemerintah kota mengalami hambatan. Pemerintah seolah menutup mata dan telinga atas berbagai persoalan publik yang berkaitan dengan kenyamanan kota.

            Di sinilah jejaring sosial mengambil tempat strategis sebagai kontrol dari masyarakat kepada para pembuat “sampah visual”. Warga kota dapat memanfaatkan  media sosial, seperti tweeter, facebook, instagram, dan lain sebagainya untuk melakukan perlawanan dari hegemonoi pemilik kuasa dan modal. Dan,  pemerintah yang baik tentu akan membuka saluran komunikasi dengan warganya, mendengarkan keluhan, menampung aspirasi, dan menginformasikan kebijakannya melalui jejaring  sosial yang tumbuh subur bak cendawan musim hujan di tengah publik.

           We Are Social, sebuah agen marketing sosial yang mengeluarkan laporan tahun 2015 menyebutkan bahwa terdapat 72,7 juta pengguna internet aktif di Indonesia, di mana hampir 100% penggunanya memiliki akun media social.  Indonesia adalah pengguna facebook ketiga terbesar setelah Amerika Serikat dan India. Sedangkan  pengguna twitter,  berada di posisi ketiga setelah Amerika Serikat dan Jepang.

          Fakta ini seharusnya memudahkan pemerintah kota dalam berinteraksi dengan warganya. Pemerintah kota hanya tinggal memaksimalkan fitur-fitur yang ada di media sosial untuk menyosialisasikan program-program yang hendak digulirkan kepada  warga.

         Dengan memanfaatkan twitter misalnya, pemerintah dapat membuat berbagai solusi ruang terbuka publik yang langsung menjembatani keluhan warga dengan pemerintah. Misalnya, berkaitan dengan sampah yang mulai menggunung di berbagai titik kota. Pemerintah dapat membuat hastag #sampah kota, yang tampilannya  berupa header photo twitter yang bergambar sampah. Warga tinggal mengetikkan saja di jalan mana sampah bertumpuk, sehingga pemerintah melalui Dinas Kebersihan bisa langsung meluncur ke lokasi sampah tersebut.

         Begitu juga dengan persoalan ruang terbuka lainnya, bisa dibuat hastag lain, seperti #coretan dinding, #macetkota, #jalan berlubang, #prostitusiterselubung, #kotatakramah anak ,#jalankota, #pedestariankota, #jalankota, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kenyamanan ruang publik.

        Dengan pemanfaatan jejaring sosial, pemerintah dapat memonitor berbagai permasalahan yang ada di kota. Warga pun bisa berkeluh kesah terhadap berbagai hal yang mengusik ruang publik kotanya, seperti tebaran sampah visual melalui #sampahvisualkota dan permasalahan lain seperti jalan berlobang, sampah, hutan beton,  dan sejenisnya.

        Bagaimanapun, ruang publik adalah milik bersama. Menjaga kenyamanan  ruang publik harus melibatkan seluruh pihak. Tidak bisa bertepuk sebelah tangan. Seyogyanya pemerintah kota di Indonesia mulai memanfaatkan jejaring sosial, seperti teitter sebagai sarana komunikasi untuk menjaga ruang publik agar bersih dari tangan-tangan jahil yang kerap memanfaatkan ruang publik untuk menggelar “dagangannya . Semoga.

 

 Aplikasi Twitter yang Dimanfaatkan Sebagai sSrana Komunikasi Dengan Warga

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun