Anak berbakat mungkin di definisikan sebagai anak yang segala hal bisa dilakukan dari mengerjakan PR hingga lainnya tapi di disamping itu semua memiliki kemampuan intelektual tinggi, juga menunjukkan penonjolan kecakapan khusus yang bidangnya berbeda-beda antara anak yang satu dengan anak lainnya. Anak ini disebut juga “gifted and talented” yang berarti berbakat intelektual.
Di sini kita harus membedakan antara bakat sebagai potensi bawaan dan bakat yang telah terwujud dalam prestasi yang tinggi. Semua anak berbakat mempunyai potensi yang unggul, tetapi tidak semuanya telah berhasil mewujudkan potensi unggul tersebut secara optimal. Anak yang memiliki bakat di bidang matematika misalnya, apabila memperoleh kesempatan untuk mengembangkan secara optimal disertai motivasi yang tinggi maka akan memiliki kemampuan khusus dan prestasi yang menonjol dalam bidang matematika.
sumber Google
Anak yang memiliki bakat khusus dan memperoleh dukungan internal maupun eksternal maka akan memunculkan kinerja atau kemampuan unggul dan mencapai prestasi yang menonjol di kelasnya. Anak berbakat adalah mereka yang memiliki intelektual yang tinggi. Dengan keunggulan ini diharapkan memiliki peluang besar untuk mencapai prestasi tinggi dan menonjol didalam bidang bakatnya. Telah disebutkan bahwa anak berbakat memerlukan layanan pendidikan khusus.
Mengapa anak berbakat memerlukan layanan khusus ?. jawabannya agar potensi tinggi yang mereka miliki dapat tersalurkan dan memberi hasil yang baik untuk ke depannya. Bahkan secara nasional,pemerintah telah mengisyaratkan penyelenggaraan pendidikan khusus tersebut dalam sebuah undang-undang sistem pendidikan nasional.
Namun, secara khusus mengingat berbagai masalah yang dihadapi anak berbakat seperti kebutuhan psikologis, social dan emosional mereka perlu di dampingi oleh konselor khusus juga. Program bimbingan konseling bagi anak berbakat harus dapat mengembangkan kepribadian dan kemampuan anak secara optimal jangan sampai salah program.
Program seperti ini harus menekankan pengembangan keunggulan potensinya dan juga mampu melatih keterampilan-keterampilan kognitif tingkat tinggi anak tersebut. Sekolah atau lingkungan social di sekitar anak hanyalah bagian dari masalah yang mungkin dihadapi oleh anak didik, namun tidak dijadikan latar atau landasan dalam memberikan layanan konseling bagi anak didik.
Pendidikan bagi anak berbakat bisa dilakukan di sekolah dengan cara : Pertama, anak berbakat bisa diloncatkan ke kelas-kelas yang lebih tinggi yang diperkirakan sesuai dengan keampuannya dengan ditambahkan program pemerkayaan agar tidak ada bagian-bagian dari pelajaran yang tertinggal. Dengan cara seperti itu anak berbakat perlu mendapat perhatian atau bimbingan khusus dari para guru agar tidak menganggu teman lainnya. Kedua,anak berbakat dapat mengikuti kelas regular seperti biasanya namun di tambah dengan kelas khusus dengan catatan waktu belajarnya bertambah lebih. Ketigaanak berbakat dapat bersekolah di sekolah biasa namun bedanya disini anak berbakat mengikuti program belajar dengan sistem maju berkelanjutan.
Jadi mengapa sih layanan khusus itu perlu untuk anak berbakat ? untuk mencapai prestasi tinggi yang menonjol didalam bidang bakatnya, agar minat anak yang dinginkan lebih terarah dan tidak menganggu yang lainnya.
Semoga bermanfaat :)
#akhmadmukhlis27
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H