Mohon tunggu...
Ardilla Sundari
Ardilla Sundari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hubungan Internasional Potensi Utama Medan

Hallo, saya Dilla! Selamat datang di profil saya.

Selanjutnya

Tutup

Medan

Pengaruh Perlintasan Rel Kereta Api bagi Pengguna Jalan di Medan Tembung

4 Juli 2022   02:00 Diperbarui: 4 Juli 2022   08:10 935
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kereta api adalah salah satu alat tranpotasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia kususnya masyarakat yang berada di Medan. Hal ini disebabkan karena faktor lalu lintas di Indonesia terutama di Medan bisa di katakan sangat parah akan kemacetannya. 

Oleh karena itu kebanyakan dari masyarakat di Medan banyak yang memakai alat tranpotasi lain seperti kereta api, karena mudah di jangkau dan harganya pun lebih murah dari alat transpotasi lainnya seperti pesawat atau kapal.

Jalur perlintasan kereta api adalah jalur persilangan antara jalur kereta api dengan jalan raya penguna kendaraan bermotor, baik jalan raya ataupun jalan setapak kecil lainnya. 

Jalur persilangan kereta api pun dapat di temukan di desa ataupun diperkotaan. Jalur perlintasan kereta api terdiri dari perlintasan tak sebidang atau satu jalur dan perlintasan sebidang atau biasa orang sebut sebagai jalur ganda. 

Perlintasan tak sebidang adalah persilangan antara jalur kereta api dengan jalan raya contohnya seperti misal dengan flyover atau underpass. 

Perlintasan sebidang bisa dikatakan juga seperti persilangan antara jalur kereta api dengan jalan raya, yaitu di atas tanah. Persilangan ini banyak ditemukan di pedesaan yang meiliki arus lalu lintas pada jalan hal tersebut pun masih dikatakan jarang.

Transportasi jalan dan kereta api merupakan transportasi darat yang sangat dibutuhkan oleh pengguna jasa karena kedua transportasi tersebut berperan penting dalam mendukung aktivitas masyarakat, baik sebagai angkutan penumpang maupun barang. 

Keberadaan transportasi tersebut harus didukung oleh prasarana transportasi yang baik agar penyelenggaraan transportasi jalan dan kereta api dapat berjalan selamat, lancar dan cepat, nyaman, tertib, dan aman. Keberadaan perlintasan sebidang dapat menimbulkan berbagai masalah, diantaranya kemacetan dan kecelakaan. 

Kemacetan di perlintasan sebidang karena ditutupnya pintu perlintasan untuk mendahulukan perjalanan kereta api sehingga terjadi antrian kendaraan bermotor. 

Kemacetan di perlintasan sebidang dapat juga dipengaruhi oleh kondisi perpotongan jalan rel dengan jalan raya. Seperti contohnya yang terdapat di Jalan Simpang Jodoh, Medan Tembung. 

Dari hasil penelitian saya hal ini diakibatkan oleh kurangnya kesadaran dan kesabaran masyarakat atas lajunya kereta api di perlintasan itu. Ketika palang tertutup, masyarakat banyak yang menutupi jalan dengan melajukan kendarannya dekat dengan palang. 

Hal ini membuat jalur di sebelahnya menjadi tertutup (seperti satu jalur jadinya). Kemudian, ketika kereta api itu selesai melintas, maka terjadilah desakan para pengendara dengan pengendara lainnya dari arah yang berlawanan.

Penyebab lainnya yakni kecelakaan. Kecelakaan pada perlintasan sebidang adalah perilaku pengemudi yang kurang disiplin dan banyaknya perlintasan sebidang yang tidak memiliki palang pintu. 

Seperti yang terlihat di perlintasan kereta api di Jalan Padang, Medan. Perlintasan kereta api disana tidak memiliki palang atau pembatas antara pengguna transportasi lain (motor,mobil) dengan kereta api. 

img-20220410-170608-62c23cc4bb44861239334903.jpg
img-20220410-170608-62c23cc4bb44861239334903.jpg
Prasarana perlintasan masih terdapat beberapa kekurangan seperti: 

a. Pintu perlintasan yang tidak menutup seluruh lebar jalan, sehingga terdapat beberapa celah yang dapat mengundang minat pengguna lalu lintas angkutan jalan. 

b. Alat pengeras suara tanda kereta api akan lewat (speaker) di beberapa perlintasan tidak berfungsi dengan baik. 

c. Faktor kecelakaan yang terjadi pada pintu perlintasan kereta api lebih banyak dikarenakan faktor manusia, yaitu pengguna lalu lintas angkutan yang tidak disiplin dengan terus menerobos pintu perlintasan yang sudah atau sedang ditutup dan tidak memperdulikan tanda-tanda bahwa kereta akan lewat. 

2. Kemacetan lalu lintas angkutan jalan di sekitar perlintasan sebidang pada saat kereta api lewat terutama di lokasi Jalan Simpan Jodoh, Medan sudah pada batas kejenuhan karena lokasi ini selalu terdapat antrean panjang. Biasanya ini terjadi pada jam-jam sibuk di pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB-09.00 WIB, dan sore jam 16.30 WIB-19.00 WIB.

Solusi dari masalah-masalah yang terjadi di perlintasan rel kereta api yang saya sebutkan tadi adalah dengan adanya kesadaran masyarakat. Maka hal yang dapat membantu yaitu dengan menggunakan iklan. Iklan kreatif dapat menjadi iklan yang efektif dan dapat mengena langsung sasaran ketika iklan tersebut berbeda dengan iklan lainnya. 

Perbedaan tesebut bukan dilihat dari konsep cerita yang unik , tetapi terhadap pada konsep isi pesan yang berbeda. Pesan di dalam iklan layanan masyarakat, sangat berbeda dengan pesan yang ada di dalam iklan produk. 

Pada umumnya pesan yang ada di dalam iklan produk lebih mengutamakan factor dalam hal penjualannya saja, tetapi isi pesan di dalam iklan layanan masyarakat lebih mengedepankan pesan moral di masyarakat. Dan hal tersebut bisa dilihat pada iklan layanan masyarakat lalu lintas di perlintasan kereta api.sebagai contoh komparasi dimana ada ilkan layanan masyarakat yang menampilkan seorang ibu dan anak yang berada di dalam mobil yang ingin melintasi rel kereta api. 

Kementrian Perhubungan mengeluarkan iklan di televisi yang ditokohkan oleh seorang ibu dan anak. Iklan yang berdurasi 30 detik tersebut rata-rata di tampilkan distasiun televisi sebanyak 2 kali dalam sehari. 

Iklan tersebut berceritakankan sebuah mobil yang melaju ke arah perlintasan kereta api, di dalam mobil tersebut terdapat seorang ibu dan anak, karena sang anak itu mendengarkan music yang terlalu keras maka ibunya menegur dengan mengurangi volume musiknya dan berkata dengar tidak itu ada peringatan kereta api, harus berhenti dan berhati hati sekarang juga walaupun palang kereta belum turun dan harus melihat apakah ini jalur ganda atau tidak jadi harus berhati -- hati. 

Untuk perlintasan rel kereta api tanpa palang, solusinya ada di Dinas Perhubungan setempat untuk sekiranya memberikan :

a. Pemkot melalui Dishub Kota Medan berkoordinasi dengan PT.KAI untuk melengkapi rambu dan marka jalan raya di sekitar perlintasan jalan Padang sesuai dengan standar teknis yang berlaku. 

b. Pemasangan rambu dan marka harus mengikuti standar teknis yang ada dan menyesuaikan kondisi di lapangan agar terlihat jelas oleh pengguna jalan yang melintas. 

c. Di sekitar perlintasan kereta api jalan Padang perlu diberi papan peringatan tambahan sebagai stimulus psikologis kepada pengguna jalan yang melintas yang berisi mengenai sanksi pelanggaran rambu dan marka di jalan raya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun