Sekali lagi, lagu kebangsaan Indonesia kembali berkumandang kala Timnas Esport Indonesia berhasil menjuarai turnamen Esport Asian Cup 2024 yang diadakan di Qatar pada 5 Februari 2024 lalu .Â
Mampu menumbangkan Timnas Jepang lewat hasil akhir dramatis dengan skor 2-1 di babak final serta memastikan kemenangan mutlak 2-o Indonesia atas negeri berjuluk samurai biru tersebut memastikan nama Indonesia di ajang esport kembali diperhitungkan di kancah dunia.
Jika kita berbicara melalui sisi pandang pengalaman, tentu hasil yang didapat tim yang dikomandoi oleh Zeus Faidan tersebut tak serta merta muncul begitu saja. Ada proses panjang yang harus dilalui mulai dari pembinaan jenjang bawah, kompetisi masing-masing region daerah, nasional, pencarian bakat, pemusatan latihan hingga masuk pada tahap seleksi akhir untuk menentukan mana pemain yang layak diikutsertakan pada ajang E-AFC tahun ini.
Lantas, sudah sampai manakah perkembangan esport di Indonesia, dan apa saja tantangan yang kerap dihadapi dalam melakukan pembinaan esport di Indonesia?
Perkembangan esports di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa faktor yang mendukung pertumbuhan ini termasuk peningkatan aksesibilitas internet, peningkatan jumlah perangkat gaming, serta dukungan dari pemerintah dan perusahaan. Berikut adalah beberapa aspek perkembangan esports di Indonesia:
Turnamen dan Kompetisi: Semakin banyak turnamen esports yang diadakan di Indonesia, baik tingkat nasional maupun internasional. Turnamen ini melibatkan berbagai permainan seperti Dota 2, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire. Peningkatan jumlah turnamen ini telah memberikan kesempatan kepada pemain lokal untuk bersaing dan menunjukkan kemampuan mereka.
Peningkatan Infrastruktur: Adanya peningkatan infrastruktur internet di berbagai wilayah Indonesia telah membantu meningkatkan pengalaman bermain game online dan mengikuti turnamen. Pemain sekarang memiliki akses yang lebih baik ke koneksi internet yang cepat, memungkinkan mereka berpartisipasi dalam permainan daring tanpa gangguan.
Pendukung dan Sponsorship: Banyak perusahaan dan merek lokal maupun internasional mulai mendukung esports di Indonesia. Sponsorship ini melibatkan perusahaan-perusahaan besar yang melihat potensi pasar dan audiens yang besar dalam industri ini.
Pendidikan dan Pelatihan:Â Beberapa institusi pendidikan dan organisasi telah mulai menyadari potensi industri esports. Beberapa di antaranya menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan untuk mencetak pemain profesional, manajer tim, dan kreator konten esports.
Penyiaran dan Media: Ada peningkatan signifikan dalam penyiaran dan liputan media terkait esports. Beberapa stasiun televisi dan platform streaming online mulai menyiarkan turnamen esports besar, menjadikan esports semakin populer di kalangan masyarakat.
Klub dan Tim Esports: Banyak klub dan tim esports profesional telah dibentuk di Indonesia. Mereka memiliki pemain-pemain berkualitas tinggi dan berpartisipasi dalam berbagai turnamen baik di dalam maupun luar negeri.
Pengembangan Game Lokal: Beberapa pengembang game lokal mulai menciptakan permainan yang berpotensi populer di dunia esports. Ini menciptakan peluang baru bagi pemain Indonesia untuk bersaing di tingkat global.
Regulasi dan Dukungan Pemerintah: Pemerintah Indonesia mulai menyadari potensi ekonomi dan budaya esports. Beberapa inisiatif dan dukungan telah diberikan, meskipun perlu terus ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi pertumbuhan esports.
Perkembangan ini menunjukkan bahwa esports tidak hanya menjadi hobi, tetapi juga merupakan industri yang berkembang pesat di Indonesia, menciptakan peluang baru bagi pemain, pelatih, penyiar, dan para profesional esports lainnya.
Tantangan Pengembangan Esport di Sekolah-Sekolah di Indonesia
Perkembangan esports di sekolah-sekolah telah menjadi tren positif di Indonesia. Banyak sekolah mulai menyadari potensi pendidikan dan pengembangan karakter yang dapat diberikan melalui kegiatan esports.Â
Beberapa sekolah telah membentuk tim esports resmi, memberikan siswa kesempatan untuk berpartisipasi dalam turnamen dan kompetisi antar-sekolah.Â
Aktivitas esports tidak hanya membantu siswa mengembangkan keterampilan bermain game, tetapi juga mengajarkan mereka nilai-nilai seperti kerjasama tim, strategi, manajemen waktu, dan kepemimpinan.
Selain itu, beberapa sekolah juga mengintegrasikan aspek pendidikan formal dengan esports, seperti mengadakan kelas atau program pelatihan yang terkait dengan industri ini. Ini mencakup pembelajaran tentang manajemen acara, produksi konten, analisis permainan, dan aspek lainnya yang terkait dengan esports.Â
Dengan demikian, sekolah-sekolah tidak hanya melihat esports sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan yang relevan untuk masa depan.
Pentingnya pengembangan esports di sekolah-sekolah juga tercermin dalam meningkatnya turnamen dan liga antar-sekolah yang diadakan di berbagai tingkatan. Ini tidak hanya memberikan siswa kesempatan untuk bersaing secara sehat, tetapi juga memperluas jaringan sosial mereka dan membangun rasa identitas sekolah melalui prestasi dalam esports. Dengan terusnya dukungan dan kesadaran terhadap manfaat pendidikan dari esports, diharapkan perkembangan ini dapat terus berkembang di masa depan.
Meskipun perkembangan esports di sekolah-sekolah di Indonesia mengalami kemajuan, masih ada sejumlah tantangan yang perlu diatasi agar pengembangan ini dapat berlangsung lebih efektif. Berikut adalah beberapa tantangan utama:
1) Kurangnya Pengetahuan dan Pemahaman:Â Beberapa pihak, termasuk orang tua dan guru, mungkin belum sepenuhnya memahami potensi positif dari esports. Pengetahuan yang terbatas tentang manfaat pendidikan dan keterampilan yang dapat dikembangkan melalui esports dapat menjadi hambatan dalam mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak terkait.
2) Kesulitan Mendapatkan Dukungan Finansial: Pendanaan untuk infrastruktur esports, peralatan, dan pelatihan dapat menjadi tantangan, terutama di sekolah-sekolah dengan anggaran terbatas. Dukungan finansial dari pihak sekolah, pemerintah, atau mitra industri perlu ditingkatkan untuk memastikan kelangsungan kegiatan esports.
3) Infrastruktur dan Aksesibilitas: Sejumlah sekolah mungkin mengalami kendala infrastruktur, terutama dalam hal akses internet yang cepat dan perangkat keras yang memadai. Infrastruktur yang kurang memadai dapat membatasi kemampuan sekolah untuk menyelenggarakan turnamen dan melibatkan siswa secara maksimal.
4) Kurangnya Pelatih dan Pendukung Ahli: Menyediakan pelatih dan pendukung yang memiliki pemahaman mendalam tentang esports serta keterampilan manajerial dan pelatihan dapat menjadi tantangan. Pelibatan profesional esports atau pengembang permainan untuk memberikan panduan dan pembimbingan dapat membantu mengatasi hal ini.
5) Integrasi dengan Kurikulum Formal:Â Meskipun beberapa sekolah telah mulai mengintegrasikan esports ke dalam program pendidikan formal, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk memastikan bahwa kegiatan ini benar-benar mendukung kurikulum dan membantu siswa mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan masa depan.
6) Pentingnya Keseimbangan dengan Kegiatan Lain: Siswa perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya keseimbangan antara waktu yang dihabiskan untuk esports dan kegiatan lain, termasuk tugas sekolah, kegiatan fisik, dan interaksi sosial.
7) Tantangan Dalam Penyelenggaraan Turnamen:Â Penyelenggaraan turnamen esports di antara sekolah-sekolah dapat melibatkan beberapa tantangan, seperti penjadwalan yang sulit, pemilihan aturan yang adil, dan koordinasi logistik. Diperlukan kerja sama yang baik antar sekolah dan pihak terkait untuk mengatasi hal ini.
Dengan mengatasi tantangan-tantangan ini, pengembangan esports di sekolah-sekolah di Indonesia dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa dan membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan beragam.
#SalamLiterasi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H