Mohon tunggu...
Putri
Putri Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Pemula

Ingin berbagi cerita tentang dunia IT

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Mau Bikin Game? Belajar Bahasa Ini Dulu

21 April 2020   17:46 Diperbarui: 22 April 2020   12:58 1005
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kamu suka main game? kamu tidak sendiri. Banyak penggemar game atau yang sering di sebut dengan gamer yang sekarang banyak sekali menjadi konten kreator sebut saja reza arab, jess no limit. Saking serunya game, menonton orang lain main game menjadi hal yang banyak di gemari orang saat ini. Jika kamu sangat mengemari game, kamu pasti penasaran bagaimana caranya orang dapat menciptakan game yang seru seperti pubg?

Saat membuat game ada beberapa yang harus di lakukan, contohnya adalah pembuatan storyboard, aturan logika, platform yang akan digunakan, arsitektur hardware yang di butuhkan dan masih banyak lagi. Kita mulai dari storyboard, yaitu suatu jalan cerita dari game yang akan dibuat. 

Lebih tepat kita menentukan dulu apa sih yang akan kita buat, game horor, atau game tembak tembakan. Lalu kita mulai menuliskan rancangan logika yang dibutuhkan. Semisal kita berhasil menembak satu lawan kita akan mendapatkan poin sebesar 10 dan bila kita tertembak maka poin kita akan berkurang 20 dan seterusnya. 

Logika dalam game ini biasanya di tulis dengan menggunakan bahasa pemrograman dan bahasa pembrograman yang dapat digunakan untuk menulis logika dan perhitungan dalam game itu banyak sekali. Programmer game biasanya terdiri dari beberapa tim seperti perancang game (game designer) dan seniman game (game artist). 

Seniman game biasanya menangani masalah fitur, testing, dan review. Sedangkan programmer game lebih menangani tentang kecerdasan buatan, grafis komputer, simulasi  dan juga pemrograman suara (itu lho suara yang muncul saat kalian nembak atau kalian berhasil memenangkan misi. Pernahkan main game?). 

Kebanyakan game komputer dan video game itu di tulis menggunakan bahasa C++ atau C. Setiap bahasa pemrograman memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dan setiap game miliki kebutuhannya sendiri dari designnya, sistem operasi, tampilan, kecepatan dan lain sebagainya. Pada dasarnya tidak ada bahasa pemrograman yang memang paling baik untuk membuat sebuah game. 

Akan tetapi dikalangan para programmer C++ ini paling beken dan paling banyak digunakan untuk mengembangkan game. Apa lagi buat kamu yang ingin mengembangkan video game atau game komputer. C++ udah paling banyak community support-nya, saat kalian menemukan kesulitan dalam mengembangkan game udah banyak orang yang senasip dengan kalian dan sebagian lagi sudah menemukan jawaban dari permasalah yang kalian hadapi, tinggal mencari masalah itu di google atau forum programmer aja. Jadi gimana sih awalnya C++ ini lahir ke dunia?

C++ itu di kembangin sama yang namanya Bjarne Stroustrup pada tahun 1979. Tuh, bahkan sebelum kalian lahir bukan? Awalnya pak Stoustrup ini ngerjain simulasi pakai bahasa simula tapi berhubung bahsa simula ini lemot banget buat di pakai dia pindahlah pakai bahasa C yang saat itu lebih moderen, karena sudah ada fitur buat class, fungsi, dan pengecekan penulisan.

Di tahun 1983, bahasa C ini di tambah beberapa fitur baru sama si bapak, anatara lain funsi firtual, singleline comment, dan beberapa fungsi lain, serta di kenal sebagai bahasa C++, semenjak saat itu bahasa C++ ini banyak digunakan oleh para pengembang dan juga di revisi. Gak cuma skripsi aja yang di revisi tapi bahasa pemrograman ini banyak revisi biar tambah canggih. Jadi jangan anti sama revisi ya. 

Kalian yang penggemar Xbox dan Playstation pasti gak akan pernah mengira kalau game yang kalian mainkan itu dibuat dari bahasa C++ ini. Makanya karena banyak game yang sudah tercipta dari bahasa C++ ini, C++ adalah bahasa yang paling banyak digunakan para pengembang game. Dan wajib dipelajari oleh kalian yang mau mengembangkan game. Apalagi di dukung oleh game engine, seperti Unreal engine dan CryEngine dua engine ini adalah engine yang banyak digunakan. 

C++ itu sudah menggunakan OOP lho? karena berbasis objek, jadi bisa digunakan untuk menjabarkan sebuah game kedalam potongan logika. Potongan logika ini  yang merupakan Object orientation programming atau pemrograman berorientasi objek memungkinkan para programmer kita untuk menggunakan kembali potongan kode logika yang sudah di buat sebelumnya. Hal ini membuat pembuatan game lebih efisien dan lebih cepet lho. Jadi, oop ini juga bisa nyembunyiin data dalam sebuah fungsi dan kita cuma butuh manggil fungsi tersebut. Biar data gak kecampur dan salah akses.

Seberapa efisien sih penggunaan OOP pada sebuah pembuatan game? Jadi dengan menggunakan OOP kita bisa panggil itu fungsi di kasus atau logika yang lain, sehingga jika ada perubahan, kita gak perlu merubah semua kode yang sudah ditulis, tinggal merubah data dalam fungsi tersebut dan wola, semua logika yang sudah menggunakan fungsi itu akan berganti dengan data yang baru. 

Hal ini memungkinkan programmer bekerja lebih mudah dalam memodifikasi, merubah, dan mendebug game yang sedang dikerjakan. Jika pergrammer mudah mengerjakannya waktu pembuatan game dapat di persingkat dengan menggunakan bahasa C++ ini.

Games membutuhkan sumberdaya yang intensif dan performa perangkat lunak yang tinggi untuk memanjakan para pemain. C++ ini unggul dalam kedekatannya dengan perangkat keras. 

Jadi bahasa C itu juga dikenal sebagai bahasa mesin, karena game sangat erat hubungannya dengan perangkat keras jadi penggunaan bahasa C++ memudahkan programmer untuk menulis bahasa yang lebih fleksible dibangdingkan dengan bahasa C dan kebutuhan sumberdayanya juga terhitung lebih kecil jadi bisa meningkatkan performa dalam pengelolaan basisdatanya. 

Pengelolaan komplesitas yang ada di C juga teratasi dengan C++ ini, yang udah di jelasin tentang OOP tadi itu lho. Dan C++ itu juga refersi variablenya meningkatkan performanya sendiri.

C++ juga memungkinkan pengguna untuk mengelola memori dan grafis yang lebih baik, dua hal ini adalah hal yang paling penting dalam pengngmbangan game dan pembuatan game. 

Grafis yang bagus biasanya akan memakan banyak memori pada game, padahal peggunaan grafis yang bagus ini sangat ditunggu dan sangat meningkatkan antusias pemain untuk bermain game. Agar pemain dapat menikmati ini pada perangkat keras yang seterbatas munggkin, maka sangat perlu untuk mengoptimasikan dan mengelola memori agar game berjalan cepat tapi juga grafisnya bagus.

C++ ini sudah banyak library-nya, hal ini yang bisa membantu kalian dalam mengembangkan game dan memudahkan kalian dalam mewujudkan grafis yang rumit. Kalian juga dapat menemukan banyak sumber dari internet untuk belajar tenang C++ ini.  

Ribuan library akan kalian temukan untuk membantu kalian dalam membuat game. Kalian akan dimanjakan untuk membuat game, fungsi-fungsi yang sering kalian gunakan atau banyak programmer lain gunakan akan disatukan kedalam sebuah library jadi kalian bisa berbagi dan lebih mudah dalam pengembangan gamenya.

Untuk kalian yang sekedar hobi atau ingin menjadikan pengembangan game ini sebagai pekerjaan, kalian rasanya wajib mempelajari bahasa C++ ini. C++ ini mudah, cepat, dan efisien untuk dipelajari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun