1. Tulis Bio yang Menarik
Hal pertama yang dilihat siapa pun ketika mereka mengunjungi profil kalian adalah bio kalian dan oleh karena itu ini adalah bagian penting dari membuat kesan pertama pada audiens kalian. kalian perlu menulis bio Instagram yang menarik untuk mendorong orang untuk mengikuti kalian.
Terlepas dari dasar-dasar seperti menambahkan detail kontak dan tautan situs web kalian, kalian juga harus menceritakan kisah merek kalian dengan cara yang menarik. Cukup mengatakan jenis bisnis apa yang kalian miliki tidak akan membuat kalian menonjol. kalian perlu memberi orang alasan untuk terhubung dengan merek kalian dan mengikuti kalian.
2. Kembangkan dan Pertahankan Kepribadian Merek Instagram yang Unik
Feed Instagram kalian adalah hal berikutnya yang akan dilihat oleh seseorang yang mengunjungi profil kalian setelah bio Data kalian. Dan, kesan yang didapat pengguna dengan melihat feed kalian penting dalam menentukan apakah mereka menyukai merek kalian atau tidak.
Penting juga untuk menjaga konsistensi dalam warna, jenis posting, dll karena inilah yang menentukan kepribadian merek kalian. Dan, seharusnya sedemikian rupa sehingga jika ada yang melihat posting kalian, mereka harus segera mengaitkannya dengan merek kalian.
3. Gunakan Hashtag yang Relevan
Menggunakan tagar adalah cara yang dicoba dan diuji untuk menjangkau lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram. kalian perlu meneliti hashtag mana yang sedang tren di niche kalian dan yang relevan untuk merek dan konten kalian. Kemudian gunakan campuran hashtag ini untuk semua konten Instagram kalian untuk menjangkau orang-orang yang mengikuti tagar tersebut.
Perlu diingat, untuk sedikit mencampurnya dan menggunakan tagar yang populer, serta tagar khusus yang benar-benar dapat menonjolkan sebuah postingan. Instagram memungkinkan kalian menambahkan hingga 30 hashtag untuk setiap posting dan kalian harus menggunakan fitur ini untuk keuntungan kalian
4. Buat dan Promosikan Hashtag Bermerek Anda Sendiri
Selain menggunakan tagar populer, kalian juga dapat membuat dan mempromosikan hashtag kalian a sendiri. Ini bisa khusus untuk merek kalian atau bahkan campaign tertentu. Tagar khusus merek adalah cara yang baik untuk meningkatkan kehadiran Instagram kalian dan mempromosikan campaign kalian
Dengan membuat hashtag khusus campaign, kalian juga dapat mendorong orang untuk menggunakannya dalam konten Instagram mereka. Ini memberi kalian konten gratis yang dihasilkan pengguna serta publisitas, yang dapat membantu kalian menjangkau lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak pengikut.
5. Optimalkan Keterangan Anda
Keterangan postingan Instagram kalian memberi kalian kesempatan untuk melibatkan pemirsa kalian saat ini dan bahkan mendorong mereka untuk merujuk kalian ke teman-teman mereka. Jadi, mengapa tidak menggunakan kesempatan itu untuk keuntungan kalian
Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan dengan keterangan Instagram kalian seperti menandai orang, mengajukan pertanyaan, memulai percakapan, dll. Semakin kalian mendorong audiens kalian untuk berkomentar, semakin besar kemungkinan mereka akan mengundang teman-teman mereka untuk bergabung dalam diskusi.
kalian juga dapat memberikan diskon atau penawaran dan meminta pengikut kalian untuk menandai teman-teman mereka dan mempromosikan penawaran itu. Perlu diingat untuk menceritakan kisah di balik gambar atau video yang kalian bagikan karena itu akan mendapatkan lebih banyak keterlibatan.
6. Berpartisipasi dalam Percakapan Populer
Kami sarankan untuk kalian yang seharusnya tidak hanya memicu percakapan tetapi juga berpartisipasi di dalamnya.
Jika ada diskusi yang dimulai oleh seseorang di niche kalian yang diminati orang, ada baiknya kalian berkomentar dan bergabung. Siapa yang tahu? Beberapa orang mungkin terkesan dan memutuskan untuk memeriksa profil kalian dan mengikuti kalian.
7. Pantau Foto Anda yang Ditandai
Mempertahankan reputasi yang baik sangat penting jika kalian ingin mendapatkan dan mempertahankan lebih banyak pengikut. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengawasi jenis postingan yang menandai merek kalian. Orang-orang bisa melihat semua postingan yang menandai kalian dari profil Instagram kalian. Jadi, penting untuk memantau siapa yang menandai kalian dan dalam jenis posting apa.
Untuk melakukan ini, kalian dapat menggunakan fitur "edit tag" atau mengubah pengaturan sehingga hanya postingan yang kalian setujui yang ditampilkan di postingan bertag kalian.
8.Gunakan Hashtag lokal
Tagar lokal juga memecahkan tujuan yang sama, di mana kalian dapat menjangkau orang-orang lokal yang tertarik pada ceruk tertentu. Banyak orang di Instagram mengikuti tagar lokal dan dengan menggunakannya kalian bisa mendapatkan akses ke audiens itu.
9. Manfaatkan Influencer
Influencer adalah orang-orang dengan sejumlah besar pengikut yang setia terlibat didalamnya, kualitas yang didambakan semua orang di audiens mereka. kalian dapat memanfaatkan influencer untuk mendapatkan akses ke pengikut setia mereka dan mengubahnya menjadi pengikut kalian sendiri.
Satu hal penting yang perlu diingat adalah bahwa influencer harus dari niche kalian dan relevan dengan merek kalian. Selama kriteria tersebut terpenuhi, Anda dapat melakukannya karena pemasaran influencer adalah cara yang pasti untuk mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram.
10. Jalankan Kontes
Ini mungkin tampak seperti trik murah, tetapi ini adalah cara yang dicoba dan diuji untuk mendapatkan pengikut Instagram. Banyak merek dan pemasar menggunakan teknik ini dan melihat hasilnya langsung.
Yang perlu kalian lakukan adalah menjalankan kontes dan meminta orang untuk mengikuti kalian dan menandai teman-teman mereka untuk berpartisipasi. Dan, tulis keterangan kalian dengan cara yang mendorong orang untuk hanya menandai orang-orang yang relevan yang mungkin benar-benar tertarik pada merek kalian.
11. Berinvestasi dalam Iklan Instagram
Tidak ada daftar tips untuk mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram lengkap tanpa menyebutkan iklan. Bagaimanapun, itu adalah cara tradisional untuk mendapatkan lebih banyak prospek (pengikut dalam hal ini) untuk perusahaan yang bersedia berinvestasi di dalamnya.
Tidak seperti postingan dan Cerita kalian, yang hanya dapat dilihat oleh pemirsa kalian saat ini, iklan Instagram ditampilkan kepada pemirsa yang jauh lebih luas dan relevan. kalian dapat menjangkau sejumlah besar orang dari segmen demografis atau target tertentu dengan berinvestasi dalam iklan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H