SEO On-Page pada umumnya dapat diartikan sebagai cara atau praktik dalam mengoptimalkan suatu website dengan tujuan mendapatkan peringkat tertinggi dan mendapatkan organik di mesin pencarian. Mudahnya atau secara simplenya 'cara menyulap suatu website berapa posisi paling atas di mesin pencari "Google".
Apakah saat ini Anda ingin meningkatkan visibilitas mesin telusur situs web Anda dan menarik lalu lintas organik yang baik? Tidak perlu khawatir! Dalam panduan komprehensif ini, Saya akan memberikan taktik penting SEO On-Page yang akan membantu Anda mengoptimalkan situs web serta meningkatkan peringkat pencarian. Ayo baca sampai selesai artikel berikut ini!
1. Halaman
Taktik SEO On-Page yang pertama adalah halaman. Beberapa elemen yang berkontribusi membantu para pengunjung adalah halam web Anda. Beberapa faktornya seperti kecepatan saat memuat halaman, interaktivitas dan stabilitas visual. Beberapa data web inti bisa meliputi:
- Mengukur seberapa cepat gambar dan teks di render di halaman web -> Largest Contentful Paint (LCP).
- Mengukur interaktivitas, seberapa cepat pengunjung dapat berinteraksi dengan halaman -> First Input Delay (FID).
- Mengukur stabilitas visual untuk mencegah adanya perubahan tiba-tiba pada tata letak website Anda.
Beberapa hal tersebut termasuk sangat penting untuk memberikan pengalaman positif ke para pengunjung terhadap web Anda.
2. Kesegaran Konten
Meskipun tidak semua topik memerlukan konten baru, memperbarui dan menyegarkan situs web Anda secara teratur sudah membantu menunjukkan relevansi.
Konten yang tidak terpelihara atau usang dapat dianggap berkualitas rendah oleh mesin telusur. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga keseimbangan antara membuat konten baru dan mempertahankan konten yang sudah ada.
Alokasikan waktu Anda dan sumber daya untuk kedua aspek, hal ini bertujuan agar situs web Anda tetap mutakhir dan menarik setiap harinya.
3. Membuat Konten yang Berkualitas
Taktik penting SEO On-Page lainnya yaitu konten yang berkualitas.
Membuat konten berkualitas tinggi adalah hal wajib. Meski saat ini belum banyak panduan pasti apa yang dimaksud konten berkualitas, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan:
- Membuat konten dengan menjawab pertanyaan setiap pelanggan lebih baik dan lebih cepat dari para kompetitor dan berikan informasi yang berharga dan menarik.
- Sertakan riset, opini, data dan gambar asli untuk meningkatkan nilai konten Anda.
- Masukan fakta dan kutip sumber terpercaya dan ternama untuk memastikan akurasi dan kredibilitas konten.
- Berikan kata yang menarik, seperti "Uang Kamu atau Hidup Kamu", dimana akurasi adalah hal yang terpenting.
Dengan membuat konten yang jauh lebih baik dari kompetitor Anda, peluang untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian akan lebih banyak.
4. Penulisan
Memastikan bahwa konten yang Anda buat mudah dimengerti dan berhubungan dengan audiens target Anda. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa Anda jadikan rekomendasi untuk meningkatkan penulisan dan keterbacaan:
- Tulis dengan cara yang jelas dan ringkas, menggunakan bahasa yang sesuai dengan target audiens Anda.
- Sesuaikan tingkat penulisan konten agar mudah dimengerti audiens.
- Menganalisa hasil penelusuran, artinya melihat tingkat rata-rata SEO yang digunakan oleh situs web yang sudah berperingkat atas untuk mendapatkan kueri yang tertentu yang Anda butuhkan.
Nah dengan fokus pada penulisan dan keterbacaan, Anda akan mendapatkan pengalaman yang baik dari para pengunjung yang akan mendorong mereka untuk menjelajahi lebih banyak situs web Anda.
5. Optimasi Kata Kunci
Optimalisasi kata kunci tetap menjadi aspek penting dari SEO on-page.
Meskipun konten harus dioptimalkan secara alami, mengutak-atiknya dengan kata kunci yang baik dapat meningkatkan relevansinya. Beberapa contohnya seperti berikut:
- Misalkan seseorang mencari 'topi' tertentu yang relevan dengan situs web Anda.
Jika halaman web Anda menyertakan kata kunci yang tepat dan volume yang besar, seperti topi unik, topi warna hitam, topi kekinian, topi pria dan lainnya. Anda bisa meningkatkan peluang peringkat lebih tinggi dari kompetitor Anda.
6. Experience, Expertise, Authority, and Trust (E-E-A-T)
Untuk membangun situs web yang berkualitas, sangat penting untuk membangun pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan (E-E-A-T).
Pedoman Penilai Kualitas Pencarian Google menekankan pentingnya faktor-faktor ini. Pertimbangkan hal berikut:
Dapat dipercaya: Pastikan situs web Anda akurat, jujur, aman, dan andal, disesuaikan dengan kebutuhan spesifik audiens Anda.
Pengalaman: Bagikan pengalaman langsung terkait konten Anda, tunjukkan keahlian dan pengetahuan Anda.
Otoritas: Bangun reputasi merek Anda sebagai sumber daya masuk di bidang Anda, menjadi otoritas terpercaya.
Dengan menyelaraskan hal tersebut, Anda telah membangun kepercayaan para pengguna dan mesin telusur, Anda telah meletakkan dasar yang kokoh untuk kesuksesan SEO.
7. Optimalkan Gambar
Mengoptimalkan gambar di halaman web Anda adalah sesuatu yang terbilang penting untuk meningkatkan pengalaman para pengunjung serta menarik traffic di Google. Beberapa contohnya:
- Gunakan teks alt deskriptif dan nama file yang tepat untuk gambar Anda.
- Optimalkan gambar ukuran untuk waktu pemuatan yang cepat.
- Terapkan beberapa sumber terstruktur untuk gambar guna memberikan konteks tambahan ke mesin telusur.
Dengan mengoptimalkan gambar Anda, Anda dapat meningkatkan visibilitasnya, meningkatkan aksesibilitas, dan meningkatkan pengalaman para pengunjung secara keseluruhan.
8. Tag Judul
Tentu juga sangat penting. Tag judul memainkan peran dalam mengatur konten Anda dan membantu mesin telusur memahami hierarki dan struktur laman web. Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan:
- Gunakan tag heading (H1, H2, H3, dll.) mirip dengan garis besar makalah penelitian.
- Tag H1 harus unik, menarik dan sesuai dengan topik halaman.
- Batasi penggunaan beberapa tag H1, terutama pada halaman web informasi.
- Gunakan tag judul berikutnya (H2, H3, dll.) untuk menunjukkan sebagian isi konten.
Dengan memanfaatkan tag heading secara efektif, Anda bisa mempermudah mesin telusur dan pengunjung situs web untuk menavigasi dan memahami konten Anda.
9. Alt Text
Taktik penting SEO On-Page untuk mengoptimalkan situs web selanjutnya adalah alt text.
Alt text terkadang yang sering diabaikan dan disalah pahami. Padahal, alt text termasuk peran penting dalam web.
Dengan memberikan alt text yang informatif untuk gambar, Anda dapat meningkatkan aksesibilitas bagi pengguna yang mengalami kurangnya penglihatan akan tulisan yang terlalu kecil.
10. Meta Tag
Meta tag memainkan peran penting dalam mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari. Saat membuat meta tag, Anda bisa mempertimbangkan hal berikut:
- Sertakan tag judul asli dan meta deskripsi untuk setiap halaman.
- Konfigurasikan tag dengan benar di bagian awal halaman.
- Membuat artikel menarik dan sesuai kata kunci yang membujuk para pengunjung untuk mengklik ke laman web Anda.
- Sertakan kata kunci yang paling baik dengan cara alami serta relevan.
- Pertimbangkan panjang optimal untuk tag judul, biasanya antara 35 hingga 55 karakter.
Meski terkadang Google bisa menulis ulang judul dan meta deskripsi, Anda dapat memastikan kembali bahwa tag yang dibuat sudah sesuai karena dapat  rasio klik-tayang dan visibilitas halaman web Anda.
11. Video
Konten video saat ini sudah mulai penting untuk SEO. Google sering kita perhatikan memasukan video Youtube di dalam hasil pencarian, terutama beberapa keyword tutorial, ulasan dan lain sebagainya. Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:
- Optimalkan video di Youtube, salah satunya menargetkan kata kunci yang relevan.
- Sematkan konten video di halaman web utama Anda untuk melibatkan para pengunjung berpotensi menambah pembelian.
- Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan situs website Anda dapat diakses oleh semua pengguna, termasuk penyandang disabilitas.
12. Data Struktur SEO
Taktik SEO On-Page selanjutnya yaitu data struktur. Memformat konten Anda dengan baik agar dapat meningkatkan pengalaman pengunjung dan pemahaman mesin penelusuran. Beberapa hal seperti berikut:
- Berikan ringkasan di dengan bagian awal artikel Anda.
- Sertakan daftar isi di bagian atas halaman web.
- Memanfaatkan navigasi yang rumah dan berurut.
- Manfaatkan judul dan subjudul yang berisi kata kunci atau istilah yang tepat.
Salah satu hal ini bertujuan agar terorganisir dan meningkatkan keterbacaan pemahaman mesin telusur.
13. Skema
Menerapkan skema dengan menggunakan panduan Schema.org memberikan konteks ke mesin pencarian dan menyempurnakan tampilan di hasil penelusuran. Google akan efektif menerapkan data terstruktur Anda.
14. Wawasan SEO
Untuk mencapai hasil yang optimal dengan taktik SEO Anda, penting menggunakan beberapa tools yang Anda kuasai. Hal ini bertujuan untuk menyempurnakan seluruh meta tag, keterbacaan konten, kata kunci dan lain sebagainya.
Dengan menerapkan 14 taktik SEO di artikel ini, Anda mendapatkan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari situs web Anda dan menarik traffic organik yang berharga.
Terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H