Motor Lelaki yang dimaksud di sini adalah motor dengan kopling dan tangki BBM di depan sadel. Sebutan ini hanya mengacu karena pemakainya lebih banyak kaum lelaki. Bukan gender.
Salah satu kelemahan sepeda motor lelaki adalah mudah keroposnya tangki BBM. Terutama bagian dasar tangki. Bisa juga pada bodi tangki bagian samping.
Bila mobilitas pemakaian sangat tinggi biasanya umur 2 tahun tangki sudah keropos. Bila sehari tidak lebih dari 40 km bisa awet hingga 5-6 tahunÂ
Penyebabnya keroposnya tangki motor ada tiga hal.
Pertama masuknya atau merembesnya air lewat tutup tangki. Bisa air hujan maupun saat dicuci.
Kedua, BBM tidak sepenuhnya berupa minyak tetapi ada juga kandungan air sekalipun sedikit.Â
Kandungan air dalam tangki akan berubah menjadi uap yang dapat menyebabkan korosi atau karat sehingga plat tangki menjadi keropos. Inilah yang membuat plat tangki menjadi semakin tipis dan berlobang dan bocor. Jika ini terjadi pada saat mesin motor menyala maka bisa mengakibatkan kebakaran.
Ketiga, plat bahan tangki lebih tipis 0,1-0,2mm daripada tangki sepeda motor. Entah kenapa.
Tanda-tanda tangki keropos dan bocor.Â
Pertama ada bintik-bintik karat di balik sticker logo motor.
Kedua ada bintik-bintik kecil dari cat tangki yang menggelembung.
Ketiga tercium bau BBM yang merembes. Jika ini terjadi, rabalah bagian dasar tangki. Bila terasa basah berarti ada kebocoran.
Cara mencegah masuknya air pada tangki motor.
Pertama, saat mencuci motor hindari penyemprotan dan penyiraman pada bagian tangki. Cukup dibasuh.
Kedua, kuras paling tidak dua bulan sekali bila mobilitas motor tinggi. Atau paling tidak setiap 1000km.
Ketiga, kran BBM selalu dibuka posisi reserve. Ini mempunyai kelemahan yakni masuknya air dari dasar tangki langsung ke karburator atau sistem injeksi serta mengganggu sistem pengapian.
Keempat, bagian dalam tangki dilapisi resin. Cukup banyak hal yang melakukan ini. Namun jika pencampuran resin kurang tepat bisa menyebabkan lapisan resin luntur. Dan tentu saja bisa mengakibatkan masuk ke mesin sehingga bisa panas dan rusaknya stang seker dan seker.
Cara menangani tangki bocor.
Pertama, kosongkan dari BBM lalu lepas tangki, kran, dan indikator BBM. Biarkan 10-15 menit untuk mengeringkan dari BBM.
Kedua, bila sudah dianggap cukup kering ketuklah tangki untuk merontokkan karat yang masih menempel. Kemudian keluarkan karat dengan cara diambil dengan magnet batang.
Ketiga, bawa ke tukang tambal untuk dipatri. Biasanya yang ahli adalah tukang patri radiator mobil.
Saran:
- jika saat dibersihkan didapati karat selebar lebih dari 0,5 cm dan lebih dari dua titik artinya tangki motor betul-betul keropos. Sebaiknya ganti baru sebab beaya penambalan bisa lebih mahal dari harga tangki baru.
- jika masih bisa ditambal namun ada kemungkinan terjadi kebocoran. Maka pemilik sebaiknya membawa sabun batang atau sabun mandi untuk menambal sementara. Caranya, sabun diiris tipis 0,2-0,3 mm lalu basahi kemudian tempelkan dengan cara ditekan-tekan di tempat yang bocor. Jangan menggunakan deterjen sebab akan meleleh jika terkena panas atau air.
Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H