Akhirnya, Kompasiana kembali pulih dan bisa kembali di buka oleh para penggunanya, termasuk saya sendiri. Walaupun untuk membukanya harus main dulu ke warkop di karenakan kecepatan jaringan modem lagi gak mendukung. Mumpung lagi di warkop, sekalian saja aku memposting kembali tulisan yang sempat hilang akibat proses “maintenance server” Kompasiana. Tulisan ini sebelumnya sempat nangkring di Kompasiana dari pukul 23.55 - 06.00 WIB.
* * *
Rabu, 15 April 2015, Makassar kembali di kunjungi oleh Kompasiana untuk kedua kalinya di bulan yang sama. Bedanya, kali ini Makassar di daulat sebagai kota pertama dari empat kota yang akan di kunjungi oleh Kompasiana dan akan di selenggarakan di kampus Universitas Negeri Makassar (UNM). Sedangkan untuk tiga kota dan kampus lainnya yang akan di kunjungi adalah Universitas Udayana, Bali (29 April 2015). Setelah itu, Universitas Brawijaya, Malang (12 Mei 2015) dan berakhir di Universitas Medan, kota Medan (27 Mei 2015).
Sama seperti kunjungan sebelum-sebelumnya, Kompasiana tidak datang sendirian. Kali ini, Kompasiana menggandeng salah satu perusahaan lokal yang sudah populer di mata masyarakat, yakni Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Sebagai mitra, JNE akan ikut berbagi dalam pelatihan blog sekaligus workshop yang bertajuk Kompasiana Blogshop Goes To Campus.
Adapun tema yang di angkat dalam Blogshop kali ini adalah mengenai “Inovasi Strategi Bisnis di Media Online”. Topik ini diangkat mengingat dalam beberapa tahun terakhir ini aktivitas jual beli online mulai marak Indonesia. Di mana para penyedia jasa tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan peluang bagus ini, yakni dengan menyediakan wadah (situs/platform) yang berfungsi sebagai tempat jual beli atau berbisnis secara online. Di sisi lain masyarakat pun tak kalah antusiasnya dalam menyambut wadah baru ini.
Untuk sekadar di ketahui, dalam acara blogshop kali ini dihadiri oleh tiga pembicara yang tentu saja sudah ahli di bidangnya masing-masing. Ketiga pembicara workshop yang dihadirkan akan berbagi informasi dan pengetahuan seputar dunia bisnis online, baik kepada calon pengguna maupun yang sudah masuk ke dunia ini. Sehingga jika ada yang berminat untuk menggeluti dunia ini, sudah paham betul apa yang harus dilakukan. Di sisi lain, kehadiran ketiga pembicara ini diharapkan mampu menginspirasi para peserta blogshop yang telah menyempatkan diri untuk hadir.
Ketiga pembicara yang aku maksud, yakni pak Andre Vincent Wenas (Chief Human Capital Officer JNE), Wahyu Aditya (Founder Hellomotion. Inc), dan Iskandar Zulkarnaen (Assistant Manager Kompasiana). Sedangkan yang bertindak sebagai moderator dalam acara ini adalah mas Nurulloh (Content & Community Editor Kompasiana). Tak ketinggalan juga seorang MC cantik yang biasa di panggil Mba Lala.
Sebelum pemateri pertama di berikan kesempatan untuk memaparkan permasalahan sesuai dengan tema yang di angkat, mas Nurulloh selaku moderator dan penanggung jawab acara ini, terlebih dahulu memberikan pemaparan dilengkapi sejumlah data valid mengenai perkembangan internet di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini, di mana berdasarkan data yang diperoleh pengguna internet mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Pemateri Pertama, Iskandar Zulkarnaen (Iskandarjet)
Seperti yang kita semua ketahui, di mana-mana pemateri sebelum mulai membawakan materi pasti terlebih dahulu akan menyapa para peserta yang sudah berkenan menyempatkan diri untuk hadir. Pak Iskandar Zulkarnaen yang populer di Kompasiana dengan nama Iskandarjet, tak ketinggalan untuk melakukan hal demikian. Karena acaranya berlangsung di Makassar, maka beliau mencoba menyapa para peserta dengan bahasa Makassar, yakni kurang lebih sebagai berikut :
“Makassar, aga kareba?”. Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia, berarti “Makassar, apa kabar?”.
Para peserta yang hadir pun tak kalah semangat memberikan jawaban. Tentunya dengan logat atau dalam bahasa Makassar juga, yakni kurang lebih seperti ini : “Baji-baji ji” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Baik-baik”.
Setelah di rasa cukup, mas Iskandarjet mulai memberikan pemaparan yang menurutnya bisa berguna dan dijadikan sebagai modal awal oleh para peserta jika ingin terjun langsung menggeluti dunia bisnis online. Namun bukan berarti materi yang dibawakan tidak bermanfaat bagi peserta yang sudah lebih dahulu terjun langsung dan bergelut di dunia ini. Materi yang dibawakan oleh mas Iskandarjet adalah yang berhubungan dengan dunia konten atau lebih tepatnya mengenai “Content Marketing”, sebagaimana dunia yang ia geluti saat ini.