"Bagi alamat, Ra. Kado buat twins mau aku kirim via #JNE aja ya!" Begitu bunyi pesan yang belakangan banyak saya terima dari teman dan kerabat akhir-akhir ini.
Ramadhan 2023 ini terasa begitu penuh berkah untuk keluarga kecil kami. Saya dan suami baru mendapat anugerah dua orang putri kembar yang lahir pada 28 Maret lalu. Paket-paket berisi kado untuk si kembar pun mulai berdatangan silih berganti diantar kurir.
Tentunya bukan hanya saya saja yang banyak kecipratan berkah di bulan suci ini. JNE selaku perusahaan nasional yang telah berkecimpung di dunia usaha jasa pengiriman dan pendistribusian sejak tahun 1990 ini rupanya telah menyiapkan berbagai program untuk turut berbagi keberkahan dengan menggandeng banyak pihak untuk berkolaborasi.
Kolaborasi yang dimaksudkan untuk memberi manfaat lebih luas ke masyarakat tersebut antara lain lewat program promo gajian  yang bekerjasama dengan seller dari member JLC (JNE Loyalty Club). Terdapat berbagai tawaran menarik dalam program ini karena setiap pembelian di merchant yang berpartisipasi akan mendapatkan hemat ongkos kirim untuk layanan Yes dan Reguler.
Pada Ramadan kali ini sekaligus dalam rangka #JNE32tahun juga mengadakan program bagi-bagi takjil yang diberikan kepada pelanggan dan masyarakat di sekitar cabang JNE di sejumlah kota. Aktivitas berbagi takjil ini selalu menarik antusiasme masyarakat karena memang biasanya dinanti mereka yang
berpuasa.
Program spesial Ramadan JNE berikutnya yakni aktivasi giveaway di media sosial yang bisa diperoleh melalui Kuis Games Si JONI spesial Ramadan. Games ini berhadiah produk Brand lokal dari Itang Yunasz, Ija Kroeng, Jeffry Tan, Kamiidea dan brand lainnya. Tentunya pembaca sudah tidak asing, bukan, dengan eksistensi brand-brand ini? Lewat game Si JONI ini, JNE memberi kesempatan untuk #TemanJNE mendapatkan hadiah yang diinginkan di moment Ramadhan.
JNE Peduli Disabilitas
JNE rupanya juga memberi perhatian khusus bagi penyandang disabilitas melalui kolaborasi bersama seniman disabilitas menggunakan artwork buah karya Angkasa Nasrullah Emil, Sebagai warga Bandung, saya bangga JNE mengajak salah satu seniman disabilitas dari Studio Tab Space Bandung ini.
Sebagai bentuk dukungan untuk para seniman disabilitas untuk berkarya, JNE merealisasikan karya-karya dari Angkasa dalam berbagai bentuk. Di antaranya terpampang pada design gate bertema Ramadhan yang ada di kantor JNE pusat dan kantor cabang JNE lainnya. Ada pula yang berwujud desain jadwal imsyakiyah, amplop THR, design armada tematik, dan aktivasi augmented reality di media sosial.Â
Benefit untuk JLC
Berbagai benefit khusus untuk Pemegang member JNE Loyalty Card (JLC) juga disiapkan oleh JNE di Ramadhan 2023 ini. Bagi member JLC baru dengan transaksi dan pengiriman terbanyak selama bulan Maret 2023 berhak mendapat hadiah melalui program THR. Selain itu terdapat program free ongkir yang diberikan untuk member JLC melalui kolaborasi program dengan Mandjha Ivan Gunawan.Â
Selain itu terdapat promo diskon ongkos kirim 50 % untuk pengiriman service international dengan tujuan Saudi Arabia, Turkey, Qatar Mesir, Uni Emirat Arab, Yordania, Kuwait, Bahrain dan Oman dari 23 Maret 2023 s.d 21 April 2023, dengan syarat dan ketentuan berlaku.Â
Diketahui member JLC juga dapat  menukarkan poin JLC menjadi donasi yang bekerjasama dengan Rumah Zakat. Wah, bisa sekalian ajang memanen pahala juga nih!
Antisipasi Lonjakan Permintaan Pengiriman
Tradisi berbagi bingkisan kepada kerabat dan sanak saudara yang masih tumbuh subur di masyarakat, terutama di bulan Ramadhan dan hari raya, membuat kebutuhan masyarakat akan jasa pengiriman pun turut meningkat. Serupa dengan tahun sebelumnya, JNE menyatakan jumlah pengiriman JNE pada peak season seperti Ramadan dan Idul Fitri, diharapkan mengalami peningkatan di atas 20-30%.Â
Oleh karena itu, untuk menghadapi kondisi ini, JNE telah melakukan berbagai antisipasi dan persiapan seperti penambahan di sektor SDM dan armada dari jumlah karyawan yang saat ini berjumlah lebih dari 50 ribu orang. JNE juga memastikan titik-titik layanan, khususnya Kantor Pusat dan Kantor Cabang di kota-kota besar setiap provinsi dapat melayani kebutuhan pengiriman pelanggan selama 24 jam.Â
Eri Palgunadi, VP of Marketing JNE mengatakan, JNE ingin berbagi melalui berbagai program -- program menarik. Bagaimana pelanggan setia dapat semakin mudah dan nyaman dalam mengirimkan paket ke seluruh Indonesia. Juga cara memberikan dukungan nyata kepada para online seller atau UKM di momen spesial ini dengan beragam program, aksi nyata untuk #JNEBangkitBersama.
 "Di momen Ramadan dan Idul Fitri 2023, semangat berbagi ini diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan pengiriman paket. Oleh karena itu, dengan tagline #ConnectingHappiness, JNE pun ingin berbagi melalui berbagai program - program menarik. Kali ini pelanggan setia dapat semakin mudah dan nyaman dalam mengirimkan paket ke seluruh Indonesia. JNE pun memberikan dukungan nyata kepada para online seller atau UKM di momen spesial ini dengan beragam program," ujar Eri. Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H