YOGYAKARTAÂ -Â
Kemajuan media serta Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada di Indonesia, membuat muncul berbagai platform baru untuk menyalurkan bakat kita dalam membuat sebuah konten, jadi seorang konten creator sekarang bersifat lebih luas, dan lebih banyak opsi dalam memanfaat kan media atau platform yang ada. Sehingga membuka peluang bagi siapa pun, untuk menjadi seorang Konten Kreator.
Pengalaman saya, sebagai seorang Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, jurusan Ilmu Komunikasi, di lingkungan sekitar saya kebanyakan memilih untuk menjadi konten creator untuk mengisi waktu luang mereka atau waktu kososng mereka jika tidak ada kegiatan perkuliahan atau lain sebagainya. Mereka menjadi konten creator di berbagai media dan platform yang ada. Namun yang paling sering kita temukan adalah pembuatan konten desain grafis (Konten Visual) dan yang kedua adalah konten video di platform yang sudah lumayan besar dan terkenal yaitu Youtube, Instagram, dan Tiktok. Bahkan tak sedikit dari mereka yang sudah dapat menghasilkan uang dari platform – platform tersebut.
Namun, ternyata untuk menjadi seorang konten creator di Indonesia tidaklah mudah, dan banyak sekali rintangan yang harus di lalui, apalagi bagi kita (anak muda) yang baru memulai dan tidak memiliki basic sama sekali. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, karena semakin banyak nya konten creator yang ada di Indonesia dan semuanya memiliki atau membuat konten – konten yang menarik dan kreatif. Hal ini lah yang membuat kita harus lebih kreatif dalam membuat atau menyajikan konten – konten yang menarik bagi Masyarakat Indonesia.
Selain, itu banyak sekali aspek – aspek yang harus di perhatikan sebelum kita memilih untuk menjadi seorang Konten Kreator di Indonesia.
1. Â Fokus .
Seorang Konten Kreator harus dapat berpikir terbuka dalam memilih dan menentukan konten apa yang ingin mereka buat. Karena, jika kita belum mengetahui konten apa yang ingin kita buat, akan sangat sulit untuk proses kedepannya. Fokuskan kepada 1 ruang Lingkup Pembahasan sehingga tidak sulit dalam menentukan tema hingga audiens konten kita nanti.
2. Mental
Di Indonesia yang terkenal dengan memiliki netizen atau masyarakat - masyarakat online yang senangnya menghujat dan merendahakan karya orang lain. Menjadi alasan yang logis jika seorang Konten Kreaoto yang ada di Indonesia haruslah memiliki mental baja dan kuat, ndan tentu harus tetap berkarya, teguh , dan selalu konsisten tanpa menghiraukan komentar - komentar negative yang ada.
3. Update
Seorang konten creator dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan atau pun trend yang ada di lingkungan sekitar atau ruang lingkup yang lebih luas. Karena, biasanya masyarakat atau audiens lebih suka membaca atau mengkonsumsi konten yang sedang ramai di perbincangkan di media – media social. Sehingga dengan begitu audiens akan menganggap kita eksis dan selalu update dalam menyajikan sebuah konten.
4. Berpikir Positif
Dalam menyajikan atau membuat sebuah Konten, seorang Konten Kreator tentu harus mencari referensi dan melakukan riset terkait konten apa yang akan dibuat dan dibahas nantinya, maka dari itu sebagai Konten Kreator harus dapat berpikir terbuka dan postif dalam memikirkan segala aspek dan kebutuhan dalam proses pembuatan konten.
5. Komitmen
Seorang Konten Kreator, di haruskan memiliki sifat yang tak mau kalah dan selalu punya keinginan untuk berkembang, dan salah satu hal yang melandasi itu semua adalah sebuah Komitmen dalam Bekarya, dan komitmen utnuk selalu menghasilkan atau membuat karya -karya yang menarik dan berkualitas. Dan, tentu karya - karya tersebut dapat bermanfaat bagi banyak orang.
Jika, Di lihat dari perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang ada di Indonesia, baik itu dari segi Perangkat, Media atau Platform, hingga ke perkembangan Jaringan Internet. Sudah sangat memadai dan berpotensi untuk membantu kita dalam menjadi seorang Konten Kreator. Semua tergantung ke kita lagi, ke pribadi atau individu masing, bagaimana cara memanfaat kan berbagai kemujuan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang ada di Indonesia. Intinya untuk menjadi seorang konten creator, Jangan takut untuk mulai berkarya, dengarkan saran dan kritik dari orang lain, tetapi jangan sampai hal itu (saran atau kritik) malah membuat kita terpuruk, ambil yang baik dan buang yang buruk. Membuat serta menyajikan konten yang bermakna dan berkualitas, dan buatlah karya sesuai dengan batas kemampuan kita masing – masing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H